× -bahasa-

×

view_list1.png Portall   view_list1.png Artikel   view_masonry.png Galeri   view_grid.png Cerita   view_list2.png Video  
×
  • url:
×
×
×
6 0 0 0 0 0
6
   ic_mode_light.png

Inilah Rempah Termahal di Dunia

Apa alasan saffron menjadi rempah termahal di dunia? Saffron dikenal sebagai rempah termahal di dunia. Dikutip dari Saffonir, harga saffron per kilogram USD3.500 hingga USD160 ribu atau sekitar Rp52 juta hingga Rp2,3 miliar.

Harga ini bergantung pada kualitas yang ditawarkan. Saffron ini banyak digunakan dalam masakan sehari-hari khas Persia atau sebagai obat herbal.

Dikutip dari Britannica, saffron sebenarnya adalah bagian dari bunga Crocus sativus atau lebih dikenal sebagai saffron crocus. Di setiap bunga saffron crocus ini terdapat tiga putik, inilah yang disebut saffron dan yang dimanfaatkan sebagai rempah.

Tanaman ini sangat halus dan mekar hanya selama seminggu dalam setahun. Saat ini, sebagian besar saffron diproduksi oleh Iran. Alasan saffron menjadi rempah termahal di dunia dilatarbelakangi proses pertumbuhannya serta proses panennya.

Proses panen saffron dilakukan secara manual dengan penuh kehati-hatian. Hal ini lantaran putik saffron sangat rapuh dan mudah rusak.

Proses pemetikan bunga lembayung muda membutuhkan waktu minimal enam jam sehari. Proses pemetikan juga tidak mudah. Hal ini karena saffron hanya tumbuh enam inci dari tanah sehingga pemanen harus membungkuk selama 6 jam.

unganya yang sangat kecil, jadi alasan utama para petani butuh usaha ekstra agar saffron tetap utuh usai dipetik. Waktu pemetikan terbaik adalah saat sebelum matahari terbit, dimana bunga masih tertutup kuncupnya, sehingga stigma halus saffron masih sangat terlindungi.

Mengutip Times of Indonesia, untuk menghasilkan 454 gram saffron kering dibutuhkan bunga saffron crocus sebanyak 75.000 bunga. Selain itu, setiap bunga saffron ungu hanya dapat mekar satu tahun sekali, selama enam minggu di akhir September hingga awal Desember.

❮ sebelumnya
selanjutnya ❯
ArtikelinfoduniaRekorFlora dan FaunaInformasi Menarik
+
×
  • ic_write_new.png expos
  • ic_share.png rexpos
  • ic_order.png urutan
  • sound.png malsa
  • view_list2.png listHD
  • ic_mode_light.png light
× rexpos
    ic_posgar2.png tg.png wa.png link.png
  • url:
× urutan
ic_write_new.png ic_share.png ic_order.png sound.png view_list2.png ic_mode_light.png ic_other.png
+