0%
×

-bahasa-

Selamat datang di POSGAR.com bagikan dan dapatkan informasi menarik dari netizen untuk netizen dan oleh netizen ;D #demokreasi #infodunia #infosegar #posgar
×

×

  • url:
×

×

×

8 0 0 0 0 0
8
|
8

Bagamana Cara Mengetahui Usia Alam Semesta ?

Dengan mengetahui usia alam semesta, kita bisa "melihat" mundur bagaimana semuanya terbentuk dan berevolusi. Nah, menurut penelitian, alam semesta kita berusia sekitar 13,7 miliar tahun. Namun, penasaran nggak bagaimana para ilmuwan bisa menentukan usia alam semesta?

Setidaknya, kita dan para ilmuwan dapat menentukan usia alam semesta menggunakan dua metode yang berbeda. Pertama, dengan mempelajari benda-benda tertua di alam semesta. Dan kedua, dengan mengukur seberapa cepat alam semesta mengembang.

Secara logika, alam semesta jelas tidak bisa berusia lebih muda dari benda-benda yang terkandung di dalamnya. Jadi,dengan menentukan usia bintang-bintang tertua di alam semesta, para ilmuwan dapat mengetahui "batas" usia alam semesta tempat bintang-bintang itu berada selama ini.

Siklus hidup bintang didasarkan pada massanya. Bintang-bintang yang lebih besar melakukan fusi termonuklir lebih cepat daripada saudara-saudaranya yang massanya lebih rendah.

Misalnya nih, sebuah bintang dengan massa 10 kali lebih besar dari massa Matahari hanya berusia 20 juta tahun saja tuh, sementara bintang dengan setengah massa Matahari mampu bertahan lebih dari 20 miliar tahun!

Massa juga mempengaruhi kecerahan, atau luminositas, dari bintang. Semakin masif sebuah bintang, semakin terang ia menyala.

Lalu, bagaimana dengan bintang-bintang tertua di alam semesta? Dikenal sebagai bintang Populasi III, bintang-bintang pertama ini diketahui berukuran sangat besar dan berumur pendek.

Mereka hanya mengandung hidrogen dan helium, tetapi melalui fusi mereka mulai menciptakan unsur-unsur yang digunakan untuk pembentukan bintang-bintang generasi berikutnya. Para ilmuwan telah berburu jejak bintang-bintang pertama ini selama beberapa dekade terakhir.

Bintang-bintang Populasi III disinyalir merupakan bintang yang membentuk atom berat pertama yang pada akhirnya memungkinkan kita berada di Bumi saat ini, duduk manis atau tiduran sambil membaca artikel ini.

Deteksi debu dan gas di alam semesta awal memberikan informasi baru tentang kapan supernova pertama meledak, yakni saat ketika bintang panas pertama memandikan alam semesta dalam cahayanya. Ledakan bintang pertama ini dikenal sebagai "Fajar Kosmis".

Menentukan waktu dari "Fajar Kosmis" adalah salah satu penelitian astronomi modern, dan itu dapat secara tidak langsung diselidiki melalui studi debu antarbintang awal.

Walau begitu, bintang-bintang awal bukan satu-satunya cara untuk mengetahui "batas" usia alam semesta. Kumpulan bintang yang padat yang dikenal sebagai gugus bola memiliki karakteristik yang serupa. Gugus bola tertua yang diketahui sejauh ini memiliki bintang-bintang dengan usia yang tampaknya antara 11 hingga 18 miliar tahun.

Gap perkiraan usia yang besar ini dikarenakan masih adanya masalah dalam menentukan jarak ke gugus bola itu, yang mempengaruhi perkiraan kecerahan dan massanya. Walau begitu, sama seperti para arkeolog yang menggunakan fosil untuk merekonstruksi sejarah Bumi, para astronom bisa menggunakan gugus bola untuk merekonstruksi sejarah galaksi.

Hanya ada sekitar 150 gugus bola yang dikenal di galaksi Bimasakti, dan masing-masing gugus bola ini adalah "mesin waktu" yang penting dari untuk mengetahui sejarah pembentukan galaksi kita, yang pada akhirnya juga berguna untuk mengetahui usia alam semesta.

Dari penelitian bintang-bintang tertua dan gugus bola ini, didapatlah hasil "batas" usia alam semesta yakni 11 miliar tahun. Perlu dicatat nih bahwa usia itu bisa saja lebih tua, tapi tidak bisa lebih muda.

Alam semesta yang kita huni ini bukan ruang yang tetap dan tidak berubah lho, melainkan merupakan ruang yang terus mengembang. Mengembangnya alam semesta juga terjadi di segala posisi.

Artinya, bila kita di Bimasakti melihat galaksi-galaksi lain menjauhi galaksi kita, maka alien di galaksi Andromeda juga melihat hal serupa. Tidak ada titik spesial di alam semesta.

Sekali tingkat mengembangnya alam semesta ini diketahui, para ilmuwan dapat bekerja mundur untuk menentukan usia alam semesta, seperti polisi yang bisa mengungkap seperti apa kondisi awal yang mengakibatkan kecelakaan lalu lintas terjadi.

