0%
×

-bahasa-

[klik to play Audio] Selamat datang di POSGAR bagikan dan dapatkan informasi menarik dari netizen oleh netizen dan untuk netizen ;D #demokreasi #infodunia #duniaposgar #artikelompok #majol #olmag #medukasi #sedunia
×

×

  • url:
×

×

×

5 0 0 0 0 0
5
*
5

Aplikasi Mobile JKN Penuhi Kebutuhan Peserta BPJS Kesehatan

Untuk mendukung kebutuhan era digital, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan menghadirkan Mobile JKN sebagai platform utama bagi peserta Jaminan Kesehatan Nasional - Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). 



Kenapa platform utama? Karena di aplikasi mobile ini ada kemudahan, kecepatan, dan kepastian proses tentang JKN-KIS yang bisa kita lihat ujar Deputi Direksi Bidang Pelayanan Peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Arief Syaefudin, kepada Kompas.com melalui Zoom, Rabu (11/11/2020). 


Platform yang rilis pada 2016 ini, terus meng-upgrade fitur-fitur di dalamnya. Hal ini agar para peserta dapat memenuhi kebutuhannya tanpa harus datang ke kantor cabang terdekat, terutama pada masa pandemi Covid-19 ini. 


Baca juga: Kerja Sama dengan BPJS Kesehatan, RSUI Bisa Segera Layani Pasien JKN-KIS Beberapa fitur yang belum lama ini ditambahkan pada Mobile JKN adalah screening mandiri Covid-19, fasilitas konsultasi kesehatan online dengan dokter, cek jadwal operasi, dan informasi ketersediaan tempat tidur kosong atau ruang Intensive Care Unit (ICU) untuk pasien. 


Ada pula fitur informasi tentang jumlah tagihan iuran untuk peserta mandiri, riwayat pendaftaran, fitur lokasi, screening riwayat kesehatan, artikel kesehatan, fitur pengaduan keluhan, pendaftaran autodebet, catatan pembayaran, pembayaran, riwayat pelayanan yang dapat dilihat pada fitur riwayat pendaftaran, dan cek virtual account . 


Dari semua fitur tersebut, Arief sendiri paling mengunggulkan fitur kartu peserta berupa KIS Digital. Ini karena dapat menjadi pengganti kartu fisik, sehingga peserta tidak perlu lagi pegang kartu JKN-KIS. 


Lewat Virtual Ride, BPJS Kesehatan Kumpulkan Donasi Rp 34,9 Juta untuk Peserta JKN-KIS Arief menuturkan, dari semua fitur tersebut, informasi ketersediaan tempat tidur kosong paling banyak digunakan peserta.


Sementara itu, fitur lain yang sering dibutuhkan peserta adalah informasi mengenai obat yang ditanggung JKN-KIS, serta ubah data. Khusus screening mandiri Covid-19 itu baru ya. Jadi misal kita pilih fitur tersebut, nanti akan dapat beberapa pertanyaan untuk dijawab. Setelah selesai menjawab maka akan muncul kesimpulannya. Kalau ternyata punya gejala atau keluhan, ya harus segera ke dokter ujar Arief. 


Harus Pasang Alat Pacu Jantung Permanen Senilai Ratusan Juta, Perempuan Ini Andalkan JKN-KIS Fitur itu, lanjut Arief, mengajak peserta untuk menjaga diri dan lebih berhati-hati kalau ternyata punya risiko tertular Covid-19. 


Sementara itu, pada fitur tagihan iuran, dilengkapi juga dengan program relaksasi iuran. Program tersebut memberi keringanan pembayaran kepada peserta mandiri yang memiliki tunggakan lebih dari enam bulan. Baca juga: Idap Kanker Kelenjar Getah Bening, Ibu asal Pangandaran Ini Manfaatkan JKN-KIS Peserta mandiri yang menunggak misal dua atau tiga tahun, bisa mengaktifkan kepesertaan kembali melalui fitur ini. Kemudian kalau bayar dua tahun sekaligus kan berat. Jadi bisa dilunasi enam bulan dulu, sisanya dicicil papar Arief. Kemudian, dari pelayanan kesehatan, ada fitur antrean online. 


