0%
×

-bahasa-

Selamat datang di POSGAR.com bagikan dan dapatkan informasi menarik dari netizen untuk netizen dan oleh netizen ;D #demokreasi #infodunia #infosegar #posgar
×

×

  • url:
×

×

×

5 0 0 0 0 0
5
5

Aplikasi Mobile JKN Penuhi Kebutuhan Peserta BPJS Kesehatan

Untuk mendukung kebutuhan era digital, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan menghadirkan Mobile JKN sebagai platform utama bagi peserta Jaminan Kesehatan Nasional - Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). 



Kenapa platform utama? Karena di aplikasi mobile ini ada kemudahan, kecepatan, dan kepastian proses tentang JKN-KIS yang bisa kita lihat ujar Deputi Direksi Bidang Pelayanan Peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Arief Syaefudin, kepada Kompas.com melalui Zoom, Rabu (11/11/2020). 


Platform yang rilis pada 2016 ini, terus meng-upgrade fitur-fitur di dalamnya. Hal ini agar para peserta dapat memenuhi kebutuhannya tanpa harus datang ke kantor cabang terdekat, terutama pada masa pandemi Covid-19 ini. 


Baca juga: Kerja Sama dengan BPJS Kesehatan, RSUI Bisa Segera Layani Pasien JKN-KIS Beberapa fitur yang belum lama ini ditambahkan pada Mobile JKN adalah screening mandiri Covid-19, fasilitas konsultasi kesehatan online dengan dokter, cek jadwal operasi, dan informasi ketersediaan tempat tidur kosong atau ruang Intensive Care Unit (ICU) untuk pasien. 


Ada pula fitur informasi tentang jumlah tagihan iuran untuk peserta mandiri, riwayat pendaftaran, fitur lokasi, screening riwayat kesehatan, artikel kesehatan, fitur pengaduan keluhan, pendaftaran autodebet, catatan pembayaran, pembayaran, riwayat pelayanan yang dapat dilihat pada fitur riwayat pendaftaran, dan cek virtual account . 


Dari semua fitur tersebut, Arief sendiri paling mengunggulkan fitur kartu peserta berupa KIS Digital. Ini karena dapat menjadi pengganti kartu fisik, sehingga peserta tidak perlu lagi pegang kartu JKN-KIS. 


Lewat Virtual Ride, BPJS Kesehatan Kumpulkan Donasi Rp 34,9 Juta untuk Peserta JKN-KIS Arief menuturkan, dari semua fitur tersebut, informasi ketersediaan tempat tidur kosong paling banyak digunakan peserta.


Sementara itu, fitur lain yang sering dibutuhkan peserta adalah informasi mengenai obat yang ditanggung JKN-KIS, serta ubah data. Khusus screening mandiri Covid-19 itu baru ya. Jadi misal kita pilih fitur tersebut, nanti akan dapat beberapa pertanyaan untuk dijawab. Setelah selesai menjawab maka akan muncul kesimpulannya. Kalau ternyata punya gejala atau keluhan, ya harus segera ke dokter ujar Arief. 


Harus Pasang Alat Pacu Jantung Permanen Senilai Ratusan Juta, Perempuan Ini Andalkan JKN-KIS Fitur itu, lanjut Arief, mengajak peserta untuk menjaga diri dan lebih berhati-hati kalau ternyata punya risiko tertular Covid-19. 


Sementara itu, pada fitur tagihan iuran, dilengkapi juga dengan program relaksasi iuran. Program tersebut memberi keringanan pembayaran kepada peserta mandiri yang memiliki tunggakan lebih dari enam bulan. Baca juga: Idap Kanker Kelenjar Getah Bening, Ibu asal Pangandaran Ini Manfaatkan JKN-KIS Peserta mandiri yang menunggak misal dua atau tiga tahun, bisa mengaktifkan kepesertaan kembali melalui fitur ini. Kemudian kalau bayar dua tahun sekaligus kan berat. Jadi bisa dilunasi enam bulan dulu, sisanya dicicil papar Arief. Kemudian, dari pelayanan kesehatan, ada fitur antrean online. 


