× -bahasa-

×

view_list1.png Portall   view_list1.png Artikel   view_masonry.png Galeri   view_grid.png Cerita   view_list2.png Video  
×
  • url:
×
×
×
8 0 0 0 0 0
8
   ic_mode_light.png

CARA MEMBUAT MUTASI DAUN MONSTERA VARIGATA SELAMANYA.


Belakangan ini viral monstera varigata yang harganya fantastis, sehingga mulai banyak yang mencari tanaman monstera atau janda bolong ini. jenis yang harganya fantastis yaitu monstera jenis varigata, karena bentuk daunnya yang unik juga warnanya yang unik, tidak mudah menemukan monstera jenis varigata ini, jenis tumbuhan varigata terbentuk secara alami, namun apakah bisa di buat mutasi pada daun tumbuhan menjadi jenis varigata ?
Variagata adalah cacat pada tanaman yang berupa belang putih / kuning pada tanaman. Belang-belang ini terjadi karena mutasi genetik di mana tanaman gagal membentuk pigmen. Tanaman hias yang mengalami variagata memiliki nilai jual yang lebih tinggi daripada tanaman normal.
Variagata bisa terjadi secara alami dan bersifat permanen atau bisa dibuat dengan melakukan treatment hormon/ZPT (zat pengatur tumbuh) tanaman. Variagata yang dibuat dengan perlakuan hormon bisa bersifat temporer (sementara) dan bisa juga bersifat permanen.
Beberapa hormon yang digunakan untuk membuat tanaman variagata adalah hormon strepson, colchicine, 2.4-D dan streptomycin (antibiotik).
Cara aplikasinya adalah dengan menyemprotkan hormon tanaman atau kombinasi beberapa hormon tanaman pada daun dengan dosis tertentu. Interval penyemprotan bisa setiap hari hingga tiga hari sekali hingga terbentuk daun variagata.
Perlakuan hormon bisa menggunakan hormon tunggal, yaitu: strepson, colchocine atau 2.4-D. Sedangkan kombinasi hormon yang biasa digunakan untuk membuat tanaman variagata adalah colchicine, 2.4-D dan streptomycin. Belum ada dosis dan konsentrasi yang baku untuk membuat tanaman variagata. Pekebun biasa membuat percobaan sendiri dan mencoba-coba beberapa dosis/konsentrasi hingga diperoleh dosis dan konsentrasi yang tepat. Setiap tanaman mungkin juga membutuhkan dosis dan perlakuan yang berbeda-beda.
Obat tanaman yang bisa membuat daun varigata :
1. Hormon Strepson
2. Hormon 2.4-D
3. Colchocine
4. Roundup
Tertarik membuat tanaman varigata? Silakan mencoba.

❮ PREVIOUS
NEXT ❯
ArtikelinfoduniaLife HackTutorialTrik dan tipsmonstera tanaman varigata Flora dan FaunaFakta UnikInformasi MenarikWow
+
×
  • ic_write_new.png expos
  • ic_share.png rexpos
  • ic_order.png urutan
  • sound.png malsa
  • view_list2.png listHD
  • ic_mode_light.png light
× rexpos
    ic_posgar2.png tg.png wa.png link.png
  • url:
× urutan
ic_write_new.png ic_share.png ic_order.png sound.png view_list2.png ic_mode_light.png ic_other.png
+