× -bahasa-
sound.png[klik to on/off Audio] buat portalmu dan expos karya raya mu ke seluruh dunia! #karyaraya [Klik to Login or Register]
×

view_list1.png Portall   view_list1.png Artikel   view_masonry.png Galeri   view_grid.png Cerita   view_list2.png Video  
×
  • url:
×
×
×
7 0 0 0 0 0
7
   ic_mode_light.png

20 Jenis Ikan Cupang yang sedang Viral dan banyak diburu

Bagi Anda yang sedang mencari hewan peliharaan, mungkin ikan cupang bisa menjadi solusinya. Ikan yang satu ini sangat mudah dipelihara, lho. Selain dapat dijadikan hobi, memelihara ikan juga dapat membantu Anda menghilangkan stress. Nah, jika tertartik untuk membeli ikan cupang, yuk simak dulu artikel berikut ini untuk mengetahui 20 jenis ikan cupang yang bisa Anda dapatkan di pasaran.


1. Halfmoon yang Cantik




Sesuai dengan namanya, ciri khas ikan cupang yang satu ini memiliki sirip dan ekor yang seolah-olah menyatu dan membentuk setengah lingkaran. Sangat indah, bukan?



2. Crown Tail atau Cupang Serit


Selain cupang Halfmoon, cupang Crown Tail ini juga memiliki ciri khas yang sesuai dengan namanya. Dinamakan Crown Tail atau ‘ekor mahkota’ karena ekornya yang akan membentuk seperti mahkota ketika dibalik. Ikan yang satu ini juga tergolong jenis ikan cupang yang mahal karena cukup langka di pasaran.



3. Double Tail, Jenis Ikan Cupang yang Langka


Cupang Double Tail yang ekornya bercabang dua ini sangat indah karena siripnya yang lebar. Tapi, ikan ini terkenal sulit dikembangkan, Ruppers. Hal itulah yang membuatnya langka.



4. Jenis Ikan Cupang HMPK

Nama ikan cupang ini sendiri berasal dari singkatan hasil perkembangbiakan antara cupang Halfmoon dan Plakat. Ikan ini termasuk dalam jenis ikan cupang aduan dan hias.



5. Jenis Ikan Cupang Sawah


Ikan yang satu ini termasuk dalam jenis ikan liar. Karena jauh dari jangkauan manusia itulah, harga Cupang Sawah tergolong mahal, Ruppers. Jika semakin bagus dan besar, harganya juga otomatis semakin mahal.



6. Paradise (Marcopodus opercularis)


Cupang Paradise banyak ditemukan di daerah persungaian Sumatra, Kalimantan, dan juga Sulawesi. Ciri khas dari ikan ini adalah ekornya yang bercabang.



7. Si Lincah Sarawak

Cupang Sarawak adalah jenis yang mudah beradaptasi degan alam. Bahkan, ia dapat hidup pada air bertekanan tinggi. Keren, ya!



8. Jenis Ikan Cupang Fancy


Cupang Fancy terkenal memiliki warna yang cantik. Anda lihat saja kombinasi warna pada tubuh, sirip, dan ekornya. Cocok nih sebagai jenis ikan cupang hias.



9. Jenis Ikan Cupang Surga


Jenis Cupang Surga banyak terdapat di Asia Tenggara seperti beberapa daerah di Indonesia yaitu Sumatra, Jawa, dan Bali. Ikan ini termasuk cupang liar yang saat ini sudah semakin sulit ditemukan sehingga harganya tergolong mahal.



10. Jenis Ikan Cupang Emas

Seperti namanya, cupang Emas yang memiliki nama lain Betta unimaculata ini memiliki warna kuning keemas-emasan. Ikan ini banyak ditemukan di sawah, sungai, dan rawa.



11. Veil Tail yang Ekornya Menawan

Coba Anda perhatikan ekor ikan cupang yang satu ini. Menarik, bukan? Ekor cupang Veil Tail memang terkenal menawan. Tertarik untuk memeliharanya di rumah?



12. Coccina atau Cupang Belgi Bangkok


Cupang Coccina atau yang memiliki nama lain cupang Belgi Bangkok ini memiliki bentuk tubuh yang khas dan warna yang menarik. Warna merah dari ikan ini pasti dapat membuat tampilan ruangan semakin menarik!