Jadi, meneliti dan menemukan tingkat atau laju pengembangan alam semesta, yang dikenal sebagai Konstanta Hubble, adalah koentji.

Nilai Konstanta Hubble sendiri adalah 69 kilometer per detik per Megaparsec. Itu artinya, setiap pertambahan jarak 1 Megaparsec (3,26 juta tahun cahaya, 1 tahun cahaya = 9,4 triliun kilometer), kita bisa mengamati tingkat pengembangan alam semesta bertambah cepat sebanyak 69 kilometer per detik.

Ada sejumlah faktor yang menentukan nilai dari konstanta ini, dengan yang paling kentara adalah jenis materi yang mendominasi alam semesta. Para ilmuwan wajib hukumnya menentukan proporsi materi normal, materi gelap, hingga energi gelap.

Kerapatan alam semesta juga memainkan peran. Alam semesta dengan kerapatan materi yang rendah diperkirakan lebih tua daripada alam semesta yang didominasi materi.

Untuk menentukan kerapatan dan komposisi alam semesta, para ilmuwan mengandalkan misi seperti wahana antariksa Wilkinson Microwave Anisotropy Probe (WMAP) milik NASA serta satelit Planck milik Agensi Antariksa Eropa.

Dengan mengukur radiasi termal yang tersisa dari Big Bang, misi kedua benda buatan manusia tercanggih ini dapat menentukan kerapatan, komposisi, dan laju pengembangan alam semesta. Radiasi yang tersisa dari Big Bang ini dikenal sebagai radiasi latar belakang gelombang mikro kosmis. Baik WMAP maupun Planck telah memetakannya.

Penelitian di tahun 2012, WMAP memperkirakan usia alam semesta adalah 13,772 miliar tahun, dengan ketidakpastian 59 juta tahun. Setahun berikutnya, Planck mengukur usia alam semesta pada angka mencapai 13,82 miliar tahun. Baik hasil penelitian WMAP dan Planck, keduanya telah melampaui "batas" usia 11 miliar tahun yang berasal dari perhitungan bintang-bintang tertua dan gugus bola tadi.

Agar lebih memastikan angka-angka ini. Para astronom melakukan penelitian sekali lagi dengan Teleskop Antariksa Spitzer. Mereka berusaha mempersempit usia alam semesta dengan mengurangi ketidakpastian Konstanta Hubble. Pada akhirnya, didapatkanlah bahwa usia alam semesta kita telah memasuki 13,7 miliar tahun.

Kini, alam semesta kita masih terus mengembang. Belum ada yang tahu pasti tentang bagaimana alam semesta kita berakhir nantinya. Yang jelas, alam semesta sangatlah besar, tak cocok bagi kita untuk menyombongkan diri di planet Bumi yang hanya bagaikan debu di jagad raya. Sumber: Infoastronomy.org
#misteri #sains #bintang #galaksi #meteor #komet #nasa #nebula #planet #universe #mars #bintang #pasir #sand #stars #usialamsemesta

Artikel Fakta Unik Wow Informasi Menarik semesta astronomi Pendidikan
×

  • expos
  • bagikan
  • malsa
  • listHD
  • night
×

bagikan

×

×

bagikan

×

    Tidak Ada/kosong
    kemungkinan belum ada expos, expos telah dihapus maupun kesalahan sistem
×

0 0 0 0 0 0

4 Langkah Mudah Mengatasi Baterai Kembung dengan Baik dan Benar...

https://wigatos.com/5358-cara-mengatasi-baterai-kembung/ Ada beberapa faktor yang menyebabkan kin...[±42 kata]

×

×

bagikan

×

2 0 0 0 0 0
2

Soekarno dan Perjuangan Kemerdekaan Bangsa Palestina...

Setelah KMB ( Konferensi meja Bundar )di Den Haag, Belanda atas pengakuan kedaulatan Indonesia Pada...[±303 kata]

×

×

bagikan

×

1 0 0 0 0 0
1

Yerusalem, Kota Penuh persengketaan sejak zaman nabi daud...

Yerusalem nampaknya menjadi tempat yang mengundang persengketaan hingga hari ini.Namun ia juga menja...[±336 kata]

×

×

bagikan

×

    Tidak Ada/kosong
    kemungkinan belum ada expos, expos telah dihapus maupun kesalahan sistem
×

0 0 0 0 0 0

10+ Cara Mengatasi HP Panas Agar Tidak Lemot dan Tetap Awet...

https://wigatos.com/5346-cara-mengatasi-hp-panas/ Biasanya tanpa kamu sadari gadget yang kamu pegan...[±40 kata]

×

×

bagikan

×

    Tidak Ada/kosong
    kemungkinan belum ada expos, expos telah dihapus maupun kesalahan sistem
×

0 0 0 0 0 0

Cara Mengambil Uang dari Youtube Termudah dan Terlengkap...

https://wigatos.com/5325-cara-mengambil-uang-dari-youtube/ Teknologi semakin berkembang pesat saat...[±39 kata]

×

×

bagikan

×

1 0 0 0 0 0
1

Apa Itu CHAPTCHA?...

