0%
×

-bahasa-

Selamat datang di POSGAR bagikan dan dapatkan informasi menarik dari netizen oleh netizen dan untuk netizen ;D #demokreasi #infodunia #artikelompok
×

×

  • url:
×

×

×

8 0 0 0 0 0
8
*
8

Bagamana Cara Mengetahui Usia Alam Semesta ?

Dengan mengetahui usia alam semesta, kita bisa "melihat" mundur bagaimana semuanya terbentuk dan berevolusi. Nah, menurut penelitian, alam semesta kita berusia sekitar 13,7 miliar tahun. Namun, penasaran nggak bagaimana para ilmuwan bisa menentukan usia alam semesta?

Setidaknya, kita dan para ilmuwan dapat menentukan usia alam semesta menggunakan dua metode yang berbeda. Pertama, dengan mempelajari benda-benda tertua di alam semesta. Dan kedua, dengan mengukur seberapa cepat alam semesta mengembang.

Secara logika, alam semesta jelas tidak bisa berusia lebih muda dari benda-benda yang terkandung di dalamnya. Jadi,dengan menentukan usia bintang-bintang tertua di alam semesta, para ilmuwan dapat mengetahui "batas" usia alam semesta tempat bintang-bintang itu berada selama ini.

Siklus hidup bintang didasarkan pada massanya. Bintang-bintang yang lebih besar melakukan fusi termonuklir lebih cepat daripada saudara-saudaranya yang massanya lebih rendah.

Misalnya nih, sebuah bintang dengan massa 10 kali lebih besar dari massa Matahari hanya berusia 20 juta tahun saja tuh, sementara bintang dengan setengah massa Matahari mampu bertahan lebih dari 20 miliar tahun!

Massa juga mempengaruhi kecerahan, atau luminositas, dari bintang. Semakin masif sebuah bintang, semakin terang ia menyala.

Lalu, bagaimana dengan bintang-bintang tertua di alam semesta? Dikenal sebagai bintang Populasi III, bintang-bintang pertama ini diketahui berukuran sangat besar dan berumur pendek.

Mereka hanya mengandung hidrogen dan helium, tetapi melalui fusi mereka mulai menciptakan unsur-unsur yang digunakan untuk pembentukan bintang-bintang generasi berikutnya. Para ilmuwan telah berburu jejak bintang-bintang pertama ini selama beberapa dekade terakhir.

Bintang-bintang Populasi III disinyalir merupakan bintang yang membentuk atom berat pertama yang pada akhirnya memungkinkan kita berada di Bumi saat ini, duduk manis atau tiduran sambil membaca artikel ini.

Deteksi debu dan gas di alam semesta awal memberikan informasi baru tentang kapan supernova pertama meledak, yakni saat ketika bintang panas pertama memandikan alam semesta dalam cahayanya. Ledakan bintang pertama ini dikenal sebagai "Fajar Kosmis".

Menentukan waktu dari "Fajar Kosmis" adalah salah satu penelitian astronomi modern, dan itu dapat secara tidak langsung diselidiki melalui studi debu antarbintang awal.

Walau begitu, bintang-bintang awal bukan satu-satunya cara untuk mengetahui "batas" usia alam semesta. Kumpulan bintang yang padat yang dikenal sebagai gugus bola memiliki karakteristik yang serupa. Gugus bola tertua yang diketahui sejauh ini memiliki bintang-bintang dengan usia yang tampaknya antara 11 hingga 18 miliar tahun.

Gap perkiraan usia yang besar ini dikarenakan masih adanya masalah dalam menentukan jarak ke gugus bola itu, yang mempengaruhi perkiraan kecerahan dan massanya. Walau begitu, sama seperti para arkeolog yang menggunakan fosil untuk merekonstruksi sejarah Bumi, para astronom bisa menggunakan gugus bola untuk merekonstruksi sejarah galaksi.

Hanya ada sekitar 150 gugus bola yang dikenal di galaksi Bimasakti, dan masing-masing gugus bola ini adalah "mesin waktu" yang penting dari untuk mengetahui sejarah pembentukan galaksi kita, yang pada akhirnya juga berguna untuk mengetahui usia alam semesta.

Dari penelitian bintang-bintang tertua dan gugus bola ini, didapatlah hasil "batas" usia alam semesta yakni 11 miliar tahun. Perlu dicatat nih bahwa usia itu bisa saja lebih tua, tapi tidak bisa lebih muda.

Alam semesta yang kita huni ini bukan ruang yang tetap dan tidak berubah lho, melainkan merupakan ruang yang terus mengembang. Mengembangnya alam semesta juga terjadi di segala posisi.

Artinya, bila kita di Bimasakti melihat galaksi-galaksi lain menjauhi galaksi kita, maka alien di galaksi Andromeda juga melihat hal serupa. Tidak ada titik spesial di alam semesta.

