× -bahasa-
sound.png[klik to on/off Audio] buat portalmu dan expos karya raya mu ke seluruh dunia! #karyaraya [Klik to Login or Register]
×

view_list1.png Portall   view_list1.png Artikel   view_masonry.png Galeri   view_grid.png Cerita   view_list2.png Video  
×
  • url:
×
×
×
7 0 0 0 0 0
7
   ic_mode_light.png

12 Jenis Monstera Yang Sedang Viral

Jenis monstera alias tanaman bunga janda bolong yang memiliki daun unik dan cantik untuk memperindah hunian. Tak heran harganya fantastis!

Monstera alias janda bolong merupakan jenis tanaman hias tropis yang sering digunakan sebagai hiasan interior rumah bergaya Skandinavia atau minimalis.

Keunikan tanaman ini adalah memiliki daun mengilap lebar berwarna hijau pekat berpola seperti bentuk hati. Selain itu, yang membuat tanaman ini semakin mahal adalah lubang atau belahan pada daun menjadi ciri khas monstera.

Lubang-lubang ini terbentuk karena adanya mutasi gen pada tanaman, sehingga monstera tumbuh secara abnormal.

Jenis Tanaman Bunga Monstera/Janda Bolong

Monstera termasuk kedalam jenis tumbuhan merambat, akar pada batangnya memungkinkan tumbuhan ini untuk menempel pada pohon disekitarnya. Sejauh ini telah ditemukan sekitar 45 varietas monstera, beberapa diantaranya memiliki nilai jual tinggi.

Berikut ini jenis-jenis janda bolong yang cocok dijadikan hiasan rumah atau menambah koleksi tanaman hias kamu:


1. Monstera Adansonii



Salah satu varietas tumbuhan paling unik adalah Monstera Adansonii atau biasa dikenal juga dengan sebutan monstera topeng monyet. Adansonii merupakan tanaman merambat yang dapat tumbuh mencapai 6 meter.

Untuk perawatanya, hindari tumbuhan pada kondisi lingkungan berangin atau terlalu kering. Jenis ini juga tidak terlalu menyukai terpaan matahari langsung.

Kamu bisa menyimpan Adansonii di luar ruangan yang tertutupi kanopi. Menyemprotkan uap air juga dapat membantu daun cepat berkembang.


2. Monstera Borsigiana



Monstera Borsigiana adalah jenis yang paling banyak digunakan sebagai hiasan dan mungkin sering kamu temui di sebuah hunian.

Janda bolong jenis ini memiliki lubang yang lebih sedikit. Ukuran batangnya juga lebih kecil dan berbentuk bulat. Ia sangat memungkinkan untuk diletakkan di dalam pot tanaman.

Satu lagi yang perlu diingat, hindari tanaman dengan paparan sinar matahari langsung, kamu bisa meletakkannya sebagai dekorasi area indoor.


3. Monstera Deliciosa Variegata



Dibandingkan dengan jenis monstera lainnya. Varietas deliciosa merupakan tanaman yang mudah kamu temui di pasaran.

Jika deliciosa umumnya berwarna hijau, jenis yang satu ini justru memiliki penampakan daun berwarna putih mencolok.

Warna ini membuat tanamanan agak sulit menyerap sinar matahari sehingga hindari menyimpannya di ruangan gelap atau kurang cahaya matahari.

Untuk perawatannya, tidak berbeda dengan monstera deliciosa normalnya. Yaitu siram tanaman ketika kering dan beri dukungan tempat atau objek agar tumbuh ke atas dengan cantik.


4. Monstera Karstenianum



Ingin menggunakan Monster sebagai dekorasi meja, jenis ini mungkin akan kamu sukai. Monstera karstenianum atau bisa juga dikenal sebagai monstera Peru sekilas terlihat seperti daun sirih.

Tetapi jangan salah Toppers, rupanya ini adalah salah satu tanaman hias unik yang harganya sedikit lebih murah dibandingkan jenis lainnya.

Monstera Peru terbiasa hidup di lingkungan dengan kelembaban tinggi, oleh sebab itu sangat penting untuk rutin menyemprot daun secara teratur.


5. Monstera Obliqua



Masih satu jenis dengan Monstera adansonii, obliqua merupakan versi unik dan termasuk langka dipasaran.

Memiliki bentuk daun menyerupai Monstera adansonii, obliqua mempunya daun dengan lubang sangat besar dan disatukan dengan filamen kecil. Batangnya sangat tipis membuat tanaman ini hampir mustahil untuk di kirim.

