0%
×

-bahasa-

Selamat datang di POSGAR.com bagikan dan dapatkan informasi menarik dari netizen untuk netizen dan oleh netizen ;D #demokreasi #infodunia #infosegar #posgar
×

  • url:
×

×

×

2 0 0 0 0 0
2

Objek Wisata Air Terjun Di Garut Yang Jarang Diketahui

Garut, Jawa Barat

Apa sih yang didapatkan dari kunjungan ke air terjun? Rasa damai atau segar sudah pasti didapatkan selama berada di dekat terjunan air. Kalau begitu traveler wajib hukumnya berkunjung ke Garut jika mau mendapatkan kedamaian, pasalnya di kabupaten berjuluk Swiss van Java ini banyak ditemukan air terjun keren

Tidak hanya satu dan dua air terjun yang dimiliki kabupaten Garut, melainkan ada puluhan. Kali ini Kita mencoba untuk “ngepoin” akun instagram Garut Pakidulan atau ternyata dari sana diketahui bahwa daerah ini punya buanyak sekali curug aka air terjun. Yuk ikuti kami mengeksplorasi air terjun di kabupaten Garut.

1. CURUG NYOGONG, KEREN ABIS TRAVELER BAKAL BETAH DATANG KESINI

Sebelum mengeksplorasi satu per satu curug di Garut, kami ingatkan dulu untuk menyiapkan fisik yang prima atau perbekalan yang cukup sebelum berangkat atau jangan sekali-kali nyampah di curug-curug yang indah ini. Curug pertama yang akan kita eksplorasi adalah Curug Nyogong.




Curug dengan debit air yang deras atau suasana lingkungan yang alami ini terletak di desa Makarwangi, kecamatan Cihurip, Garut Selatan. Untuk menuju ke spot di dekat terjunan air, traveler harus menembus hutan atau mendaki perbukitan terjal. Namun pemandangan keren seperti di foto tersebut bakal menjadi suguhan yang sepadan.

2. CURUG SANGHYANG TARAJE, PALING TERKENAL DI GARUT

Curug yang paling fenomenal di Garut adalah Curug Sanghyang Taraje. Curug ini menyimpan cerita legenda yang tersohor dimana warga mempercayai bahwa curug ini adalah lokasi Sangkuriang mengambilkan bintang untuk Dayang Sumbi sekaligus tempat penyimpanan harta karun Sangkuriang.


Wajah curug Sanghyang Taraje sudah pernah menghiasi layar kaya dalam program traveling bertajuk Para Petualang Cantik yang disiarkan oleh salah satu televisi swasta negeri ini. Penasaran dengan lokasinya? Curug Sanghyang Taraje berada di desa Kombongan, kecamatan Pakenjeng.

3. CURUG ARJUNA, ADA KAITANNYA DENGAN PANDAWA?

Curug Arjuna adalah salah satu curug keren yang dimiliki kabupaten Garut. Curug ini berada di wilayah administrasi kecamatan Pamulihan, Garut Selatan. Namanya unik karena diambil dari nama salah satu tokoh pewayangan Pandawa yaitu Arjuna.


Arjuna adalah salah satu anggota Pandawa yang jago memanah dengan wajah yang tampan. Mungkinkah pemberian nama Arjuna pada curug ini merujuk pada lanskap alamnya yang tampan seperti Arjuna?

4. CURUG CIBUNI RACUN, NAMANYA NGERI TAPI TETAP BIKIN HEPI

Nama curug berikutnya cukup membuat traveler mengerenyitkan dahi lantaran terdengar mengerikan. Inilah Curug Cibuni Racun dan Cimandi Racun di desa Jangkurang, kecamatan Leles, kabupaten Garut.


Tenang meski punya nama racun tapi airnya tidak beracun kog. Air yang ada di curug ini berasal dari mata air Cimalagiri di Gunung Mandalawangi. Nama Cibuni Racun sendiri berasal dari cerita legenda dimana di curug ini pernah ada putri cantik jelita yang diracun hingga meninggal.

5. CURUG MALA, MUMPUNG MUSIM HUJAN KUNJUNGI AIR TERJUN INI

Jumlah air terjun di Garut akan bertambah seiring dengan datangnya musim hujan. Hal ini disebabkan air terjun musiman akan mulai dialiri air pada musim ini. Salah satu yang wajib dikunjungi adalah Curug Mala di kecamatan Cisewu, Garut Selatan.


Curug Mala mempunyai karakter berundak-undak dengan ukuran yang tidak terlalu tinggi. Debit airnya akan melimpah pada musim hujan seperti ini sehingga menambah kecantikan sekitar curug. Jangan lupa membawa pulang sampahmu saat berkunjung ke curug Mala.

