× -bahasa-

×

view_list1.png Portall   view_list1.png Artikel   view_masonry.png Galeri   view_grid.png Cerita   view_list2.png Video  
×
  • url:
×
×
×
5 0 0 0 0 0
5
   ic_mode_light.png

Arkeolog Temukan Mosaik 2400 Tahun dengan pesan "Bergembira"


Arkeolog Turki menemukan lantai mosaik kuno berusia 2400 tahun dalam proses penggalian benda bersejarahnya di Provinsi Hatay, dekat perbatasan antara Turki dan Suriah.

Mosaik yang diduga peninggalan Romawi Kuno di Yunani pada abad ke-3 tersebut berukirkan tiga gambar utama, yakni kerangka manusia yang tampak sedang bersandar, didampingi kendi anggur dan roti. Di kolom sebelahnya, seorang manusia berjubah keemasan menatap langit dan mengarahkan tangannya ke arah benda langit yang menyerupai bulan sabit, kakinya sebelah berkasut, sebelah lagi tidak. Seorang pria berjanggut berdiri di belakangnya. Satu gambar lain sayangnya masih belum jelas, karena terdapat pecahan besar pada bagian bawahnya.

Yang menarik dari penemuan ini, sang arkeolog tidak hanya menemukan benda kuno, tetapi juga pesan kehidupan di dalamnya, yang berbunyi, “berbahagialah, nikmati hidupmu.”

Ahli arkeologi dari Museum Hatay, Demet Kara, seperti yang dilansir Independent, menjelaskan, mosaik tersebut diduga berasal dari Kota Romawi Kuno Antiokhia, yang juga merupakan lokasi gereja pertama bagi umat Kristiani. Diyakini, mosaik ini merupakan bagian dari ruang makan yang terdapat di rumah keluarga kelas atas.

“Ada dua ruang penting bagi kalangan elit pada masa itu, yakni kamar mandi dan ruang makan,” terangnya.

Sebelumnya, mosaik yang sama juga pernah ditemukan di Antakya pada 2012. Demikian juga di Italia. Namun menurut Kara, lantai mosaik yang mereka temukan kali ini lebih lengkap.

Kini penggalian masih terus diupayakan untuk mencari sisa potongannya. Sementara pecahan yang ada, tengah dipelajari lebih lanjut oleh para peneliti Turki. Okezone

❮ PREVIOUS
NEXT ❯
ArtikelinfoduniaFakta UnikWowInformasi MenarikPeristiwaPendidikanBeritaCeritaSejarah
+
×
  • ic_write_new.png expos
  • ic_share.png rexpos
  • ic_order.png urutan
  • sound.png malsa
  • view_list2.png listHD
  • ic_mode_light.png light
× rexpos
    ic_posgar2.png tg.png wa.png link.png
  • url:
× urutan
ic_write_new.png ic_share.png ic_order.png sound.png view_list2.png ic_mode_light.png ic_other.png
+