× -bahasa-

×

view_list1.png Portall   view_list1.png Artikel   view_masonry.png Galeri   view_grid.png Cerita   view_list2.png Video  
×
  • url:
×
×
×
7 0 0 0 0 0
7
   ic_mode_light.png

Tank Harimau Hitam, kendaraan lapis baja terbaru hasil karya anak bangsa.

Tank Harimau Hitam, kendaraan lapis baja terbaru hasil karya anak bangsa.

Nantinya, keberadaan Tank Harimau Hitam akan digunakan untuk memperkuat alutsista militer TNI. Khususnya satuan matra darat sebagai pelengkap dan pelindung pasukan infanteri. Menggunakan kelir hijau kehitaman ala pasukan Angkatan Darat Indonesia.

Keberadaan Tank Harimau Hitam sejatinya merupakan sebuah proyek besar antar dua negara. Indonesia yang diwakili oleh PT Pindad dengan industri pertahanan Turki, FNSS Savunma Sistemleri. Ada dua buah varian yang berhasil dibuat. Yakni Kaplan MT (versi Turki) dan Harimau Hitam (versi Indonesia). Dilansir dari cnnindonesia, perjanjian kerjasama proyek ini sendiri memakan dana sebesar USD 30 juta.

Dilansir dari fnss, tank Harimau Hitam dilengkapi dengan spesifikasi yang cocok untuk medan Indonesia. Menggunakan mesin diessel dengan transmisi fully automatic, kendaraan lapis baja ini diawaki oleh tiga orang petugas yakni komandan, driver dan penembak (loader). Untuk persenjataan, Harimau Hitam menggunakan meriam CMI Cockeril 3105 yang terintegrasi dengan Senapan mesin coaxial kaliber 7.62mm. Mesin yang digunakan berkecepatan 70 km/h dan berdaya jangkau hingga 450 km.

Selain untuk memperkuat pasukan, tank kelas medium ini digunakan untuk menggantikan kendaraan lapis baja yang sudah berusia tua. Saat ini, korps kavaleri TNI AD hanya mengandalkan tank ringan AMX-13 buatan Prancis sejak 1960-an. Dengan bobot 13,9 ton, tank ringan tersebut telah mengalami upgrade dari sisi persenjataan. Sebelumnya, TNI AD juga menggunakan tank ringan Alvis Scorpion buatan Inggris sejak 1955.

Dilansir dari armyt-technology, tank Harimau Hitam telah dilengkapi sejumlah proteksi canggih sebagai pelindung pasukan. Di antaranya adalah STANAG 4569 Level 4 dari tembakan peluru balistik berproyektil 14.5mm dan STANAG 4569 Level 5 untuk bertahan dari serangan peluru kaliber 25mm yang menggunakan teknologi penembus lapis baja (armour piercing discarding sabot-tracer). Tank ini juga dilengkapi dengan mode anti radiasi nuklir ( a chemical, biological, radiological and nuclear (CBRN) protection system), pemindai laser dan granat asap untuk kondisi darurat. Boombastis

❮ PREVIOUS
NEXT ❯
ArtikelinfoduniaFakta UnikWowInformasi MenarikTeknologiITOtomotifMobilViral
+
×
  • ic_write_new.png expos
  • ic_share.png rexpos
  • ic_order.png urutan
  • sound.png malsa
  • view_list2.png listHD
  • ic_mode_light.png light
× rexpos
    ic_posgar2.png tg.png wa.png link.png
  • url:
× urutan
ic_write_new.png ic_share.png ic_order.png sound.png view_list2.png ic_mode_light.png ic_other.png
+