× -bahasa-

×

view_list1.png Portall   view_list1.png Artikel   view_masonry.png Galeri   view_grid.png Cerita   view_list2.png Video  
×
  • url:
×
×
×
10 0 0 0 0 0
10
   ic_mode_light.png

Lonar lake, Danau Yang Terbentuk Akibat Meteor 50.000 Tahun Lalu

India,

Sebuah danau kawah raksasa di India menjadi viral. Danau ini tiba-tiba saja berubah warna menjadi pink.

Namanya adalah Danau Lonar, kawah raksasa ini terbentuk ketika sebuah meteor menabrak bumi sekitar 52.000 tahun yang lalu. Berada di Maharashtra, Distrik Buldhana, Danau Lonar menjadi tujuan wisata yang populer.

Namun danau ini menjadi viral karena berubah warna. Danau air asin ini tadinya berwarna hijau, tapi kini sudah berubah jadi pink.

Sebagai situs geo-heritage nasional, para pejabat dari departemen kehutanan India dan beberapa peneliti bergegas untuk mencari tahu sebabnya.

Rupanya, Danau Lonar tak sekali ini saja berubah warna. Tapi kali ini sungguhlah mencolok. Setelah diteliti, Danau Lonar dalam keadaan sangat basa dengan pH 10,5. Uniknya, tingkat salinitasnya juga tinggi.

"Perkembangbiakan algae khusus di danau mungkin jadi penyebab dari perubahan warna yang mendadak ini," ujar Gajanan Kharat, Anggota Komite Konservasi dan Pengembangan Danau Lonar.

Sebelumnya, Danau Urmia di Iran juga mengalami hal yang sama. Geokimia yang tak biasa ini memungkinkan mikroogranisme tertentu seperti halobacteriacaeae untuk berkembang biak.

Halobacteriacaeae adalah organisme yang berkembang dalam kondisi air sangat asin. Mereka akan menghasilkan pigmen merah yang menyerap sinar matahari dan mengubahnya menjadi energi.

"Ketika mereka berkembang bias dalam jumlah besar, badan air tempat mereka berada mengalami rona merah," jelasnya.

Tak cuma halobacteriacaeae, para ilmuwan juga berhipotesis bahwa perubahan warna mungkin disebabkan oleh mikroalgae tertentu yang dikenal sebagai dunaliella salina. Mikroalgae ini akan meningkat dalam lingkungan sangat asin dan intensitas cahaya tinggi.

Keberadaan mikroalgae juga tak lepas dari aktivitas manusia yang tinggal di sekitar danau. Menurut penelitian yang sudah-sudah, danau ini menjadi tempat pembuangan limbah dan terkena efek pestisida yang digunakan oleh warganya. Caption by Detik Travel

❮ PREVIOUS
NEXT ❯
Artikel Fakta Unik Informasi MenarikMeteor Danau
+
×
  • ic_write_new.png expos
  • ic_share.png rexpos
  • ic_order.png urutan
  • sound.png malsa
  • view_list2.png listHD
  • ic_mode_light.png light
× rexpos
    ic_posgar2.png tg.png wa.png link.png
  • url:
× urutan
ic_write_new.png ic_share.png ic_order.png sound.png view_list2.png ic_mode_light.png ic_other.png
+