× -bahasa-

×

view_list1.png Portall   view_list1.png Artikel   view_masonry.png Galeri   view_grid.png Cerita   view_list2.png Video  
×
  • url:
×
×
×
9 0 0 0 0 0
9
   ic_mode_light.png

Google Tendang 700 Ribu Aplikasi Dari Andoid

Google berhasil menghapus aplikasi yang dianggap berbahaya di sepanjang 2017. Tercatat, ada 700.000 aplikasi yang ditendang dari Play Store. Jumlah aplikasi yang diblokir pun meningkat 70 persen dari 2016.

Adapun konteks berbahaya di sini maksudnya adalah aplikasi yang mengandung malware atau aplikasi kloning tiruan dari aplikasi-aplikasi orisinil yang sudah lebih dulu hadir di Play Store. "Kami sudah mengidentifikasi aplikasi mana yang memiliki kriteria berbahaya. Hasilnya, 99 persen aplikasi yang masuk ke kategori berbahaya telah kami hilangkan dari Play Store," kata Andew Ahn, Google Play Product Manager sebagaimana dikutip The Verge.

Aplikasi malware digolongkan ke dalam Potentially Harmful Applications (PHA) yang dirancang untuk mencuri data pribadi pengguna.

Sementara, aplikasi palsu yang disebut aplikasi "copycat" juga diklaim cukup meresahkan. Menurut Ahn, aplikasi-aplikasi ini memuat konten-konten yang tidak sepantasnya, seperti pornografi, kekerasan, ujaran kebencian, serta aktivitas ilegal.

Sebagai upaya untuk mencegah atau menanggulangi maraknya peredaran aplikasi abal-abal, Google juga memperkuat tool terbaru, Google Play Protect, untuk memperingatkan pengguna apabila menemukan aplikasi yang memiliki malware di dalamnya.

Adapun alasan Google mencantumkan sertifikasi semacam ini untuk memastikan pengguna mendapatkan perangkat yang stabil atau aman. Untuk mendukung sertifikasi ini, raksasa mesin pencari itu juga telah bekerja sama dengan sejumlah perusahaan di seluruh dunia.

Tak hanya bebas malware, sertifikasi ini juga melakukan pengujian untuk memastikan bahwa aplikasi Google yang terpasang di perangkat itu asli. Aplikasi juga diharuskan berasal dari Play Store atau dapat dipastikan berjalan sebagaimana mestinya.

Uji kompatibilitas ini dilakukan di lebih dari 100 ribu aplikasi yang tersedia di Play Store. Tes yang dilakukan mencakup fitur dasar aplikasi tersebut hingga proses backup atau restore yang dapat dilakukan.

❮ PREVIOUS
NEXT ❯
ArtikelBeritaTeknologi IT Gadget
+
×
  • ic_write_new.png expos
  • ic_share.png rexpos
  • ic_order.png urutan
  • sound.png malsa
  • view_list2.png listHD
  • ic_mode_light.png light
× rexpos
    ic_posgar2.png tg.png wa.png link.png
  • url:
× urutan
ic_write_new.png ic_share.png ic_order.png sound.png view_list2.png ic_mode_light.png ic_other.png
+