× -bahasa-

×

view_list1.png Portall   view_list1.png Artikel   view_masonry.png Galeri   view_grid.png Cerita   view_list2.png Video  
×
  • url:
×
×
×
6 0 0 0 0 0
6
   ic_mode_light.png

Nama Planet Pluto Ternyata Diusulkan oleh Anak Berusia 11 Tahun

Sampai pada tahun 2006, planet yang terjauh dari Matahari adalah sebuah planet bernama Pluto.

Pada tahun 2006, Pluto dihapus dari daftar planet dalam tata surya karena dianggap sebagai planet kerdil dan tidak memenuhi beberapa syarat untuk menjadi planet.

Planet yang ditemukan pertama kali pada 19 Maret 1915 ini mendapatkan nama "Pluto" berkat usul dari seorang anak perempuan berusia 11 tahun bernama Venetia Burney.

Yap, kalau biasanya planet diberi nama menggunakan nama penemunya atau orang yang berpengaruh dalam dunia ilmu pengetahuan maupun astronomi, kali ini justru seorang gadis cilik yang mengusulkan nama planet.

Meski ditemukan sejak tahun 1915, sampai pada tahun 1930, planet kecil yang ditemukan melalui pengamatan dari Observatorium Lowell di Arizona belum mempunyai nama.

Observatorium Lowell baru memberitakan penemuan planet ini setelah melakukan pengukuran pasti dan menamakannya Planet X.

Nah, saat Planet X ini diberitakan dalam koran The London Times, kakek Venetia membacakan berita tersebut pada saat keluarganya sedang sarapan.

Venetia yang mendengar berita tentang penemuan planet kesembilan yang ukurannya lebih kecil dari Uranus ini kemudian berpikir kalau Pluto adalah nama yang cocok untuk Planet X tersebut.

Venetia yang saat itu berusia 11 tahun menamakan planet tersebut dengan nama Pluto berdasarkan kesukaannya pada mitologi atau cerita Romawi dan Yunani.

Ia berpikir kalau Pluto adalah nama yang tepat karena Pluto merupakan dewa dari dunia bawah yang bisa membuat dirinya tidak terlihat dan berdiam diri di tempat yang tidak tersorot sinar Matahari.

Karakter dewa Pluto ini ternyata dianggap oleh Venetia sebagai sesuatu yang sama seperti Planet X yang jaraknya jauh dari Matahari.

Karena para peneliti belum menemukan nama yang cocok bagi Planet X, akhirnya kakek Venetia, Falconer Madan, mengirimkan usulan nama Pluto melalui seorang temannya yang adalah seorang astronom.

Teman Pak Madan yang bernama Turner kemudian memberikan usulan nama tersebut kepada Observatorium Lowell.

Setelah disetujui oleh para astronom, Planet X yang ditemukan tahun 1915 kemudian berganti nama menjadi Pluto pada 1 Mei 1930. bobo

❮ PREVIOUS
NEXT ❯
Artikelinfodunia
+
×
  • ic_write_new.png expos
  • ic_share.png rexpos
  • ic_order.png urutan
  • sound.png malsa
  • view_list2.png listHD
  • ic_mode_light.png light
× rexpos
    ic_posgar2.png tg.png wa.png link.png
  • url:
× urutan
ic_write_new.png ic_share.png ic_order.png sound.png view_list2.png ic_mode_light.png ic_other.png
+