Fitur ini memudahkan peserta berobat ke fasilitas kesehatan (faskes), seperti klinik atau pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas). Kita bisa daftar dulu dari rumah. Dengan begitu, kita akan tahu berada di urutan berapa dan kira-kira datang kapan ke faskes ujar Arief. 


Ini Dia Faskes Paling Berkomitmen Terhadap Mutu Pelayanan JKN-KIS Kabar baiknya, aplikasi tersebut juga sudah terkoneksi dengan antrean dari rs. Arief mengatakan, ke depan pihaknya akan menyiapkan fitur pindah segmen. 


Misal, peserta JKN-KIS perusahaan ingin diubah menjadi mandiri, tidak perlu lagi melalui kantor cabang atau Pelayanan Administrasi Melalui Whatsapp (Pandawa), tetapi bisa dengan Mobile JKN kata Arief. 


Arief menyatakan, pihaknya ingin semua layanan yang sebelumnya hanya bisa dilakukan di kantor cabang, bisa melalui Mobile JKN, terutama, pelayanan yang membutuhkan kirim dokumen. 


Inilah proses yang harus kami siapkan, misal laporan peserta yang sudah meninggal, pelaporan peserta pindah negara, dan sebagainya. Jadi dari kanal ke kanal saling terintegrasi ujarnya. 


Kelebihan aplikasi Mobile JKN Lebih lanjut Arief menyatakan, salah satu kelebihan dari layanan aplikasi Mobile JKN adalah murah, karena hanya butuh paket data. Ukuran aplikasinya tidak terlalu berat, sehingga semua smartphone bisa mengunduhnya apalagi yang diproduksi satu atau dua tahun lalu. Namun, kalau iOS waktu update-nya tidak selalu sama dengan Android karena prosesnya berbeda jelas Arief. 


Data BPJS Kesehatan menunjukkan, pengunduh Mobile JKN di Play Store sudah mencapai lebih dari 10 juta orang, sedangkan jumlah pengguna aktifnya mencapai sekitar 432.000 peserta pada September 2020. Baca juga: Benjolan di Payudara Perempuan Ini Harus Dioperasi, Untung Ada JKN-KIS Melihat angkat tersebut, Arief merasa Mobile JKN mampu memenuhi kebutuhan pelanggan.


Target kami semoga pada 2021 pengunduhnya bisa mencapai 20 juta ujar Arief. Untuk mewujudkan hal tersebut, Arief menyatakan, pihaknya mengajak faskes ikut menyosialisasikan, serta mempromosikan layanannya melalui berbagai media. Mobile JKN, CHIKA, dan call center itu sebenarnya satu paket. Kami sosialisasikan lewat media sosial, poster, spanduk di setiap kantor layanan, serta iklan radio. Saat peserta menghubungi Pandawa atau call center pun ada pesan tentang Mobile JKN. Intinya antarkanal saling mempromosikan imbuhnya. 


Pembuluh Jantung Tersumbat, Ibu Ini Jalani Kateterisasi dengan JKN-KIS Sementara itu, dari sisi efektivitas, Arief menjelaskan, penggunaan aplikasi Mobile JKN sudah cukup efektif. 


Namun, terkadang terdapat kendala, seperti jaringan komunikasi dan proses update aplikasi. Untuk mengatasi hal itu, pengguna Mobile JKN bisa mengadukan keluhan di kolom komentar Play Store atau Mobile JKN, yang nantinya akan direspons tim information technology (IT) “Untuk mengatasi masalah tersebut, kami sudah memisah platform database supaya tidak terganggu traffic dari aktivitas yang lain. 


Tinggal kami pastikan saja, karena masih sering mengalami masalah pada saat akses komunikasi data. Proses itu lama biasanya dan semoga bisa dipercepat,” ucapnya. Pada kesempatan tersebut, Arief menuturkan beberapa harapan untuk Mobile JKN. Dia ingin aplikasi tersebut menjadi user friendly dengan fitur yang lengkap sesuai kebutuhan peserta, salah satunya pendaftaran bayi melalui Nomor Induk Kependudukan (NIK). 


