× -bahasa-

×

view_list1.png Portall   view_list1.png Artikel   view_masonry.png Galeri   view_grid.png Cerita   view_list2.png Video  
×
  • url:
×
×
×
6 0 0 0 0 0
6
   ic_mode_light.png

Capung ahli bercinta sambil terbang

Secara morfologi, capung sudah menakjubkan sejak masih berbentuk larva, karena sesungguhnya dia sudah menjadi predator ketika masih menjadi larva. Sebagai predator, larva capung memiliki kemampuan menangkap mangsa yang mengesankan dengan bentuk tubuh yang dia miliki. Di dalam air, dia biasa memakan plankton, ikan kecil, dan binatang-binatang air kecil lainnya.

Ketika sudah menjadi capung dewasa, dia juga memiliki sayap yang unik, berbentuk seperti jala. Capung memiliki sayap yang super tipis dan tidak rata serta memiliki tekukan-tekukan yang akan mencegahnya melengkung. Tekukan-tekukan itu ternyata berfungsi agar capung memiliki daya angkat yang lebih besar.

Udara akan bersirkulasi dalam rongga di antara tekukan-tekukan itu. Hal itu akan menciptakan area yang sangat rendah daya penahannya, sehingga memperlancar aliran udara yang menghasilkan daya angkat di sepanjang sayap itu. Dengan bentuk sayap seperti itu, capung bisa terbang melayang selama 30 detik tanpa kehilangan ketinggiannya secara signifikan.

Hal lain dari capung yang menakjubkan adalah cara dia kawin. Proses perkawinan capung dilakukan dalam keadaan terbang selama berjam-jam di udara. Baru setelah kawin, mereka akan hinggap untuk meletakkan telur yang jumlahnya bisa mencapai 1.500 butir.

Tapi itu belum selesai, meski proses pembuahan sudah selesai, namun capung jantan akan tetap mencengkeram leher si betina. Alasannya, jika si pejantan meninggalkan pasangannya, capung jantan lain bisa datang untuk memaksa si betina kawin lagi. Jika sudah seperti itu, sperma yang sudah dibuahkan akan dikeluarkan paksa oleh pejantan baru untuk dimasuki sperma baru miliknya.

❮ PREVIOUS
NEXT ❯
ArtikelinfoduniaFakta UnikWowInformasi Menarik
+
×
  • ic_write_new.png expos
  • ic_share.png rexpos
  • ic_order.png urutan
  • sound.png malsa
  • view_list2.png listHD
  • ic_mode_light.png light
× rexpos
    ic_posgar2.png tg.png wa.png link.png
  • url:
× urutan
ic_write_new.png ic_share.png ic_order.png sound.png view_list2.png ic_mode_light.png ic_other.png
+