× -bahasa-

×

view_list1.png Portall   view_list1.png Artikel   view_masonry.png Galeri   view_grid.png Cerita   view_list2.png Video  
×
  • url:
×
×
×
9 0 0 0 0 0
9
   ic_mode_light.png

Kisah Haru Pejuang Kangker Pungut Sampah Demi Bertahan Hidup

Menjaga kebersihan lingkungan bukan hanya tugas pemerintah, namun tugas seluruh manusia. Meskipun hingga saat ini masih belum banyak orang yang peduli kebersihan, lain halnya dengan seorang pria 42 tahun ini yang sangat peduli akan lingkungan.

Adalah Pak Long, salah satu pasien kanker tulang yang memiliki kebiasaan yang bikin salut sekaligus trenyuh.
Pak Long mampu berjalan kurang lebih 10 km setiap harinya sambil memungut setiap sampah yang ditemukan olehnya.

Kebiasaan baik Pak Long ini sendiri mendapat pujian dari setiap warga yang melihatnya. Pak Long dinilai memiliki hati yang baik dan jiwa yang cinta kebersihan sehingga mau berjalan kurang dengan jarak yang cukup jauh, setiap harinya, sambil memungut dan mengumpulkan sampah

Menurut laman World of Buzz, Pak Long sendiri diketahui berprofesi sebagai tukang parkir. Namun setiap subuh sebelum berangkat bekerja, Pak Long selalu menyempatkan waktu untuk berjalan dan memungut sampah dari kediamannya sampai ke pantai Kuala Perlis, Malaysia.

Lebih lanjut, Pak Long tidak peduli bila memang ada yang menganggap dirinya aneh atau ada yang menyebutnya pemungut. Baginya, sampah yang dikumpulkan bisa menghasilkan uang tambahan merupakan berkah yang luar biasa.

“Saya tidak terganggu jika orang menyebut saya orang aneh, tapi saya punya alasan sendiri untuk mengumpulkan sampah. Sampah mungkin tampak tidak berharga tapi kamu bisa mendapatkan uang dengan menjual botol bekas, kaleng dan sampah lainnya,” ucapnya dikutip dari World of Buzz, Rabu (28/10).

Dari hasil memungut sampah dan memisahkan sampah yang bisa menjadi uang seperti sampah botol dan kaleng, Pak Long bisa mendapatkan uang sekitar RM 203 atau setara Rp 715 ribu setiap bulannya sebagai penghasilan tambahan.

Meski Pak Long mengidap kanker tulang, Pak Long tetap melakukan kegiatan ini karena memang dirinya senang melihat lingkungan bersih, dan ketika bisa melihat lingkungan yang dilewati bersih, dia merasakan kepuasan tersendiri.

Kebiasaan baik dari Pak Long ini membuat Direktur Perlis Environment Department (DOE), Azman Shah Ismail kagum dang menghimbau setiap masyarakatnya bisa memiliki semangat juang kebersihan lingkungan seperti Pak Long

❮ PREVIOUS
NEXT ❯
Artikel Cerita inspiratif Ekonomi
+
×
  • ic_write_new.png expos
  • ic_share.png rexpos
  • ic_order.png urutan
  • sound.png malsa
  • view_masonry.png grid
  • ic_mode_light.png light
× rexpos
    ic_posgar2.png tg.png wa.png link.png
  • url:
× urutan
ic_write_new.png ic_share.png ic_order.png sound.png view_grid.png ic_mode_light.png ic_other.png
+