Fitur ini memudahkan peserta berobat ke fasilitas kesehatan (faskes), seperti klinik atau pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas). Kita bisa daftar dulu dari rumah. Dengan begitu, kita akan tahu berada di urutan berapa dan kira-kira datang kapan ke faskes ujar Arief. 


Ini Dia Faskes Paling Berkomitmen Terhadap Mutu Pelayanan JKN-KIS Kabar baiknya, aplikasi tersebut juga sudah terkoneksi dengan antrean dari rs. Arief mengatakan, ke depan pihaknya akan menyiapkan fitur pindah segmen. 


Misal, peserta JKN-KIS perusahaan ingin diubah menjadi mandiri, tidak perlu lagi melalui kantor cabang atau Pelayanan Administrasi Melalui Whatsapp (Pandawa), tetapi bisa dengan Mobile JKN kata Arief. 


Arief menyatakan, pihaknya ingin semua layanan yang sebelumnya hanya bisa dilakukan di kantor cabang, bisa melalui Mobile JKN, terutama, pelayanan yang membutuhkan kirim dokumen. 


Inilah proses yang harus kami siapkan, misal laporan peserta yang sudah meninggal, pelaporan peserta pindah negara, dan sebagainya. Jadi dari kanal ke kanal saling terintegrasi ujarnya. 


Kelebihan aplikasi Mobile JKN Lebih lanjut Arief menyatakan, salah satu kelebihan dari layanan aplikasi Mobile JKN adalah murah, karena hanya butuh paket data. Ukuran aplikasinya tidak terlalu berat, sehingga semua smartphone bisa mengunduhnya apalagi yang diproduksi satu atau dua tahun lalu. Namun, kalau iOS waktu update-nya tidak selalu sama dengan Android karena prosesnya berbeda jelas Arief. 


Data BPJS Kesehatan menunjukkan, pengunduh Mobile JKN di Play Store sudah mencapai lebih dari 10 juta orang, sedangkan jumlah pengguna aktifnya mencapai sekitar 432.000 peserta pada September 2020. Baca juga: Benjolan di Payudara Perempuan Ini Harus Dioperasi, Untung Ada JKN-KIS Melihat angkat tersebut, Arief merasa Mobile JKN mampu memenuhi kebutuhan pelanggan.


Target kami semoga pada 2021 pengunduhnya bisa mencapai 20 juta ujar Arief. Untuk mewujudkan hal tersebut, Arief menyatakan, pihaknya mengajak faskes ikut menyosialisasikan, serta mempromosikan layanannya melalui berbagai media. Mobile JKN, CHIKA, dan call center itu sebenarnya satu paket. Kami sosialisasikan lewat media sosial, poster, spanduk di setiap kantor layanan, serta iklan radio. Saat peserta menghubungi Pandawa atau call center pun ada pesan tentang Mobile JKN. Intinya antarkanal saling mempromosikan imbuhnya. 


Pembuluh Jantung Tersumbat, Ibu Ini Jalani Kateterisasi dengan JKN-KIS Sementara itu, dari sisi efektivitas, Arief menjelaskan, penggunaan aplikasi Mobile JKN sudah cukup efektif. 


Namun, terkadang terdapat kendala, seperti jaringan komunikasi dan proses update aplikasi. Untuk mengatasi hal itu, pengguna Mobile JKN bisa mengadukan keluhan di kolom komentar Play Store atau Mobile JKN, yang nantinya akan direspons tim information technology (IT) “Untuk mengatasi masalah tersebut, kami sudah memisah platform database supaya tidak terganggu traffic dari aktivitas yang lain. 