Itu sebabnya kamu tidak akan menemukan jenis tanaman ini secara online. Fakta lainnya yang membuat tanaman ini spesial adalah hanya ada 17 spesimen liar bunga monstera obliqua yang pernah ditemukan!

Biar tumbuhan jadi subur, gunakan dan campurka Pupuk Organik ke dalam lahan tanaman yang akan diolah.


6. Monstera Acuminata



Monstera acuminata tumbuh secara horizontal dan berkecambah di atas tanah. Saat masih muda daun acuminata memiliki bentuk bundar seperti hati dengan daun tebal dan berukuran kecil.

Sedangkan pada saat tua, daun acuminata nampak seperti deliciosa. Tumbuhan rambat ini menggunakan akar penahan ageotropic, batang pohonnya dapat tumbuh hingga 20 meter.


7. Monstera Minima



Si mungil hijau yang cantik ini memang terlihat seperti miniatur monstera. Tanaman hias ini meskipun bentuknya menyerupai tetapi sebenarnya termasuk jenis Rhaphidophora tetrasperma.

Di alam liar, Monstera minima dapat tumbuh pesat hingga ketinggian lima meter. Merawat tanaman ini sangat mudah karena mereka kuat hidup di berbagai kondisi.

Agar mendapati daun yang cantik sebaiknya letakan Monstera minima ditempat lembap atau di jendela rumah kamu.


8. Monstera Dubia



Monstera langka lainnya yang mungkin bisa menjadi koleksi menarik tanaman hias kamu adalah Monstera dubia.

Sekilas tanaman ini mirip seperti Satin photos, memiliki penampilan daun yang lebar dengan batang yang menempel kokoh di pohon lainnya melindungi daun daun dari terpaan angin kencang.

Saat masih muda bentuk daun terlihat utuh, akan tetapi ketika sudah tua Monstera obliqua akan berkembang lebih besar dan membelah.


9. Monstera Standleyana



Jika biasanya kita menemukan lubang pada daun Monstera, jenis yang satu ini memang tampak seperti Satin photos tanpa bolong. Daun ini juga lebih murah dibandingkan dengan monstera lainnya.

Tetapi jika kamu suka dengan warna daun keperakan yang mencolok ini sebaiknya rawat dengan benar. Monstera Standleyana rentan dihinggapi kutu putih.


10. Monstera Epipremnoides



Karena memiliki bentuk daun yang besar dengan rongga menyerupai keju swiss, Monstera epipremnoides juga dikenal dengan sebutan Swiss Chesee Plant.

Bukan termasuk jenis monstera langka, tanaman ini dapat kamu jumpai di pasaran dengan mudah. Saat memasuki usia tua, lubang daun mulai menghilang dan berubah menghasilkan bentuk daun yang menyirip.

Tumbuhan ini dapat berkembang hingga setinggi 13 kaki atau sekitar tiga meter.


11. Monstera Punctulata



Spesies tanaman ini mudah ditemukan di Amerika Tengah dan bagian selatan Meksiko. Tanaman ini memiliki batang muda berbentuk pipih yang saat tua berubah kecokelatan.

Monstera punctulata dapat tumbuh hingga 15 meter di alam liar. Kamu dapat membuat taman kamu terlihat hijau dan rimbun.

Monstera menyukai tempat yang lembap dengan keadaan tanah kering. Pastikan untuk menjauhi tanaman ini dari sinar matahari langsung. Semprot daun dengan air secukupnya agar menghasilkan tampilan yang cantik. sumber tokopedia.


12. Monstera philodendron selloum



Jenis montera ini biasa ditemukan di tempat terbuka dengan bentuk yang mirip dengan jari dengan daun bergelombang.


Demikian jenis jenis monstera yang sedang viral belakangan ini, bagi para prnyuka tanaman hias mungkin tanaman ini menjadi wajib dimiliki, jika ada yang kurang bisa ditambahkan di kolom komentar.
kalian sudah punya yang mana ?

❮ PREVIOUS
NEXT ❯
ArtikelinfoduniaViralflora Fakta UnikWowInformasi MenarikFlora dan Fauna
+
×
  • ic_write_new.png expos
  • ic_share.png rexpos
  • ic_order.png urutan
  • sound.png malsa
  • view_list2.png listHD
  • ic_mode_light.png light
× rexpos
    ic_posgar2.png tg.png wa.png link.png
  • url:
× urutan
ic_write_new.png ic_share.png ic_order.png sound.png view_list2.png ic_mode_light.png ic_other.png
+