6. CURUG NGALENG, KEMBARAN CURUG SANGHYANG TARAJE

Curug Sanghyang Taraje ternyata mempunyai kembaran yaitu Curug Ngaleng di kecamatan Cisompet, Garut Selatan. Meski demikian ukuran Curug Ngaleng lebih pendek atau kawasan sekitarnya tidak seluas Sanghyang Taraje.
 

Untuk menuju ke lokasi traveler diharapkan untuk berhati-hati sebab rute yang dilalui mengharuskan traveler untuk menyusuri aliran sungai dengan cara melawan arus. Tidak disarankan datang ke lokasi saat sedang hujan lebat sebab sewaktu-waktu air bisa meluap atau banyak guguran batu dari atas tebing.

7. CURUG CIKANAY, KECIL TAPI TETAP MEMPESONA

Curug satu ini dikepung oleh tebing-tebing tinggi dengan suasana yang sangat asri atau alami. jadi jika kamu mencari tempat melarikan diri untuk meluapkan emosi datang saja ke curug ini atau berteriak sekeras mungkin.


Curug Cikanay memang bukanlah destinasi wisata komersil. Hanya para traveler yang hobi bertualang saja yang sudi datang mengunjungi si cantik dari kecamatan Cisewu, Garut Selatan ini. Meski debit airnya tidak terlalu deras tapi pemandangan sekitarnya tetap mempesona.

8. CURUG CIHANYAWAR, AIR TERJUN DENGAN GUA DI SEBELAHNYA

Curug Cihanyawar layak untuk traveler sambangi jika mau mencari keindahan alam yang kealamiannya masih terjaga. Curug ini berada di kecamatan Talegong, Garut Selatan atau belum banyak traveler yang tahu keberadaannya.


Dari informasi yang di dapat dari Garut Pakidulan, di sebelah kanan air terjun ini terdapat gua yang cukup besar. Namun belum ada satupun petualang yang mengekplorasi gua tersebut atau membuktikan apakah benar-benar gua dan hanya lubang besar akibat longsoran batu.

9. CURUG CIBITUNG, AIR TERJUN DENGAN FORMASI BATUAN UNIK

Curug Cibitung yang secara administratif terletak di kecamatan Cikelet, Garut Selatan ini menjadi salah satu air terjun yang unik. Sebab di sekitar terjunan air terdapat formasi batuan cadas yang memecah aliran air dari curug yang ada di atasnya.

Bebatuan di sekitar air terjun ini ternyata cukup licin untuk dijadikan pijakan sehingga traveler harus ekstra hati-hati jika mau mendekat ke terjunan air. Curug Cibitung terbagi menjadi beberapa tingkat, yang ada di dalam foto di atas adalah bagian yang paling atas.

10. CURUG SALAWE, TINGGI BENER TERJUNAN AIRNYA

Ingin air terjun yang jarang dijamah traveler? Datang saja ke kampung Cipongpok, desa Pengrumasan, kecamatan Peundeuy atau temukan Curug Salawe. Salawe dalam bahasa Indonesia berarti dua puluh lima yang merujuk pada jumlah air terjun yang berada di aliran yang sama dengan Curug Salawe ini.


Curug Salawe adalah air terjun yang letaknya paling atas atau masih ada 24 curug lagi di bawahnya dengan ketinggian bervariasi. Curug Salawe leih tinggi ketimbang Curug Sanghyang Taraje. Belum ada pengukuran resmi tapi warga banyak yang menyebut ketinggian curug ini lebih dari 100 meter.

11. CURUG KONCRANG, SUMBER MATA AIR WARGA SETEMPAT

Curug Koncrang adalah sumber mata air warga di kampung Pencut, desa Pangrumasan, kecamatan Peundeuy, Garut Selatan. Jadi jangan heran jika di lokasi kamu akan menemukan banyak selang-selang warga yang membawa air dari sumber ini menuju ke pemukiman penduduk.


Curug Koncrang mempunyai tiga tingkatan sedangkan foto di atas diambil dari tingkat paling bawah. Fungsinya yang sebagai sumber mata air warga, membuat pengunjung yang datang harus ekstra menjaga kebersihan. Begitu pun saat berkunjung ke curug-curug lainnya.

