× -bahasa-

×

view_list1.png Portall   view_list1.png Artikel   view_masonry.png Galeri   view_grid.png Cerita   view_list2.png Video  
×
  • url:
×
×
    Tidak Ada/kosong
    kemungkinan belum ada expos, expos telah dihapus maupun kesalahan sistem
×
0 0 0 0 0 0
0
   ic_mode_light.png

TikTok Melonjak di Arus Kreativitas Digital

TikTok, sebuah platform media sosial yang mengubah lanskap digital dengan kecepatan dan pengaruh yang menakjubkan, telah menjadi fenomena budaya yang tak terhindarkan di era modern. Dengan lebih dari satu miliar pengguna aktif bulanan di seluruh dunia pada saat penulisan ini, TikTok telah menetapkan standar baru dalam hal konten yang menarik, kreativitas yang tak terbatas, dan konektivitas global.


Diluncurkan pada tahun 2016 oleh perusahaan Tiongkok, ByteDance, TikTok awalnya dikenal dengan nama Douyin di Tiongkok sebelum mengambil nama TikTok untuk menukar berlian di TikTok pasar internasional. Platform ini menawarkan pengguna pengalaman unik dalam berbagi video pendek, dengan durasi maksimal 60 detik. Meskipun durasinya singkat, video-video ini mampu menampilkan berbagai konten, mulai dari tarian, lip-sync, tantangan, hingga tutorial, dan segalanya di antaranya.


Salah satu daya tarik utama TikTok adalah kemudahan penggunaan platformnya. Dengan antarmuka yang intuitif dan fitur yang mudah dipahami, siapa pun, dari remaja hingga profesional, dapat dengan cepat membuat dan membagikan konten. Ini telah membuka pintu bagi masyarakat luas untuk mengekspresikan kreativitas mereka secara bebas, tanpa batasan atau persyaratan teknis yang rumit.


Namun, kekuatan sebenarnya dari TikTok terletak pada algoritma cerdasnya. TikTok menggunakan teknologi kecerdasan buatan untuk menganalisis preferensi pengguna dan memberikan konten yang disesuaikan secara individu di bagian "For You Page" (FYP). Ini berarti setiap kali pengguna membuka aplikasi, mereka disuguhi dengan konten yang dirancang khusus untuk mereka, yang memperkuat keterlibatan dan retensi pengguna.


Dalam beberapa tahun terakhir, TikTok telah menjadi tempat lahirnya tren budaya baru dan bintang internet. Banyak dari video-video yang viral di platform ini telah memicu tantangan, tren tarian, dan meme yang mempengaruhi bahkan di luar ranah digital. Bahkan, beberapa lagu telah meledak menjadi hit internasional berkat popularitasnya di TikTok, menunjukkan kekuatan platform dalam membentuk budaya populer.


Selain sebagai sumber hiburan, TikTok juga telah menjadi alat pemasaran yang kuat bagi merek dan perusahaan. Banyak merek telah melihat potensi besar dalam menciptakan kampanye iklan yang menarik di platform ini, dengan memanfaatkan pengaruh menonaktifkan TikTok Shop dan kreativitas kreator TikTok. Kolaborasi antara merek dan kreator sering kali menghasilkan konten yang unik dan viral, yang membantu merek mencapai audiens yang lebih luas dan meningkatkan kesadaran merek mereka.


Namun, seperti halnya platform media sosial lainnya, TikTok juga tidak lepas dari kontroversi dan kritik. Salah satu kekhawatiran utama adalah privasi dan keamanan data pengguna. TikTok telah dihadapkan pada tekanan dari berbagai pihak, termasuk pemerintah, terkait pengumpulan data pengguna dan keterlibatan perusahaan dalam praktik sensor atau sensorik. Meskipun perusahaan telah berusaha untuk mengatasi kekhawatiran tersebut melalui langkah-langkah seperti meningkatkan transparansi dan memperkuat keamanan data, skeptisisme terhadap platform tetap ada.


Selain itu, beberapa konten di TikTok juga telah dituduh memperkuat stereotip negatif, mempromosikan perilaku berbahaya, atau bahkan menjadi sarana untuk pelecehan dan intimidasi online. Meskipun platform ini memiliki kebijakan komunitas yang melarang konten yang merugikan, moderasi konten yang efektif tetap menjadi tantangan, terutama mengingat volume besar dari konten yang diunggah setiap hari.


Dengan demikian, TikTok adalah sebuah fenomena yang kompleks dengan dampak yang luas dalam budaya dan masyarakat modern. Meskipun menawarkan platform untuk ekspresi kreatif dan konektivitas global, itu juga menimbulkan pertanyaan serius tentang menjual produk orang lain di TikTok privasi, keamanan, dan dampak sosialnya. Sementara platform ini terus berkembang dan beradaptasi dengan perubahan, penting untuk terus mempertimbangkan implikasi dan tanggung jawab dari penggunaan dan pengembangan TikTok dalam era digital yang terus berubah.



 

❮ sebelumnya
selanjutnya ❯
Artikelinfodunia
+
×
  • ic_write_new.png expos
  • ic_share.png rexpos
  • ic_order.png urutan
  • sound.png malsa
  • view_list2.png listHD
  • ic_mode_light.png light
× rexpos
    ic_posgar2.png tg.png wa.png link.png
  • url:
× urutan
ic_write_new.png ic_share.png ic_order.png sound.png view_list2.png ic_mode_light.png ic_other.png
+