× -bahasa-

×

view_list1.png Portall   view_list1.png Artikel   view_masonry.png Galeri   view_grid.png Cerita   view_list2.png Video  
×
  • url:
×
×
×
5 0 0 0 0 0
5
   ic_mode_light.png

4 Efek buruk dari tidur setelah sahur bagi kesehatan

Kebanyakan orang kerap tidur setelah sahur. Padahal kebiasaan tidur setelah makan memberi efek buruk bagi kesehatan. Apa saja? Simak selengkapnya seperti yang dilansir dari Live Strong berikut ini.

Peningkatan berat badan
Tidak peduli berapa banyak makanan yang dimakan, berat badan bisa membengkak setelah Anda tidur setelah sahur. Sebab tubuh tidak punya kesempatan untuk membakar kalori dari makanan yang dikonsumsi.

Heartburn
Heartburn adalah sensasi terbakar yang menyakitkan di sekitar ulu hati hingga kerongkongan akibat refluks asam lambung. Ketika berbaring setelah makan, sistem pencernaan memang bekerja terlalu keras sehingga meningkatkan risiko refluks asam lambung yang bisa naik dari lambung sampai ke kerongkongan. Tidur setelah sahur biasanya kurang nyenyak dan sering bermimpi buruk.

Refluks asam
Refluks asam terjadi ketika katup antara perut dan esofagus tidak tertutup secara sempurna. Hal tersebut bisa terjadi ketika tubuh sedang berbaring. Akibatnya, asam dari lambung naik ke tenggorokan. Kondisi ini tentu membahayakan, terutama bagi penderita maag.

Stroke
Efek buruk berikutnya dari tidur setelah makan sahur adalah meningkatkan risiko stoke. Menurut sebuah penelitian, kondisi refluks asam memicu apnea tidur yang berkaitan dengan stroke. Sementara teori lain mengatakan kalau sistem pencernaan yang tak lancar memengaruhi kinerja tekanan darah dan kadar gula yang meningkatkan risiko stroke.

Itulah berbagai efek buruk dari tidur setelah sahur bagi kesehatan. Masih mau tidur setelah sahur?

❮ PREVIOUS
NEXT ❯
Artikelinfodunia
+
×
  • ic_write_new.png expos
  • ic_share.png rexpos
  • ic_order.png urutan
  • sound.png malsa
  • view_masonry.png grid
  • ic_mode_light.png light
× rexpos
    ic_posgar2.png tg.png wa.png link.png
  • url:
× urutan
ic_write_new.png ic_share.png ic_order.png sound.png view_grid.png ic_mode_light.png ic_other.png
+