Pokoknya lebih mudah digunakan peserta. Kalau untuk cara cek BPJS kesehatan, mungkin tidak bisa kami tambahkan semuanya. Sebab, kalau fitur ditambah, aplikasinya semakin berat,” katanya. Cara registrasi Mobile JKN Nah, bagi peserta JKN-KIS yang ingin melakukan pendaftaran Mobile JKN, dapat mengikuti beberapa langkah berikut. 1. Buka Google Play Storeatau App Store, lalu instal aplikasi Mobile JKN pengembang BPJS Kesehatan. 2. Setelah terinstal, klik menu Daftar untuk masuk ke halaman registrasi. · Menu Aktivasi Akun untuk peserta JKN-KIS yang sudah terdaftar sebagai peserta. 


Menu Login apabila sudah pernah melakukan registrasi di aplikasi Mobile JKN. 3. Proses registrasi dengan memasukan data: · Nomor kartu BPJS · Nomor Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau NIK · Tanggal lahir · Nama ibu kandung · Password · Konfirmasi password · Nomor handphone · Email (masukan kode verifikasi) 4. Setelah selesai mengisi data, Anda akan menerima kode verifikasi melalui email yang terdaftar. 


Masukkan kode tersebut pada bagian “Verifikasi Pendaftaran” dan klik tombol “Verify”. 5. Setelah berhasil registrasi, Anda kembali ke halaman login 6. Masukkan nomor kartu, email atau username dan password yang sudah terdaftar, serta Captcha sesuai gambar. Lalu klik Login untuk masuk ke halaman utama app.


Saat mengisi formulir, Kantor BPJS Kesehatan Cabang Jakbar juga menyediakan hand sanitizer dan tisu.

Artikel Teknologi Life Hack Tutorial
<<
×

bagikan ke

×

×

×

bagikan ke

×

2 0 0 0 0 0
2

12 Jenis Monstera Yang Sedang Viral...

Jenis monstera alias tanaman bunga janda bolong yang memiliki daun unik dan cantik untuk memperindah...[±927 kata]

×

×

bagikan ke

×

2 0 0 0 0 0
2

Cerita Elon Musk Pernah Berencana Jual Tesla ke Apple...

CEO Tesla Elon Musk mengungkapkan pernah mempertimbangkan untuk menjual perusahaan produsen mobil li...[±223 kata]

×

×

bagikan ke

×

1 0 1 0 0 0
2

Sinetron Hidayah Indosiar Singgung Penggemar K-Pop, Jadi Bahan Tertawaan Netizen...

Sinetron hidayah Indosiar mendapat sorotan tajam dari para penggemar K-Pop. Musababnya, sinetron FTV...[±307 kata]

×

×

bagikan ke

×

2 0 0 0 0 0
2

Selama Wabah Besar Melanda Eropa Newton Menemukan Hukum Gravitasi, Ilm...

Ketika 'Great Plague of London' melanda Inggris mulai tahun 1665, Isaac Newton saat itu me...[±266 kata]

×

×

bagikan ke

×

2 0 0 0 0 0
2

1,8 Juta Vaksin COVID-19 Tambahan Tiba di Tanah Air, Bukti Nyata Komit...

Jakarta - 31 Desember 2020Hari ini, pemerintah Indonesia mendatangkan tambahan vaksin COVID-19 sebanyak 1,8 ju...[±842 kata]

×

×

bagikan ke

×

2 0 0 0 0 0
2

Tolak Ganti Rugi, Rumah di China ini dikelilingi Jembatan...

Sebuah rumah berdiri di tengah jembatan jalan Raya yang baru dibuka di Provinsi Guangdong, China. Ha...[±214 kata]

×

×

bagikan ke

×

2 0 0 0 0 0
2

Tahukah Kamu, Beginilah Posisi Duduk F1 Seperti Rebahan Ya...

Berbeda dengan posisi pengemudi mobil produksi massal, posisi pengemudi pembalap Formula 1 ...[±229 kata]

×

×

bagikan ke

×

2 0 0 0 0 0
2

Valonia Ventricosa, Salahsatu Organisme Bersel Tunggal Terbesar di Dunia...

Tersembunyi di antara batu karang di dalam lautan samudera di seluruh penjuru dunia, kita dapat mene...[±552 kata]

×

×

bagikan ke

×

4 0 0 0 0 0
4

PewDiePie Pria Tertampan di Dunia 2020...

