× -bahasa-

×

view_list1.png Portall   view_list1.png Artikel   view_masonry.png Galeri   view_grid.png Cerita   view_list2.png Video  
×
  • url:
×
×
×
7 0 0 0 0 0
7
   ic_mode_light.png

Ilmuan Sukses Membuat Jantung Manusia dari Daun Bayam

Tim ilmuwan telah menemukan cara untuk membuat otot jantung manusia tiruan dengan menggunakan daun bayam. Temuan ini berpotensi mengatasi masalah dalam hal memperbaiki organ-organ rusak. Studi yang dipublikasikan dalam jurnal Biomaterials ini menawarkan cara baru untuk menumbuhkan sistem vaskular, yang selama ini menjadi kebuntuan dalam bidang pembuatan jaringan tubuh.

“Faktor pembatas utama dalam pembuatan jaringan tubuh adalah kurangnya jaringan vaskular,” kata salah satu penulis studi, Joshua Greshlak, dari Worcester Polytechnic Institute (WPI) di Massachusetts. Ia juga menambahkan tanpa jaringan vaskular, akan banyak jaringan tubuh yang mati.

Salah satu ciri khusus pada daun ialah jaringan vena tipis bercabang yang bertugas mengangkut air dan nutrisi ke sel-sel daun. Sekarang, para ilmuwan telah menggunakan vena daun untuk meniru cara darah bergerak melewati jaringan tubuh. Para ilmuwan juga telah memodifikasi daun bayam di laboratorium dengan menghilangkan sel-sel tanaman, dan hanya menyisakan kerangka daun yang terbuat dari selulosa.

“Selulosa bersifat biokompatibel dan telah digunakan secara luas dalam berbagai macam aplikasi kedokteran regeneratif, seperti pembuatan jaringan tulang rawan, jaringan tulang, dan penyembuhan luka,” tulis para ilmuwan dalam jurnal Biomaterials.

Tujuan akhir penelitian ini adalah agar ada pengganti jaringan tubuh yang rusak pada pasien penderita serangan jantung atau penyakit jantung lain yang mencegah jantung berkontraksi. Seperti halnya pembuluh-pembuluh darah, pembuluh pada daun yang dimodifikasi akan dapat mengangkut oksigen ke seluruh jaringan pengganti. Hal ini sangat krusial dalam pembentukan jaringan jantung yang baru.

❮ PREVIOUS
NEXT ❯
ArtikelFakta UnikWowInformasi MenarikTeknologikesehatan infodunia
+
×
  • ic_write_new.png expos
  • ic_share.png rexpos
  • ic_order.png urutan
  • sound.png malsa
  • view_list2.png listHD
  • ic_mode_light.png light
× rexpos
    ic_posgar2.png tg.png wa.png link.png
  • url:
× urutan
ic_write_new.png ic_share.png ic_order.png sound.png view_list2.png ic_mode_light.png ic_other.png
+