12. CURUG ERMAT, BUTUH USAHA EKSTRA UNTUK MENEMUKANNYA

Curug Ermat terletak di kampung Saparantu, desa Pangrumasan, kecamatan Peundeuy yang berarti satu kawasan dengan Curug Eule atau bisa traveler sambangi dalam satu waktu. Rute yang diambil juga sama kalau mau ke Curug Eule, setelah sampai di desa Pangrumasan tinggal tanya warga sekitar.

Curug Ermat memiliki suasana yang juga masih alami atau sepi. Tanaman yang tumbuh subur di sekitar air terjun menjadi bukti bahwa tidak banyak manusia yang menjamahi kawasan tersebut. Hanya saja kalau mau ke sana perhatikan kondisi cuaca sebab traveler harus menyeberang sungai Cironggeng dengan tebing yang kadang-kadang menjatuhkan kerikil kecil dari atas.

13. CURUG EULE, KEREN DAN BELUM BANYAK ORANG TAHU

Curug Eule termasuk dalam daftar air terjun yang tidak banyak diketahui traveler jadi suasana alami akan menjadi suguhan utama di tempat ini. Letak curug ini berada di kampung Saparantu, desa Pangrumasan, kecamatan Peundeuy, Garut Selatan.


Curug Eule dibagi menjadi dua tingkat dengan terjunan berbentuk seperti air mengalir menuruni dinding tebing. Dinding tebing ini punya kemiringan sekitar 75 derajat. Untuk sampai ke lokasi traveler harus mengambil rute dari jalan raya Garut Kota-Pameungpeuk menuju ke kecamatan Banjarwangi, Singajaya, Peundeuy. Barulah kemudian lanjutkan perjalanan menuju ke desa Pangrumasan.

14. AIR TERJUN NGALENG, ALAMI DAN MASIH TERSEMBUNYI

Air terjun terbentuk di daerah pegunungan dan di dataran tinggi yang mempunyai aliran sungai dengan kondisi topografi curam penuh dengan patahan. Tak heran jika kebanyakan air terjun di Garut ditemukan di kawasan Garut Selatan yang mempunyai topografi yang sesuai seperti penjelasan di atas.

Salah satu air terjun yang tersembunyi di pedalaman Garut adalah Air Terjun Ngaleng. Bisa dipastikan jika tidak banyak traveler yang mengetahui keberadaan air terjun ini bahkan warga asli Garut sekalipun. Penampakan indah Air Terjun Ngaleng bisa traveler jumpai di kecamatan Cisompet, Garut Selatan. Info lengkap silahkan hubungi pemilik foto di link sumber foto di atas.

15. CURUG OROK, PUNYA KISAH PILU DI MASA LALU

Masih ada di Garut Selatan, kita akan mengeksplorasi Curug Orok sebuah air terjun keren yang punya kisah pilu di masa lalu. Kisah pilu tersebut terkait dengan pemberian nama curug ini, dimana pada zaman dahulu diceritakan ada seorang ibu yang membuang bayinya dari puncak air terjun.

Air terjun yang tinggi menggambarkan ibu bayi sedangkan air terjun yang lebih pendek menggambarkan bayi yang dibuang. Dari sana kemudian air terjun ini diberi nama Curug Orok (air terjun bayi). Curug cantik ini bisa traveler jumpai di desa Cikandang, kecamatan Cikajang, Garut Selatan.

16. CURUG LUHUR, SURGA TERSEMBUNYI DI GARUT

Jika selama ini yang traveler kenal adalah Curug Luhur yang ada di Bandung atau Bogor maka kali ini kami kenalkan Curug Luhur kepunyaan kabupaten Garut. Keindahan Curug Luhur di kecamatan Talegong, Garut Selatan ini tidak kalah dibanding yang lainnya.


Curug Luhur Garut tidak terlalu tinggi tapi punya debit air yang lumayan melimpah. Di bawah terjunan air terdapat kolam alami dengan air berwarna kehijauan. Tempat ini masih cukup tersembunyi dengan indikasi belum ada artikel yang mengulas tentang keberadaannya. Satu-satunya informasi yang bisa traveler temukan hanya di instagram milik Garut Pakidulan.

17. CURUG CIBADAK, AKSESNYA MUDAH NAMUN TETAP NYAMAN DIKUNJUNGI

Curug Cibadak adalah satu dari segelintir air terjun di Garut dengan akses yang mudah untuk dilalui. Tapi kamu tidak perlu khawatir dengan suasana di lokasi. Tidak seperti air terjun lain yang punya akses mudah kemudian banyak dikunjungi traveler yang bikin sumpek.

