× -bahasa-
sound.png[klik to on/off Audio] buat portalmu dan expos karya raya mu ke seluruh dunia! #karyaraya [Klik to Login or Register]
×

view_list1.png Portall   view_list1.png Artikel   view_masonry.png Galeri   view_grid.png Cerita   view_list2.png Video  
×
  • url:
×
×
×
6 0 0 0 0 0
6
   ic_mode_light.png

20 Manfaat Daun Mangga Untuk Kesehatan dan Caranya

Manfaat Daun Mangga untuk Kesehatan – Ketahui juga cara membuat ramuan herbal dari daun mangga ini sehingga mendapatkan manfaat untuk mengobati berbagai masalah kesehatan.

Mangga merupakan salah satu buah yang memiliki rasa kenikmatan di setiap lidah. Kandungan Gizi serta banyak Vitamin dari buah ini menjadikan salah satu buah yang wajib di konsumsi dalam setiap hari. Selain buahnya yang memiliki rasa nikmat dan kandungan Vitaminnya, ternyata daun dari buah mangga ini juga memiliki kandungan yang sangat menakjubkan yaitu dapat di jadikan sebagai ramuan herbal untuk mengobati berbagai macam penyakit dan untuk kesehatan lainnya.

Manfaat Daun Mangga untuk Kesehatan Tubuh

Tidak hanya buahnya saja yang berguna untuk kesehatan, ternyata daun mangga ini jauh lebih berguna dengan banyak kandungannya yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan serta dapat mengobati berbagai macam penyakit. Seperti yang akan saya rangkum dalam artikel ini, manfaat daun mangga untuk kesehatan dan berikut poin-poin manfaat di bawah ini sebagai berikut :


1. Sebagai Sumber Vitamin


Para peneliti banyak yang menyatakan bahwa daun mangga yang di manfaatkan sebagai teh untuk di seduh ini memiliki banyak manfaat dengan kandungan Vitaminnya seperti Vitamin A, B, serta Vitamin C. Teh daun mangga ini merupakan salah satu piliha untuk menambah menu harian kita bagi yang sedang menjalankan program diet dengan kandungan Nutrisi dan Vitaminnya. Karena para peneliti juga menyatakan bahwa teh daun mangga ini merupakan sumber Nutrisi yang baik untuk di konsumsi sehari-hari.


2. Mengobati diabetes


Kandungan Anthocyanin dan tanin yang terkandung pada daun mangga ini di percaya dapat mengobati diabetes tingkat awal. Ramuan teh dari daun mangga ini mampu membantu dalam mengobati diababetes retinopati dan diabetes angiopati. Dalam hal ini dinyatakan juga dapat mengobati Hiperglikemia. Daun mangga mengandung senyawa yang di sebut etil asetat ekstrak dan taraxerol-3beta yang bersinergi dengan insulin untuk mengaktifkan menstimulasi sintesis glikogen dan GLUT4.

Dalam sejarah, teh mangga ini telah lama di gunakan oleh dokter eropa untuk mengobati penyakit diabetes serta pembuluh darah yang berhubungan dengan diabetes lainnya. Sehingga dalam hal ini dapat memperhambat perkembangan diabetes dan yang terkait dengan pembuluh darah di sekitar pankreas atau di dalam yang sudah rusak karena penyakit diabetes.


3. Mengobati luka bakar


Jika anda mengalami kecelakan dalam kerja seperti terken air panas atau percikan api, anda bisa megobatinya dengan memanfaatkan daun mangga. Untuk caranya sendri cukup mudah, pertama bakar beberapa genggam daun mangga sampai menjadi abu. Setelah mejadi abu, taburkanlah abu dari daun mangga tersebut pada kulit yang terkena luka, biarkan sampai beberapa saat.


4. Mengobati penyakit asma


Manfaat daun mangga untuk kesehatan yang lainnya yaitu dapat mengobati asma secara alami. Cara yang bisa anda lakukan yaitu, pertama jemur beberapa daun mangga, lalu cecah atau potong kecil-kecil, setelah itu campukan daun mangga tersebut dengan secangkir teh hangat. Konsumsilah teh mangga tersebut setiap hari secara rutin dan teratur.


5. Mengatasi kencing manis


Cara yang bisa anda lakukan untuk memanfaatkan daun mangga sebagai obat herbal mengobati kencing manis ini adalah. Pertama, siapkan beberapa lembar daun mangga secukupnya, ekmudian rendam dalam satu gelas air matang dan biarkan selama satu malam. Saat pagi hari, minumlah ramuan tersebut tap tidak dengan daunnya. Lakukanlah cara secara rutin dan teratur setiap hari hingga kencing manis teratasi.


6. Mengatasi hipertensi


Hipertensi ini di sebabkan karena tekanan darah yang melebihi batas normal. Untuk mengobati hipertensi ini anda bisa memanfaatkan daun mangga sebagai obat herbal, dan untuk caranya sendiri sama dengan pelajaran sebelumnya dalam poin no 6.


7. Mengobati batuk filek


Manfaat daun mangga untuk kesehatan selanjutnya yaitu dapat mengobati batuk yang di sertai dengan filek. Adapun cara yang bisa anda lakukan untuk memanfaatkan daun mangga ini yaitu, seduhlah daun mangga yang sudah di keringkan seperti teh. Kemudian seduh dengan air panas, campurkan sedikit madu dan anda bisa langsung mengkonsumsinya dengan rutin dan teratur.