Siapa sih yang tidak kenal dengan PewDiePie? Salah satu YouTuber Gaming yang kini memiliki subscribe...[±222 kata]

×

×

bagikan ke

×

4 0 0 0 0 0
4

Unik, Rumah ini bisa dilipat seperti origami...

Sebuah #startup asal Latvia, #BretteHaus telah mulai memproduksi sebuah desain #rumah temuannya yang...[±133 kata]

×

×

bagikan ke

×

6 0 0 0 0 0
6

Ilmuan Sukses Membuat Jantung Manusia dari Daun Bayam...

Tim ilmuwan telah menemukan cara untuk membuat otot jantung manusia tiruan dengan menggunakan daun b...[±229 kata]

×

×

bagikan ke

×

6 0 0 0 0 0
6

Ashrita Furman, Manusia Pemegang Rekor Terbanyak Hingga 600 rekor...

Pria asal New York, Amerika Serikat, memegang rekor yang sangat unik. Ia saat ini memegang rekor seb...[±260 kata]

×

×

bagikan ke

×

6 0 0 0 0 0
6

Bayi ini Lahir dari Embrio yang Dibekukan Selama 27 Tahun...

Molly Everette Gibson lahir di Tennessee, Amerika Serikat pada 26 Oktober 2020. Namun usia Tina Gibs...[±321 kata]

×

×

bagikan ke

×

6 0 0 0 0 0
6

Jalan ini bisa menghilang 2 kali dalam sehari....

Jalanan digunakan untuk menyambungkan satu tempat ke tempat lain. Namun, bagaimana jika ada jalanan...[±201 kata]

×

×

bagikan ke

×

6 0 0 0 0 0
6

Maher Zain Jadi Penyanyi Muslim Paling Berpengaruh Di Dunia...

Sosok Maher Zain memang populer dengan lagu-lagu bernuansa islami. Di Indonesia khususnya, Maher Zai...[±230 kata]

×

×

bagikan ke

×

6 0 0 0 0 0
6

Fakta Unik Jembatan Choluteca Tanpa Sungai...

Di tahun 1930-an, Jembatan Choluteca dibangun di kota Choluteca, Honduras. Terletak di zona bercuaca...[±120 kata]

×

×

bagikan ke

×

6 0 0 0 0 0
6

Monolit ini Muncul dan Menghilang Secara Misterius...

Monolit logam kali ini ditemukan di cagar alam Belanda, menghadap genangan es. Monolit, dekat desa O...[±239 kata]

×

×

bagikan ke

×

6 0 0 0 0 0
6

Jaboticaba, Pohon Unik Buahnya Muncul di Semua Batang...

Bentuk buahnya memang mirip dengan anggur, tapi buah satu ini bukan termasuk tanaman merambat sepert...[±241 kata]

×

×

bagikan ke

×

    Tidak Ada/kosong
    kemungkinan belum ada expos, expos telah dihapus maupun kesalahan sistem
×

0 0 0 0 0 0

Ingin Mengetahui Spek Laptop Kamu? Begini Cara Mengeceknya ......

Sebelum kita membeli komputer atau laptop, sebaiknya kita harus mengetahui spesifikasi yang dimili...[±206 kata]

×

×

bagikan ke

×

6 0 0 0 0 0
6

Kostum Dokter Saat Wabah pada Abad ke-17 an...

Sekarang, mungkin teman-teman sudah tahu cara agar tubuh terhindar dari kuman, misalnya dengan mencu...[±307 kata]

×

×

bagikan ke

×

6 0 0 0 0 0
6

Rel Kereta Api Seberat 56 ton di Rusia Pernah dicuri...

Sekelompok pencuri logam memreteli jembatan kereta api di wilayah Arktik Rusia di Murmansk hingga ja...[±198 kata]

×

×

bagikan ke

×

3 0 0 0 0 0
3

Mengecek Keaslian Produk Samsung Galaxy Series...

Cara ini berguna untuk mengecek semua navigasi yang ada di smartphone anda mulai dari suara, warna d...[±817 kata]