× -bahasa-

×

view_list1.png Portall   view_list1.png Artikel   view_masonry.png Galeri   view_grid.png Cerita   view_list2.png Video  
×
  • url:
×
×
×
6 0 0 0 0 0
6
   ic_mode_light.png

Ciri Bibit Cabe Siap Tanam dan Umurnya

Ciri pertama bisa Anda lihat dari kekokohan bagian batangnya. Hal ini menjadi salah satu tanda bahwa cabai sudah siap untuk berpindah media penanaman. Sementara itu ciri ini juga harus Anda perhatikan secara baik.

Dengan adanya batang yang kokoh menunjukkan bahwa bibit tidak akan patah ketika terkena angin. Sehingga tanaman bisa tetap berdiri kokoh tanpa goyah di sawah.

2. Memiliki 6 – 8 Helai Daun

Ciri berikutnya bisa Anda lihat dari jumlah helai daun yang sudah dimilkinya. Umumnya bibit cabai yang disemai akan memiliki pertumbuhan jumlah helai daun secara bertahap. Salah satu tanda bibit sudah siap ditanam bisa Anda lihat dari berapa jumlah helai yang dimilkinya.

Silahkan menghitung jumlah helai daun setelah usianya sudah memenuhi. Jika jumlah helainya sudah ada minimal 6 buah, maka tanaman bisa Anda pindah dalam media tanam. Tentunya hal ini menjadi salah satu aspek penting, yang perlu diperhatikan.

Sementara itu jumlah helai daun pada bibit cabai juga menunjukkan kekuatan akarnya. Semakin bertambah usia akar bibit cabe akan lebih kuat sehingga tidak mudah mati ketika berpindah media tanam.

Pada dasarnya jika belum masuk usia siap tanam bibit cabai masih sangat lemah. Hal ini akan membuatnya cepat rusak dan tidak bisa bertahan di media tanam yang baru.

3. Tinggi Bibit

Ciri selanjutnya adalah melihat ukuran atau tinggi dari bibit cabai tersebut. Idealnya Anda harus melakukan pengukuran berapa tinggi bibit cabe yang sudah siap tanam. Umumnya dengan ukuran tinggi 8 cm sampai 10 cm bibit tersebut sudah bisa Anda pindahkan.

Namun sebelumnya Anda juga harus memperhatikan beberapa ciri lainnya sekaligus umurnya. Umumnya beberapa bibit cabe tertentu memiliki pertumbuhan lebih cepat dari lainnya. Meski demikian dengan melihat ciri kali ini dapat membuat tanaman lebih mudah bertahan.

Penanaman bibit cabe pada dasarnya tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Mengingat nantinya bibit cabe juga membutuhkan adaptasi di lingkungannya. Maka dari itu pastikan Anda memperhatikan beberapa ciri diatas agar proses penanaman bisa berjalan lancar.

❮ sebelumnya
selanjutnya ❯
Artikelinfodunia
+
×
  • ic_write_new.png expos
  • ic_share.png rexpos
  • ic_order.png urutan
  • sound.png malsa
  • view_list2.png listHD
  • ic_mode_light.png light
× rexpos
    ic_posgar2.png tg.png wa.png link.png
  • url:
× urutan
ic_write_new.png ic_share.png ic_order.png sound.png view_list2.png ic_mode_light.png ic_other.png
+