Curug Cibadak meski lokasinya mudah ditemukan atau dijangkau tapi tidak banyak yang menyadari keberadaannya. Curug ini terletak di kecamatan Cihurip, Garut Selatan. Menurut informasi dari Garut Pakidulan, lokasi curug ini berada tidak jauh dari jalan raya.

Sudah lengkap belum ya daftar di atas? Mengingat alam kabupaten Garut yang begitu luas dengan banyak gunung atau perbukitan sepertinya angka 17 adalah jumlah yang kecil atau mungkin masih banyak curug tersembunyi di Swiss van Java ini. Ayo bantu kami melengkapi daftar curug di Garut, langsung saja berkomentar di bawah ini.


#objek #wisata #garut


Artikelobjek wisata garut
<<
×

×

bagikan ke

×

    Tidak Ada/kosong
    kemungkinan belum ada post, post telah dihapus maupun kesalahan sistem
×

0 0 0 0 0 0

Kaligrafi Berbentuk Buah BuahanKaligrafi Berbentuk Unggas ( burung, Angsa, Elang, Gagak) Kaligrafi Berbentuk Hewan (singa,macan, harimau, kuda,...[±19 kata]

×

×

bagikan ke

×

    Tidak Ada/kosong
    kemungkinan belum ada post, post telah dihapus maupun kesalahan sistem
×

0 0 0 0 0 0

Fitur darkmode digunakan untuk membantu dalam menjaga kesehatan penglihatan pembaca ketika pembaca membaca artikel di ruangan gelap, sehingga dengan a...[±79 kata]

×

×

bagikan ke

×

    Tidak Ada/kosong
    kemungkinan belum ada post, post telah dihapus maupun kesalahan sistem
×

0 0 0 0 0 0

Ada Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) unik di Putrajawa, Kecamatan Selaawi, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Dimana peserta kepala desanya merupakan pasang...[±179 kata]

×

×

bagikan ke

×

    Tidak Ada/kosong
    kemungkinan belum ada post, post telah dihapus maupun kesalahan sistem
×

0 0 0 0 0 0

Ciri ngengat luna adalah sayapnya yang berwarna hijau cerah atau biasa ditemukan berada di padang rumput di benua Amerika Utara.Sama seperti kupu-kupu...[±211 kata]

×

×

bagikan ke

×

    Tidak Ada/kosong
    kemungkinan belum ada post, post telah dihapus maupun kesalahan sistem
×

0 0 0 0 0 0

Bahasa Indonesia diresmikan melalui upacara yang diadakan oleh Fakultas Bahasa atau Terjemah Universitas Al-Azhar minggu lalu.Helmy Fauzy selaku Duta...[±206 kata]

×

×

bagikan ke

×

    Tidak Ada/kosong
    kemungkinan belum ada post, post telah dihapus maupun kesalahan sistem
×

0 0 0 0 0 0

Fenomena langit Jepang pink ini pun lantas viral. Banyak warga yang mengunggah foto-fotonya di Twitter atau menyebutnya "pemandangan indah yang menyem...[±116 kata]

×

×

bagikan ke

×

    Tidak Ada/kosong
    kemungkinan belum ada post, post telah dihapus maupun kesalahan sistem
×

0 0 0 0 0 0

Seperti orang kebanyakan, Tobias terpaksa harus menebus data-data penting miliknya yang disandera oleh hacker tersebut.Akan tetapi tanpa sepengetahuan...[±142 kata]

×

×

bagikan ke

×

    Tidak Ada/kosong
    kemungkinan belum ada post, post telah dihapus maupun kesalahan sistem
×

0 0 0 0 0 0

Sampurasun ! Hari ini 13 Oktober 2019, sedang berlangsung kegiatan ‌perang tomat /Rempug Tarung di Desa Cikidang Kec. Lembang dari pukul 8 pagi s...[±225 kata]

×

×

bagikan ke

×

    Tidak Ada/kosong
    kemungkinan belum ada post, post telah dihapus maupun kesalahan sistem
×

0 0 0 0 0 0

Kata ‘Kamera’ sebenarnya berasal dari bahasa arab yaitu kamrah yang berarti ‘ruangan’. Kamrah yang dirancang oleh Ibnu Al-Hait...[±307 kata]

×

×

bagikan ke

×

    Tidak Ada/kosong
    kemungkinan belum ada post, post telah dihapus maupun kesalahan sistem
×

0 0 0 0 0 0

Kebanyakan tarantula adalah predator penyergap di malam hari yang mengandalkan strategi mengendap-endap untuk menangkap mangsanya. Mereka biasanya tin...[±250 kata]

×

×

bagikan ke

×

    Tidak Ada/kosong
    kemungkinan belum ada post, post telah dihapus maupun kesalahan sistem
×