Sekali tingkat mengembangnya alam semesta ini diketahui, para ilmuwan dapat bekerja mundur untuk menentukan usia alam semesta, seperti polisi yang bisa mengungkap seperti apa kondisi awal yang mengakibatkan kecelakaan lalu lintas terjadi.

Jadi, meneliti dan menemukan tingkat atau laju pengembangan alam semesta, yang dikenal sebagai Konstanta Hubble, adalah koentji.

Nilai Konstanta Hubble sendiri adalah 69 kilometer per detik per Megaparsec. Itu artinya, setiap pertambahan jarak 1 Megaparsec (3,26 juta tahun cahaya, 1 tahun cahaya = 9,4 triliun kilometer), kita bisa mengamati tingkat pengembangan alam semesta bertambah cepat sebanyak 69 kilometer per detik.

Ada sejumlah faktor yang menentukan nilai dari konstanta ini, dengan yang paling kentara adalah jenis materi yang mendominasi alam semesta. Para ilmuwan wajib hukumnya menentukan proporsi materi normal, materi gelap, hingga energi gelap.

Kerapatan alam semesta juga memainkan peran. Alam semesta dengan kerapatan materi yang rendah diperkirakan lebih tua daripada alam semesta yang didominasi materi.

Untuk menentukan kerapatan dan komposisi alam semesta, para ilmuwan mengandalkan misi seperti wahana antariksa Wilkinson Microwave Anisotropy Probe (WMAP) milik NASA serta satelit Planck milik Agensi Antariksa Eropa.

Dengan mengukur radiasi termal yang tersisa dari Big Bang, misi kedua benda buatan manusia tercanggih ini dapat menentukan kerapatan, komposisi, dan laju pengembangan alam semesta. Radiasi yang tersisa dari Big Bang ini dikenal sebagai radiasi latar belakang gelombang mikro kosmis. Baik WMAP maupun Planck telah memetakannya.

Penelitian di tahun 2012, WMAP memperkirakan usia alam semesta adalah 13,772 miliar tahun, dengan ketidakpastian 59 juta tahun. Setahun berikutnya, Planck mengukur usia alam semesta pada angka mencapai 13,82 miliar tahun. Baik hasil penelitian WMAP dan Planck, keduanya telah melampaui "batas" usia 11 miliar tahun yang berasal dari perhitungan bintang-bintang tertua dan gugus bola tadi.

Agar lebih memastikan angka-angka ini. Para astronom melakukan penelitian sekali lagi dengan Teleskop Antariksa Spitzer. Mereka berusaha mempersempit usia alam semesta dengan mengurangi ketidakpastian Konstanta Hubble. Pada akhirnya, didapatkanlah bahwa usia alam semesta kita telah memasuki 13,7 miliar tahun.

Kini, alam semesta kita masih terus mengembang. Belum ada yang tahu pasti tentang bagaimana alam semesta kita berakhir nantinya. Yang jelas, alam semesta sangatlah besar, tak cocok bagi kita untuk menyombongkan diri di planet Bumi yang hanya bagaikan debu di jagad raya. Sumber: Infoastronomy.org
#misteri #sains #bintang #galaksi #meteor #komet #nasa #nebula #planet #universe #mars #bintang #pasir #sand #stars #usialamsemesta

Artikel Fakta Unik Wow Informasi Menarik semesta astronomi Pendidikan
×

  • expos
  • bagikan
  • malsa
  • listHD
  • night
×

bagikan

×

×

bagikan

×

    Tidak Ada/kosong
    kemungkinan belum ada expos, expos telah dihapus maupun kesalahan sistem
×

0 0 0 0 0 0

Cara Resmi Mendapatkan Bantuan Kuota Gratis Agustus 2021

Cara resmi mendapatkan bantuan kuota gratis dari pemerintah untuk pelajar dan tenaga pengajar perlu...[±358 kata]

×

×

bagikan

×

2 0 0 0 0 0
2

Foto Bulan Pertama di Dunia

Sejak dahulu kala, kepala manusia mendongak ke angkasa. Terutama pada musim dingin di belahan bumi u...[±377 kata]

×

×

bagikan

×

2 0 0 0 0 0
2

Menurut Riset Alam Semesta Berbentuk Donat

Dalam sebuah artikel yang baru-baru ini diterbitkan di server prapublikasi arXiv, tim astrofisikawan...[±281 kata]

×

×

bagikan

×

2 0 0 0 0 0
2

Inilah Pulpen elektrik pertama di Dunia

Sebelum munculnya mesin canggih, tato dahulu mengandalkan duri mawar. Website Sinoskin mengungkapkan...[±276 kata]

×

×

bagikan

×

2 0 0 0 0 0
2

Pendaki Menemukan Pedang Kuno Bangsa Viking Berumur 1.200 Tahun

 Menemukan sebuah pedang ketika sedang melakukan pendakian mungkin bukan sesuatu yang anda duga...[±392 kata]

