× -bahasa-

×

view_list1.png Portall   view_list1.png Artikel   view_masonry.png Galeri   view_grid.png Cerita   view_list2.png Video  
×
  • url:
×
×
×
5 0 0 0 0 0
5
   ic_mode_light.png

Kopi Pahit dan Ritual Magis di Balik Kesenian Ekstrem Lais

Garut, Jawa Barat, Indonesia,

Selain karena wisata dan keindahan alamnya, Kabupaten Garut juga dikenal karena kesenian tradisionalnya yang beragam. Satu dari beribu seni tradisi dari Garut, adalah Lais. Sebuah kesenian ekstrem, bergelantung di atas seutas tali di ketinggian, tanpa pengaman sedikitpun.

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Garut pernah merilis sebuah artikel mengenai Lais, melalui website mereka, sipaku.disparbud.garutkab.go.id. Dalam artikel itu dijelaskan, jika Lais sebenarnya diambil dari nama orang. Yakni Pak Laisan, seorang pemanjat pohon kelapa ternama di Kampung Nangka Pait, Kecamatan Sukawening, Garut.

"Karena keahliannya itu, setiap kali Pak Lais disuruh memetik kelapa, ia selalu ditonton masyarakat sekelilingnya. Terutama anak-anak, yang sambil menonton bersorak-sorai, menari-nari sambil memukul-mukul benda yang dibawa," katanya.

Fenomena yang konon kabarnya terjadi di kawasan tersebut di awal tahun 1900-an itu, kemudian mendorong para seniman lokal, untuk menjadikan apa yang dilakukan Pak Lais menjadi sebuah kesenian tradisional, yang dipertontonkan ke orang banyak.

Apa yang dilakukan Laisan itu, kemudian akhirnya menjadi seni Lais yang dikenal hingga kini. Dalam perkembangannya, Lais kemudian kerap ditampilkan di ajang-ajang besar, seperti Hari Ulang Tahun Garut. Lais juga kemudian tak tampil sendiri, dia diiringi pengiring musik hingga pelawak saat melakukan aksinya.

Lais dimainkan di atas seutas tali, yang diikat di dua tiang bambu. Tinggi tiang bambu yang dipakai sebagai wahana, adalah sekitar 10-13 meter. Sedangkan jarak antara kedua tiang bambu tersebut, adalah sekitar 6 meter.

Sementara dalam sebuah jurnal berjudul Regenerasi Pemerolehan Seni Lais di Padepokan Lais Pancawarna Kampung Sayang Desa Cibunar Kecamatan Cibatu Kabupaten Garut karya Ayu Septiani dan Asri Soraya Afsari dari Universitas Padjadjaran, menyatakan ada beberapa gerakan yang dilakukan oleh para pemain Lais.

Foto Potrait seniman akrobatik Lais Aki Ahudin (kiri) dan Suhada (kanan) di Kota Tasikmalaya, Jawa BaratFoto Potrait seniman akrobatik Lais Aki Ahudin (kiri) dan Suhada (kanan) di Kota Tasikmalaya, Jawa Barat Foto: ANTARA FOTO/ADENG BUSTOMI

Mulai dari gerakan leha-leha, ngaitkeun suku (menyangkutkan kaki), koprol, beulit kacang, hingga ngolecer. Yang pasti, gerakannya tidak dilakukan secara asal-asalan. Dengan gerakan yang cukup banyak dan tempatnya yang berbahaya ini, membuat seni Lais dikenal sebagai seni yang ekstrem di Garut.

Tidak semua orang bisa untuk melakukannya. Menurut sesepuh pegiat Lais dari Kampung Sayang, Desa Cibunar, Cibatu, Garut, Ade Dadang, setiap pemain Lais harus melalui latihan yang berat terlebih dahulu.

"Tidak sembarangan, semuanya yang mau bisa ya harus latihan," katanya.

Selain itu, kata Ade Dadang, ternyata ada hal magis yang tersembunyi di balik aksi pertunjukan Lais. Dimana, seorang pemain Lais harus memberikan sesajen terlebih dahulu sebelum berlangsungnya atraksi.

"Ritualnya kopi pahit, kopi manis, rujak kelapa. Itu sesajen namanya. Tidak dimakan, cuman memang karena ini ciri khas yang sejak dahulu sudah begitu," ujar Ade.

Ade sendiri tidak menjelaskan secara rinci, apa korelasi antara sesajen dengan kemahiran para pelais ini. Tapi yang pasti, kata Ade hal itu wajib dilakukan sebelum atraksi. Hal itu dilaksanakan turun temurun. Konon kabarnya, hal itu dilakukan agar para pemain yang melaksanakan Lais selamat.

https://www.detik.com/jabar/budaya/d-6825334/kopi-pahit-dan-ritual-magis-di-balik-kesenian-ekstrem-lais

❮ sebelumnya
selanjutnya ❯
ArtikelinfoduniaWowBeritaBudayaPeristiwaPariwisataWisata
+
×
  • ic_write_new.png expos
  • ic_share.png rexpos
  • ic_order.png urutan
  • sound.png malsa
  • view_list2.png listHD
  • ic_mode_light.png light
× rexpos
    ic_posgar2.png tg.png wa.png link.png
  • url:
× urutan
ic_write_new.png ic_share.png ic_order.png sound.png view_list2.png ic_mode_light.png ic_other.png
+