0 0 0 0 0 0

Hallo morvers, bagi pengguna motor minerva mungkin sudah tidak asing lagi dengan substitusi sparepart kendaraanya ke motor yang lainnya (PNP) karena p...[±677 kata]

×

×

bagikan ke

×

    Tidak Ada/kosong
    kemungkinan belum ada post, post telah dihapus maupun kesalahan sistem
×

0 0 0 0 0 0

Pernah mendengar tentang Mandarin Duck dan bebek Mandarin? Mungkin bagi sebagian orang Indonesia masih merasa asing dengan bebek ini. Belum lama ini M...[±202 kata]

×

×

bagikan ke

×

    Tidak Ada/kosong
    kemungkinan belum ada post, post telah dihapus maupun kesalahan sistem
×

0 0 0 0 0 0

Lalu, daerah mana saja sih yang berkesempatan untuk mengamatinya?Sebelum itu, sudah tahukah kamu apa itu gerhana Matahari cincin? Jadi, tidak cuma ada...[±273 kata]

×

×

bagikan ke

×

    Tidak Ada/kosong
    kemungkinan belum ada post, post telah dihapus maupun kesalahan sistem
×

0 0 0 0 0 0

Di mana kamu akan tinggal? 1. Koloni Mars: Manusia di masa depan akan hidup di habitat bawah tanah / tertutup di berbagai planet / bulan 2. Bishop Ri...[±139 kata]

×

×

bagikan ke

×

    Tidak Ada/kosong
    kemungkinan belum ada post, post telah dihapus maupun kesalahan sistem
×

0 0 0 0 0 0

1. Download lah sebuah file berukuran besar seperti film dengan IDM, lalu ambil screenshot kecepatan dwonload-nya. Gambar screenshot ini nantinya akan...[±128 kata]

×

×

bagikan ke

×

    Tidak Ada/kosong
    kemungkinan belum ada post, post telah dihapus maupun kesalahan sistem
×

0 0 0 0 0 0

Garuda merupakan mahluk mitologi yang berasal dari kebudayaan Hindu.Wujudnya digambarkan seperti manusia burung dengan bulu keemasan atau mahkota dike...[±130 kata]

×

×

bagikan ke

×

    Tidak Ada/kosong
    kemungkinan belum ada post, post telah dihapus maupun kesalahan sistem
×

0 0 0 0 0 0

Pernikahan memang sesuatu yang rumit atau biasanya menghabiskan banyak uang.Namun, tidak untuk pasangan pengantin asal Malaysia ini di mana mereka tet...[±296 kata]

×

×

bagikan ke

×

    Tidak Ada/kosong
    kemungkinan belum ada post, post telah dihapus maupun kesalahan sistem
×

0 0 0 0 0 0

Tahukah Anda, AL-KHAWARIZMISalah satu ilmuwan besar yang terlahir pada masa kegemilangan Islam adalah Muhammad Ibn Musa Al Khawarizmi. Dia berasal dar...[±200 kata]

×

×

bagikan ke

×

    Tidak Ada/kosong
    kemungkinan belum ada post, post telah dihapus maupun kesalahan sistem
×

0 0 0 0 0 0

Hitarth Dholakia (23) namanya. Anak Savji Dholakia, miliarder sekaligus pebisnis berlian asal India. Harta kekayaan keluarganya ditaksir mencapai AS$9...[±566 kata]

×

×

bagikan ke

×

    Tidak Ada/kosong
    kemungkinan belum ada post, post telah dihapus maupun kesalahan sistem
×

0 0 0 0 0 0

Kamu punya mantan yang masih bikin terngiang-ngiang sampai sekarang? Nampaknya kamu perlu terapi ini. Sekarang ada beneran jasa terapi melupakan manta...[±137 kata]

×

×

bagikan ke

×

    Tidak Ada/kosong
    kemungkinan belum ada post, post telah dihapus maupun kesalahan sistem
×

0 0 0 0 0 0

Otoritas Rusia untuk wilayah Chechnya pada Jumat, 23 Agustus 2019, meresmikan sebuah masjid yang diklaim sebagai masjid terbesar di Eropa. M...[±177 kata]

×

×

bagikan ke

×

    Tidak Ada/kosong
    kemungkinan belum ada post, post telah dihapus maupun kesalahan sistem
×

0 0 0 0 0 0

Beras coklat dan brown rice dan beras pecah kulit. Kenapa dinamakan begitu? Karena selain warnanya coklat, proses penggilingan brown rice (dari padi m...[±423 kata]