×

×

bagikan

×

2 0 0 0 0 0
2

Tebing Kapur Dipenuhi Jejak Kaki Dinosaurus di Bolivia

Hampir tidak ada yang pernah melihat bentuk asli hewan purba dinosaurus. Meski begitu, Anda masih bi...[±290 kata]

×

×

bagikan

×

2 0 0 0 0 0
2

Universitas Sriwijaya Kampus Terluas di Indonesia

Tahukah kamu, kampus paling luas di Indonesia, bahkan salah satu yang terluas di Asia Tenggara adala...[±147 kata]

×

×

bagikan

×

2 0 0 0 0 0
2

Ternyata, Kartun Popeye Terinspirasi dari Orang Ini

Frank Rocky Fiegel adalah seorang pelaut yang memiliki reputasi tinggi dalam baku hantam, tidak pern...[±228 kata]

×

×

bagikan

×

    Tidak Ada/kosong
    kemungkinan belum ada expos, expos telah dihapus maupun kesalahan sistem
×

0 0 0 0 0 0

Inilah Fungsi Solder Uap Yang Jarang Diketahui

Pernah mendengar solder? solder sendiri merupakan salah satu alat elektronik yang apik yang bisa mem...[±217 kata]

×

×

bagikan

×

    Tidak Ada/kosong
    kemungkinan belum ada expos, expos telah dihapus maupun kesalahan sistem
×

0 0 0 0 0 0

Rekomendasi Game Online Terbaik

Menjadi salah satu game apik yang sering dimainkan oleh orang orang,game online adalah salah satu ga...[±298 kata]

×

×

bagikan

×

4 0 0 0 0 0
4

Monte Kali Gunung Garam di Jerman

Monte Kali adalah tengara (landmark) yang tidak biasa di kota kecil Heringer di bagian timur Hesse,...[±293 kata]

×

×

bagikan

×

3 0 0 0 0 0
3

Masjid Alkhaif Mina Tempat Sholat 70 Nabi

Ternyata di kawasan Mina ada sebuah masjid yang pernah dikunjungi 70 nabi untuk sholat. Namun rupany...[±255 kata]

×

×

bagikan

×

3 0 0 0 0 0
3

Kitsugi seni memperbaiki barang pecah dengan emas dari jepang

Orang jepang mempunyai cara sendiri untuk memperbaiki barang pecah belah yaitu menggunakan cairan em...[±201 kata]

×

×

bagikan

×

4 0 0 0 0 0
4

Di Swiss Ada Bioskop Yang Memiliki Toliet dengan layar sehingga tidak ketinggalan filemnya

Euforia film Avengers: Endgame membuat sebagian besar bioskop saat ini masih dalam keadaan ramai pen...[±245 kata]

×

×

bagikan

×

4 0 0 0 0 0
4

Kapsul Untuk Tidur Tunawisma Di Jerman

Tim desainer dan pengembang yang berbasis di Jerman bernama Ulmer Nest telah menciptakan pod tidur y...[±299 kata]

×

×

bagikan

×

4 0 0 0 0 0
4

Tren Mengecat Anjing di China

Penggemar anjing di Cina sedang keranjingan tren baru: mengecat bulu binatang peliharaan mereka. Cat...[±246 kata]

×

×

bagikan

×

4 0 0 0 0 0
4

Jepang Mengembangkan Rumah Melayang Untuk melindungi Dari Gempa

Jika Anda penyuka film Star Wars atau Star Trek, tentu masih jika kedua film tersebut banyak menyugu...[±226 kata]

×

×

bagikan

×

4 0 0 0 0 0
4

KISAH KETEGUHAN IMAN MASYITAH

Wanita Mulia yang Makamnya Harum Semerbak Sahabat kisah ini sudah hampir dilupakan oleh kalangan umm...[±555 kata]

×

×

bagikan

×

    Tidak Ada/kosong
    kemungkinan belum ada expos, expos telah dihapus maupun kesalahan sistem
×

0 0 0 0 0 0

Bocoran Honda New Vario 160, Benarkah Lebih Powerful ?

Kehadiran all new PCX 160 dengan mesin baru membawa asumsi yang cukup beragam , pasal nya sudah menj...[±478 kata]

×

×

bagikan

×

4 0 0 0 0 0
4

MENGHINDARI GANGGUAN JIN

MENGHINDARI GANGGUAN JIN Jangan menggantung baju di kamar mandi. Setan akan masuk ke dalam baju ter...[±332 kata]

×

×

bagikan

×

    Tidak Ada/kosong
    kemungkinan belum ada expos, expos telah dihapus maupun kesalahan sistem
×

0 0 0 0 0 0

Metode Mendesain serta Menjahit Kebaya

Kebaya modifikasi ialah suatu blus berlengan panjang yang dipakai diluar kain maupun sarung yang men...[±307 kata]

×

×

bagikan

×

4 0 0 0 0 0
4

Ruangan Anti Cerai

Ini adalah ruangan anti cerai yang berada di Rumania, Pasangan yang hendak bercerai akan dikurung se...[±237 kata]