8. Mengatasi gelisah


Manfaat daun manggga juga dapat menurunkan tinggkat kegelisahan atau kecemasan. Anda bisa menambahkan daun mangga ke dalam air mandi yang di percaya dapat menghilangkan kegelisahan sehingga tubuh akan lebih segar.


9. Mengobati batu ginjal dan empedu


Manfaat daun mangga untuk kesehatan yang ke-9 yaitu dapat mengobati penyakit batu ginjal dan empedu, anda bisa memanfaatkan daun mangga ini sebagai teh herbal yang di konsumsi sebagai minuman harian anda.


10. Menjadikan tubuh lebih rileks


Manfaat ini hampir sama dengan manfaat daun mangga untuk kesehatan No-8 yang mampu menenangkan fikiran agar lebih rileks. Cukup dengan memasukan beberapa cangkir teh mangga ke dalam air mandi.


11. Sebagai penyubur organ reproduksi


Manfaat daun mangga untuk kesehatan yang lainnya yaitu dapat menyuburkan organ reproduksi pria dan wanita. Dalam hal ini tentunya menjadi masalah tersendiri dalam hubungan suami istri, maka dari itu daun mangga ini bisa menjadi pilihan alternatif untuk mengatasi yang demikian. Seduh teh daun mangga dengan air panas, kemudian kunosumsilah dengan rutin dan teratur.


12. Mengobati asam urat


Untuk mengobati asam urat dengan memanfaatkan daun mangga sebagai teh herbal ini caranya sangat mudah sekali. Pertama haluskan daun mangga yang sudah di keringkan terlebih dahulu, kemudian seduh dengan air panas, anda bisa mencampurkan sedikit madu agar rasanya lebih segar dan enak.


13. Untuk mengobati penyakit diare


Cara yang bisa anda lakukan untuk memanfaatkan daun mangga sebagai obat herabl ini sangat mudah, untuk caranya sendiri sama dengan yang sudah di jelaskan sebelumnya no-8, selain konsumsi juga jus mangga secara rutin dan teratur.


14. Sebagai obat kumur


Manfaat daun mangga untuk kesehatan selanjutnya yaitu sebagai obat kemur. Daun mangga kering yang seduh seperti teh hangat ini di kemur-kemur, sehingga masalah bau mulut akan segera teratasi.


15. Untuk menguatkan perut


Manfaat daun mangga untuk keshatan lainnya yaitu dapat menguatkan perut secara alami. Adapun cara yang bisa anda lakukan untuk memanfaatkan daun mangga sebagai obat herbal ini yaitu, pertama siapkan daun mangga yang sudah di keringkan, lalu masukan ke dalam air pans, dan tutup hingga semalaman. Setelah paginya, anda bisa langsung mengkonsumsinya. Hal ini bertujuan sebagai tonik untuk mencegah datangnya resiko penyakit yang dapat menyerang tubuh.


16. Sebagai Antioksidan


Daun mangga memiliki sejumlah potensi yang cukup tinggi sebagai antioksidan, daun teh mangga hitam ini di percaya dapat melindungi terhadap kerusakan oksidatif. Selain itu, daun mangga mengandung Vitamin C yang larut dalam air dan juga sebagai antioksidan alami. Kandungan Vitamin C ini dapat menangkal radikal bebas atau racun yang dapat menyerang kesehatan tubuh.


17. Menyembuhkan Disentri


Daun mangga dapat dijadikan herbal untuk membantu dalam menyembuhkan penyakit disentri. Adapun caranya yaitu: Dengan rutin minum air rebusan daun mangga kering setiap hari.


18. Mengobati Nyeri Telinga


Jika Anda terkena nyeri telinga, mungkin dengan daun mangga masalah tersebut dapat teratasi untuk menghilangkan rasa nyeri pada telinga. Caranya yaitu: Dengan meneteskan air teh sari daun mangga yang telah dihangatkan sedikit.


19. Mencegah Cegukan


Cegukan sesuatu yang menjengkelkan jika tidak berhenti. Cara mengatasinya yaitu dengan membakar sedikit daun mangga kering, lalu hirup perlahan asapnya.


20. Mengatasi Masalah Pernapasan


Jika Anda mengalami masalah pada organ pernafasan seperti pada tenggorokan? Atau sakit bronkitis, Anda dapat coba mengatasinya dengn daun mangga. Caranya yaitu: Rebus daun mangga dengan beberapa gelas air, lalu dinginkan tambahkan madu secukupnya dan minumkan. Hal ini juga membantu untuk menyembuhkan serak.

Demikian artikel kali ini tentang manfaat daun mangga untuk kesehatan disertai dengan penjelasan cara membuat ramuan daun mangga untuk pengobatan herbal.

SEMOGA BERMANFAAT !

❮ PREVIOUS
NEXT ❯
ArtikelinfoduniaWowInformasi MenarikFlora dan FaunaKesehatanLife HackTrik dan tips
+
×
  • ic_write_new.png expos
  • ic_share.png rexpos
  • ic_order.png urutan
  • sound.png malsa
  • view_list2.png listHD
  • ic_mode_light.png light
× rexpos
    ic_posgar2.png tg.png wa.png link.png
  • url:
× urutan
ic_write_new.png ic_share.png ic_order.png sound.png view_list2.png ic_mode_light.png ic_other.png
+