13. Si Cantik Ikan Cupang Slayer


Cupang yang satu ini sering menjadi favorit banyak orang. Bagaimana tidak? Bentuk ekor dan sirip dari cupang Slayer sangat indah. Warna terang pada tubuhnya juga membuatnya semakin menarik.



14. Jenis Ikan Cupang Plakat

Cupang Plakat terkenal sebagai jenis ikan cupang aduan. Namun, warnanya yang cantik membuat banyak orang juga memelihara ikan ini sebagai ikan hias. Ciri khas dari jenis cupang ini terletak pada motif siripnya yang tegas.



15. Spade Tail yang Berekor Lancip


Dari melihat gambarnya saja, pasti Anda bisa melihat keunikan dari ikan cupang Spade Tail. Ya! Ekornya melancip, berbeda dengan jenis lainnya. Namun sayangnya, ikan ini tergolong langka, Ruppers.



16. Halfsun, Si Hasil Kawin Silang

Cupang Halfsun merupakan hasil perkawinan silang antara cupang Halfmoon dan Crown Tail. Disebut Halfsun karena sirip dan ekornya mirip dengan bentuk matahari.



17. Over Halfmoon


Jika Cupang Halfmoon dapat membentangkan ekornya menjadi bentuk setengah lingkaran, Jenis Over Halfmoon ini dapat membentangkan ekornya melebihi setengah lingkaran. Cantik, ya?



18. Dumbo atau Big Ear


Ikan cupang Dumbo ini sering disebut cupang Big Ear karena sirip telinganya yang sangat lebar seperti sayap. Persis seperti karakter kartun Dumbo, Ruppers!



19. Snakehead (Betta channoides)


Siapa sangka, ikan cupang liar yang satu ini ternyata asli Indonesia, lho. Dilansir dari goodnewsfromindonesia.id, cupang Snakehead adalah ikan cupang endemik yang hanya ada di Sungai Mahakam, Kalimantan Timur.



20. Jenis Ikan Cupang Giant


Sesuai namanya, cupang Giant yang berhasil dikembangbiakan breeder dari Thailand ini memiliki ukuran terbesar yaitu mencapai 12 cm. Namun, karena tubuhnya yang besar itulah ikan ini tidak selincah cupang kebanyakan.

Nah Ruppers, setelah melihat jenis-jenis ikan cupang dan gambarnya jenis manakah yang paling tertartik untuk Anda pelihara? Jangan lupa sebelum membeli ikan, perhatikan dengan benar dulu jenis-jenis ikan cupang dan ciri-cirinya agar bisa membeli yang sesuai kebutuhan.

Juga, siapkan kebutuhan hewan peliharaan ini seperti akuarium ataupun juga makanan ikan. Ini dia beberapa rekomendasi produknya:


Akuarium Khusus Ikan Cupang

Ukuran ikan cupang yang kecil tentunya akan cukup jika menggunakan akuarium kecil. Jadi, Anda pun tidak perlu repot mencari tempat untuk meletakkan akuarium. Ukuran akuarium yang kecil ditambah jenis cupang yang cantik, pasti cocok untuk dijadikan dekorasi meja di rumah.


Dekorasi Akuarium

Jika Anda menggunakan ukuran akuarium yang cukup besar untuk memelihara ikan cupang di rumah, mungkin dekorasi akuarium bisa Anda tambahkan di dalamnya agar tidak terkesan kosong. Kecantikan ikan cupang pun akan sangat cocok dengan hiasan yang cantik pula.


Makanan Ikan

Terakhir, jangan lupa berikan gizi yang cukup ikan cupang peliharaan Anda. Miliki makanan ikan dengan kandungan yang sesuai untuk mereka sehingga dapat tumbuh dan berkembang menjadi lebih cantik serta kuat. artikel : ruparupa

❮ PREVIOUS
NEXT ❯
ArtikelinfoduniaFakta UnikWowInformasi MenarikViralikan
+
×
  • ic_write_new.png expos
  • ic_share.png rexpos
  • ic_order.png urutan
  • sound.png malsa
  • view_list2.png listHD
  • ic_mode_light.png light
× rexpos
    ic_posgar2.png tg.png wa.png link.png
  • url:
× urutan
ic_write_new.png ic_share.png ic_order.png sound.png view_list2.png ic_mode_light.png ic_other.png
+