× -bahasa-

×

view_list1.png Portall   view_list1.png Artikel   view_masonry.png Galeri   view_grid.png Cerita   view_list2.png Video  
×
  • url:
×
×
×
5 0 0 0 0 0
5
   ic_mode_light.png

Ketahui Hal-Hal Penting Ini Sebelum Kuliah di Singapura

Sejak lama, Singapura dikenal sebagai salah satu negara dengan kualitas pendidikan terbaik. Tidak heran rasanya jika ada banyak mahasiswa internasional yang menempuh pendidikan mereka di negara ini.


Berbagai universitas terkemuka di Singapura juga memiliki kualitas pendidikan terbaik, sehingga banyak dituju oleh mahasiswa dari berbagai negara. Sebagai mahasiswa internasional, tentu ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui sebelum memutuskan untuk kuliah di negara ini.


Program yang Tersedia


Universitas di Singapura memiliki berbagai program kuliah, misalnya pendidikan lanjutan atau post secondary yang memberikan sertifikat. Selain itu, terdapat pula program diploma untuk pendidikan yang diperoleh di Politeknik dan Institusi Pendidikan Swasta.


Banyak pula universitas yang menawarkan program pendidikan setingkat Sarjana (S1), Pascasarjana/Master (S2) dan Doktor (S3).


Jenis Institusi Pendidikan


Pendidikan tinggi di Singapura terdiri dari 4 universitas lokal, 5 politeknik dan beberapa Private Education Organizations (PEIs) atau institusi pendidikan swasta.
Dewan Pendidikan Swasta telah dibentuk untuk menjaga standar kualitas pendidikan dan praktik bisnis yang diberikan oleh institusi pendidikan swasta. Hal ini bertujuan agar para siswa benar-benar mendapatkan pendidikan yang layak dan maksimal.


Semua institusi pendidikan swasta di negara ini bahkan harus memperhatikan kerangka pendaftaran yang telah ditingkatkan atau para siswa juga bisa mendaftarkan diri ke Dewan Pendidikan Swasta.


Hal ini dilakukan demi menjamin bahwa semua institusi swasta Singapura telah memenuhi pendaftaran tertentu dan kewajiban legislatifnya untuk melindungi kebutuhan siswa yang akan mendaftar.


Proses Pendaftaran


Jika kamu sudah menetapkan universitas tujuan, kamu harus mengajukan aplikasi secara langsung ke universitas atau perguruan tinggi pilihan kamu.


Kamu bisa mendaftar langsung dengan mengisi formulir yang tersedia di situs resmi institusi. Atau kamu bisa mendapatkan konsultasi terkait kuliah di luar negeri.


Untuk bisa kuliah di Singapura, kamu juga membutuhkan VISA pelajar atau Student Pass. Kamu bisa mengajukan permohonan VISA di Immigration & Checkpoints Authority (ICA). Kamu harus melengkapi dokumen kelengkapan, seperti surat penerimaan masuk universitas.


Mengapa Memilih Universitas di Singapura?


Singapura sendiri menempati 5 tempat teratas sebagai kota terfavorit untuk pelajar internasional. Didukung oleh ekonomi yang kuat dan terus berkembang, Singapura memiliki berbagai universitas yang sudah terkenal di seluruh dunia.


Selain memiliki institusi pendidikan yang didanai oleh pemerintah, Singapura juga memiliki kampus cabang universitas yang berasal luar negeri. Hal ini membuat Singapura unggul dalam bidang pendidikannya.


Beberapa institusi pendidikan di Singapura sendiri berhasil menempati peringkat teratas kampus terbaik di dunia. Bahkan, National University of Singapore dan Nanyang Technological University masuk dalam 50 universitas terbaik di dunia.
Hal ini semakin memperkuat posisi Singapura sebagai negara yang menyediakan pendidikan berkualitas tinggi. Lebih membanggakan, negara ini juga terkenal dengan para lulusannya yang mampu bersaing di kancah internasional.

❮ PREVIOUS
NEXT ❯
ArtikelinfoduniaPendidikan
+
×
  • ic_write_new.png expos
  • ic_share.png rexpos
  • ic_order.png urutan
  • sound.png malsa
  • view_list2.png listHD
  • ic_mode_light.png light
× rexpos
    ic_posgar2.png tg.png wa.png link.png
  • url:
× urutan
ic_write_new.png ic_share.png ic_order.png sound.png view_list2.png ic_mode_light.png ic_other.png
+