× -bahasa-

×

view_list1.png Portall   view_list1.png Artikel   view_masonry.png Galeri   view_grid.png Cerita   view_list2.png Video  
×
  • url:
×
×
×
9 0 0 0 0 0
9
   ic_mode_light.png

Mengatasi Masalah Virus WannaCry

Belakangan ini telah viral mengenai virus ransomware WannaCRY, dilansir dari Republika.co.id Puluhan ribu organisasi di seluruh dunia terkena virus komputer bermana WannaCry. Perangkat lunak berbahaya ini mengunci data atau meminta pembayaran hingga 300 dolar AS sebelum memulihkan file-file yang diobrak-abrik oleh virus tersebut,

Infeksi di lebih dari 70 negara di dunia sedang dilaporkan oleh perusahaan keamanan. BBC Sabtu (13/5) menyebut, Rusia atau Spanyol adalah dua negara yang mengalami serangan paling parah.

Berikut ini merupakan Cara menghapus/Perbaiki Masalah WannaCRY, dibagi Menjadi 2 Tahap:

TahapPertama:
1. Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah masuk ke Safe Mode. Berikut adalah cara melakukannya untuk Windows XP / 7, 8 / 8.1, atau 10.

Windows XP atau 7: Sebelum Windows mulai menekan tombol F8. Setelah Boot Menu muncul cari atau pilih Safe Mode with Networking, diikuti dengan mengetuk Enter </ strong.

Windows 8 atau 8.1: Masuk ke Start Menu >> Control Panel, diikuti Administrative Tools >> System Configuration. Selanjutnya cari atau centang Boot Aman lalu pilih Networking diikuti dengan Restart. Komputer Anda sekarang harus boot ke Safe Mode.

Windows 10: Masuk ke Start Menu >> Settings >> Update and Security >> Recovery Selanjutnya di bawah Advanced Startup klik Restart Now atau biarkan komputer anda restart.

Bila layar Choose Option tersedia, masuk ke Troubleshoot >> Advanced Options >> StartupSettings. Kemudian Enable Safe Mode dengan Networking Option diikuti dengan memilih Enter untuk boot ke Safe Mode.

Catatan: Bergantung pada komputer Anda, selalu ada kemungkinan beberapa kunci selain F8 adalah Boot Key, Jika memang begitu, carilah saran dari literatur pabrikan dan online.

2. Selanjutnya ini mengharuskan Anda mencari proses yang mungkin berhubungan dengan ransomware WannaCry. Untuk mulai melakukannya, tekan Ctrl + Shift + Esc, ini akan membuka Task Manager. Setelah itu Anda harus melihat-lihat Tab Proses dengan hati-hati untuk entri yang tidak Anda ketahui.

Biasanya, proses berbahaya akan mengkonsumsi sejumlah besar sumber daya, seperti CPU atau RAM. Jika Anda menemukan sesuatu yang terlihat tidak biasa, Klik Kanan atau Buka File. Selanjutnya Hapus semuanya. Lakukan ini saja jika Anda yakin prosesnya sesuai dengan WannaCry.
StartupPrograms

3. Sekarang, kita akan melihat di Startup Programs, untuk melakukannya, ketik System Configuration ke Windows Search Bar. Diikuti oleh slecting the First Result, lalu masuk ke Startup Tab atau melihat daftar program.

Jika Anda pengguna Windows 10, itu Startup Programs dapat dilihat di Task Manager. Namun, pada semua versi Windows, jika Anda merasa ada pengembang yang tidak dikenal dan hanya terlihat salah hapus centang atau klik OK.
The Resistry

4. Selanjutnya kita akan melihat registry, untuk melakukan itu anda perlu membuka Run Window, dan tekan WinKey + R. Diikuti dengan mengetikkan regedit atau tekan enter.

Saat editor registri diluncurkan, tekan Ctrl + -F </ em atau ketik nama Virus Ransom.CryptXXX dan WannaCry. Sekarang, slect Find Next atau hapus apapun yang dikembalikan yang berhubungan dengan nama itu. Ini harus diselesaikan untuk semua hasil pencarian.
File Virus

5. Akhirnya, Anda perlu menghapus File Virus potensial lainnya, hal ini bisa dilakukan dengan masuk ke Start Menu. Dan kemudian secara individu mengetikkan yang berikut ini:% AppData%,% LocalAppData%,% ProgramData%,% WinDir%,% Temp%.

Saat masing-masing membuka mengurutkan folder konten mereka berdasarkan tanggal atau menghapus folder atau file terbaru. Selanjutnya, saat Anda mengakses folder Temp menghapus semuanya daripadanya

Tahap kedua :
Silahkan Scan komputer anda.. lalu hapus semua file yang menurut antivirus anda
Step 1. Fix vulnerability of the system
Start - Cmd - klik kanan o cmd.exe - pilih Start as Administrator
Tulis di CMD atau enter Netsh advfirewall firewall add rule dir=in action=block protocol=tcp localport=445 name="Block_TCP-445"
Step 2. Boot system safe mode
Step 3. Show all hidden files and folders
Step 4. Remove virus files
Step 5. Fix hosts files
Step 6. Scan system with antivirus
Step 7. Disable safe mode
Step 8. Download security update MS17-010 for Windows: technet.microsoft.com/en-us/library/security/ms17-010.aspx

Antivirus tools:
Dr. Web, Avast, Kaspersky, Spyhunter
SpyHunter download link: http://pcfixhelp.net/removal-tool
Decryptor (not 100% result):
Kaspersky ransomware decryptor https://noransom.kaspersky.com/
Programs that restore files:
Recuva, ShadowBlade
More information about files restoration: http://pcfixhelp.net/viruses/2833-how-to-restore-files

❮ PREVIOUS
NEXT ❯
ArtikelBeritaTeknologi IT Gadgetvirus wanna cryCara Mengatasi Masalah Virus WannaCry
+
×
  • ic_write_new.png expos
  • ic_share.png rexpos
  • ic_order.png urutan
  • sound.png malsa
  • view_list2.png listHD
  • ic_mode_light.png light
× rexpos
    ic_posgar2.png tg.png wa.png link.png
  • url:
× urutan
ic_write_new.png ic_share.png ic_order.png sound.png view_list2.png ic_mode_light.png ic_other.png
+