Ketika membuat akun email, media sosial atau akun lainnya di internet, seperti daftar di posgar kamu...[±218 kata]

×

×

bagikan

×

1 0 0 0 0 0
1

Fakta Ilmiah Hajar Aswad yang Disucikan...

Hajar Aswad menempel di Ka'bah memiliki diameter 30 sentimeter dan berada 1,5 meter dari permukaan t...[±303 kata]

×

×

bagikan

×

1 0 0 0 0 0
1

Tiang listrik berbentuk manusia raksasa di islandia...

Siapa bilang tiang listrik selalu “kaku” dan “monoton”?Di beberapa negara, s...[±114 kata]

×

×

bagikan

×

1 0 0 0 0 0
1

Mama Kelabang Melindungi Bayi bayi nya, Imut Yaa......

Jika kamu sangat phobia dengan kaki seribu, lebih baik kamu segera menutup artikel ini karena video...[±256 kata]

×

×

bagikan

×

    Tidak Ada/kosong
    kemungkinan belum ada expos, expos telah dihapus maupun kesalahan sistem
×

0 0 0 0 0 0

https://wigatos.com/5318-cara-mengambil-foto-di-instagram/...

Kalian sering bingung gimana cara mengambil foto di Instagram? Banyak sekali trik yang bisa kalian g...[±37 kata]

×

×

bagikan

×

1 0 0 0 0 0
1

AMALAN SEMASA PINDAH RUMAH BARU...

AMALAN SEMASA PINDAH RUMAH BARU, samada rumah sewa yg dh lama di tinggalkan kosong atau rumah baru s...[±366 kata]

×

×

bagikan

×

2 0 0 0 0 0
2

How A plant Instagram Can Negatively impact Mental Health...

Plants and gardening are fantastic for our mental health but combining this with social media can ha...[±341 kata]

×

×

bagikan

×

1 0 0 0 0 0
1

Al-Biruni, Tokoh Genius Guru Segala Ilmu Sains...

Seorang genius universal dan punya visi intelektual yang melampaui masanya pernah lahir di Asia Teng...[±448 kata]

×

×

bagikan

×

1 0 0 0 0 0
1

Kalau Lebah Menghilang, Manusia Hanya bisa hidup 4 tahun saja...

Albert Einstein (1879-1955) bukan entomologis. Ia juga bukan peternak lebah. Namun, kutipannya yang...[±262 kata]

×

×

bagikan

×

1 0 0 0 0 0
1

Ahli Jelaskan Sumur Zamzam Usia 4.000 Tahun Tak Pernah Kering ...

Air zamzam adalah air yang bersumber dari sumur di wilayah Masjidil Haram, Makkah. Beberapa tidak me...[±310 kata]

×

×

bagikan

×

    Tidak Ada/kosong
    kemungkinan belum ada expos, expos telah dihapus maupun kesalahan sistem
×

0 0 0 0 0 0

Video Mesumnya Viral, Mantan Dancer Kecimol dan Kekasihnya Diperiksa Polisi...

Seorang kekasih yang akan melangsungkan pernikahan dalam waktu dekat harus berurusan dengan polisi....[±179 kata]

×

×

bagikan

×

1 0 0 0 0 0
1

LAILATUL QADAR...

SEUNTAI NASIHAT DI AKHIR RAMADHAN Saudara rahimakumullah ketahuilah, 10 hari terakhir Ramadhan adal...[±1480 kata]

×

×

bagikan

×

1 0 0 0 0 0
1

Kisah Arrazi Ahli Medis Penemu Cacar...

Ar-Razi lahir pada tahun 865 M. Selain menyukai musik, dia juga mempelajari alkimia dan filsafat. Na...[±307 kata]

×

×

bagikan

×

1 0 0 0 0 0
1

Alkindi Ilmuan Filsuf Penting di Sejarah Islam...

Al-Kindi adalah anggota dari suku Arab di Kinda, yang berperan penting dalam awal sejarah Islam. Al-...[±282 kata]

×

×

bagikan

×

    Tidak Ada/kosong
    kemungkinan belum ada expos, expos telah dihapus maupun kesalahan sistem
×

0 0 0 0 0 0

Rekomendasi Film Action Terbaik...

Sebagai genre film terbaik,film action adalah genre film yang tak membosankan. Dari tahun ke tahun k...[±178 kata]

×

×

bagikan

×

1 0 0 0 0 0
1

Inilah Sosok yang pernah bakar uang 2 juta dolar ( setara 20 miliar ru...

Raja narkotika Kolombia Pablo Escobar pernah membakar uang lebih dari USD2 juta untuk membuat putrin...[±209 kata]

×

×

bagikan

×

2 0 0 0 0 0
2

Kisah Hikmah Sang kholifah UMAR bin khatab...

Suatu hari, Umar sedang duduk di bawah pohon kurma dekat Masjid Nabawi. Di sekelilingnya, para sahab...[±916 kata]