× -bahasa-

×

view_list1.png Portall   view_list1.png Artikel   view_masonry.png Galeri   view_grid.png Cerita   view_list2.png Video  
×
  • url:
×
×
×
6 0 0 0 0 0
6
   ic_mode_light.png

Nokia 9000 Communicaton, Ponsel dengan Internet Pertama di Dunia

Kilas balik ke 1996, di mana internet masih menjadi hal "langka". Nokia 9000 Communicator memiliki kemampuan mengirim email dan menjelajah dunia maya (browsing), secara mobile.
Perangkat ini menjadi salah satu paling awal yang dapat kita gambarkan hari ini sebagai smartphone. Tentu saja, saat itu tidak disebut sebagai "smartphone". Sebaliknya, digambarkan sebagai "PC berjalan", tidak bisa disebut PC "saku" karena bobotnya yang hampir 400 gram.

Bisa dikatakan sebagai PC karena telah menjalankan sistem operasi berbasis DOS pada Intel 386. CPU ini pertama kali diperkenalkan pada 1985 dan membawa arsitektur x86 ke era 32-bit. Meskipun sudah berusia lebih dari satu dekade pada saat Communicator tiba, masih cukup mengesankan untuk melihatnya berjalan pada 24 MHz dengan menggunakan daya baterai.

Bukan berarti perangkat lunak tersebut memanfaatkan kemampuan 32-bit. PEN / GEOS 3.0 didasarkan pada GEOS 16-bit - sistem operasi awal dengan antarmuka grafis yang berfungsi sebaik mungkin, agar terlihat seperti Windows 95 saat dijalankan di komputer.

Saat berjalan di Nokia 9000 Communicator, menggunakan UI yang sama sekali berbeda. Ini sebagian besar karena dibatasi oleh LCD 640 x 200 px, yang hanya dapat menampilkan skala abu-abu.
Ponsel ini memiliki desain seperti laptop dengan layar besar dan keyboard QWERTY di bagian dalam. Di luar ada layar kecil dan keypad. Lubang suara dan corong berada di “belakang”, jadi Anda akan berbicara dengan layar dan keypad menghadap jauh dari Anda.

Menariknya, kedua bagian itu cukup terpisah satu sama lain. Anda dapat menghidupkan dan mematikan telepon tanpa mempengaruhi setengah "PC". Meski memiliki koneksi di antara mereka, memungkinkan Anda mengetik SMS atau mengedit informasi kontak menggunakan keyboard. Suara

❮ PREVIOUS
NEXT ❯
ArtikelinfoduniaTeknologiITFakta UnikWow
+
×
  • ic_write_new.png expos
  • ic_share.png rexpos
  • ic_order.png urutan
  • sound.png malsa
  • view_list2.png listHD
  • ic_mode_light.png light
× rexpos
    ic_posgar2.png tg.png wa.png link.png
  • url:
× urutan
ic_write_new.png ic_share.png ic_order.png sound.png view_list2.png ic_mode_light.png ic_other.png
+