Tinggal kami pastikan saja, karena masih sering mengalami masalah pada saat akses komunikasi data. Proses itu lama biasanya dan semoga bisa dipercepat,” ucapnya. Pada kesempatan tersebut, Arief menuturkan beberapa harapan untuk Mobile JKN. Dia ingin aplikasi tersebut menjadi user friendly dengan fitur yang lengkap sesuai kebutuhan peserta, salah satunya pendaftaran bayi melalui Nomor Induk Kependudukan (NIK). 


Pokoknya lebih mudah digunakan peserta. Kalau untuk cara cek BPJS kesehatan, mungkin tidak bisa kami tambahkan semuanya. Sebab, kalau fitur ditambah, aplikasinya semakin berat,” katanya. Cara registrasi Mobile JKN Nah, bagi peserta JKN-KIS yang ingin melakukan pendaftaran Mobile JKN, dapat mengikuti beberapa langkah berikut. 1. Buka Google Play Storeatau App Store, lalu instal aplikasi Mobile JKN pengembang BPJS Kesehatan. 2. Setelah terinstal, klik menu Daftar untuk masuk ke halaman registrasi. · Menu Aktivasi Akun untuk peserta JKN-KIS yang sudah terdaftar sebagai peserta. 


Menu Login apabila sudah pernah melakukan registrasi di aplikasi Mobile JKN. 3. Proses registrasi dengan memasukan data: · Nomor kartu BPJS · Nomor Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau NIK · Tanggal lahir · Nama ibu kandung · Password · Konfirmasi password · Nomor handphone · Email (masukan kode verifikasi) 4. Setelah selesai mengisi data, Anda akan menerima kode verifikasi melalui email yang terdaftar. 


Masukkan kode tersebut pada bagian “Verifikasi Pendaftaran” dan klik tombol “Verify”. 5. Setelah berhasil registrasi, Anda kembali ke halaman login 6. Masukkan nomor kartu, email atau username dan password yang sudah terdaftar, serta Captcha sesuai gambar. Lalu klik Login untuk masuk ke halaman utama app.


Saat mengisi formulir, Kantor BPJS Kesehatan Cabang Jakbar juga menyediakan hand sanitizer dan tisu.

Artikel Teknologi Life Hack Tutorial
×

  • expos
  • bagikan
  • malsa
  • listHD
  • night
×

bagikan

×

×

bagikan

Kekuatan Fikiran

*_KEKUATAN PIKIRAN_* =========Suatu hari, Rasulullah SAW menjenguk seseorang yg sedang sakit de...[±250 kata]

×

×

bagikan

Sunnah Sunnah Nabi SAW

ASSALAMU'ALAIKUM WARAHMATULLAHI WABARAKATUH● SUNNAH SAAT DI KAMAR MANDI1. Masuk kamar mandi kaki k...[±470 kata]

×

×

bagikan

Alessandro Volta, Penemu Baterai Pertama Sedunia

Alessandro Volta merupakan seorang fisikawan Italia yang berhasil menemukan baterai pada tahun 1779....[±632 kata]

×

×

bagikan

Black Ivory, Kopi Termahal Sedunia

Kopi luwak menjadi minuman eksklusif yang mahal. Lalu bagaimana dengan kopi gajah. Mungkin kopi gaja...[±345 kata]

×

×

bagikan

Jeff Bezos Danai Startup Anti Penuaan, Bantu Manusia Hidup Abadi

Miliarder Jeff Bezos dan Yuri Milner dilaporkan mendanai perusahaan startup bioteknologi yang bertuj...[±275 kata]

×

×

bagikan

Jantung Paus Terbesar Sedunia

Tahukah sobat sains berapa ukuran jantung paus biru?“Pastinya besar banget!”Oke, tapi it...[±806 kata]

×

×

bagikan

Objek Wisata The Vessel Ditutup Akibat Aksi Bunuh Diri

Operator terpaksa menutup objek wisata The Vessel sampai waktu yang belum bisa ditentukan. Hal ini d...[±294 kata]

×

×

bagikan

Unik! Dokter Brazil Obati Luka Bakar dengan Kulit Ikan

Penelitian penggunaan kulit ikan untuk mengobati luka bakar sedang dilakukan di Brazil. Peneliti men...[±384 kata]

×

×

bagikan

۝SAAT TELINGA BERDENGING۝

۝SAAT TELINGA BERDENGING۝Ternyata panggilan Baginda Nabi Muhammad ﷺ.Banyak orang bertanya Kenapa...[±266 kata]

×

×

bagikan

Inilah Cara Mendapatkan Uang Dari Internet

Menjadi salah satu cara mendapat uang dari internet. Android selain dijadikan tempat berkomunikasi,j...[±210 kata]

×

×

bagikan

Plank Terlama Sedunia 9 Jam 30 Menit 1 Detik

Seorang lelaki berusia 28 tahun berhasil mencetak rekor dunia dengan melakukan plank terlama. Ia ber...[±245 kata]

×

×

bagikan

Kegiatan KKN Membagikan Masker Untuk Mencegah Covid-19

Kegiatan KKN yang dilakukan mahasiswi Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo yang bernama Me...[±176 kata]

×

×

bagikan

INILAH SANDAL PENINGGALAN RASULULLAH ﷺ

Sandal peninggalan Rasulullahﷺ disebut dengan Terompah. Sandal Nabi Muhammadﷺ ini mirip dengan b...[±248 kata]

×

×

bagikan

7 CIPTAAN ALLAH YANG TIDAK HANCUR WAKTU KIAMAT

KETIKA kiamat terjadi, kita mengetahui bahwasanya semuanya akan binasa dan mengalami kehancuran. Tak...[±971 kata]

×

×

bagikan

Amalan Orangtua Kepada Anak, Tips Agar Anak Menjadi Soleh Solehah

بِسْــــــــمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِـــــيْــ...[±788 kata]

×

×

bagikan

Kegiatan KKN Bagi Bagi Masker Untuk Pencegahan Covid-19

Kegiatan KKN yang dilakukan mahasiswa Universitas Bangun Nusantara Sukoharjo yang bernama Rohmad Agi...[±188 kata]

×

×

bagikan

Bisakah Tuhan Dibuktikan dengan Sains?

Keberadaan Tuhan dan pembuktian keberadaan-Nya dengan ilmu sains selalu menjadi hal yang cukup menar...[±762 kata]

×

×

bagikan

Harta Karun Emas Zaman Pra-Viking Ditemukan di Denmark

Arkeolog Denmark, Dr. Mads Ravn, dilaporkan menemukan 22 harta karun yang memiliki simbol dari abad...[±250 kata]

×

×

bagikan

×

    Tidak Ada/kosong
    kemungkinan belum ada expos, expos telah dihapus maupun kesalahan sistem

Give Away Akun Turnitin, SmartPLS 3.3.3 Full Version, Eviews 12 Full Version, STATA 17 Full Version

Give Away Akun Turnitin, SmartPLS 3.3.3 Full Version, Eviews 12 Full Version, STATA 17 Full Version...[±34 kata]

×

×

bagikan

Potongan Planet Mars Terbesar yang Jatuh ke Bumi

Potongan Mars terbesar yang pernah jatuh ke Bumi, untuk pertama kalinya dipamerkan ke publik. Bagian...[±376 kata]

×

×

bagikan

DHUHA VS TAHAJUD

#DHUHA• DIJANJIKAN SEBUAH RUMAH DISURGASiapa diantara kita tidak ingin dibuatkan rumah di surga...[±404 kata]

×

×

bagikan

×

    Tidak Ada/kosong
    kemungkinan belum ada expos, expos telah dihapus maupun kesalahan sistem

Tutorial Lengkap Analisis Jalur Menggunakan LISREL

Merupakan Tutorial Lengkap Analisis Jalur Menggunakan LISREL Video Tutorial Lengkap Analisis Jalur...[±42 kata]