× -bahasa-
sound.png[klik to on/off Audio] buat portalmu dan expos karya raya mu ke seluruh dunia! #karyaraya [Klik to Login or Register]
×

view_list1.png Portall   view_list1.png Artikel   view_masonry.png Galeri   view_grid.png Cerita   view_list2.png Video  
×
  • ic_write_new.png expos
  • ic_share.png rexpos
  • ic_order.png urutan
  • sound.png malsa
  • view_list2.png listHD
  • ic_mode_light.png light
× rexpos
    ic_posgar2.png tg.png wa.png link.png
  • url:
× urutan
ic_write_new.png ic_share.png ic_order.png sound.png view_list2.png ic_mode_light.png ic_other.png
×
  • url:
×
×
×
8 0 0 0 0 0
8
   ic_mode_light.png

Fakta Palung Terdalam Dunia Tembus Bumi 10 Kilometer

Palung Mariana di lautan Pasifik bagian selatan adalah palung terdalam di muka Bumi. Dengan demikian, palung Mariana juga titik paling menghujam di dunia ini.

Kedalaman maksimumnya adalah 10,984 meter di dasar yang disebut sebagai Challenger Deep. Bahkan ada pengukuran lain yang menyebut dalamnya sampai 11,034 kilometer.

Seandainya gunung Everest ditempatkan di palung tersebut, puncaknya tidak bisa mencapai atas permukaan saking dalamnya dan masih berada di bawah laut lebih dari dua kilometer.

Di dasar palung ini, tekanan air mencapai 15.750psi atau sekitar seribu kali tekanan standar lautan. Sedangkan temperaturnya antara satu sampai 4 derajat Celcius.
Astronot menyelam ke Palung Mariana, Challenger DeepVictor Vescovo dan Kathy Sullivan. Foto: CNN

Walaupun kondisi Palung Mariana ekstrim, terdapat beberapa makhluk hidup mampu survive atau hidup di sana. Misalnya flatfish, ikan sepanjang 30 cm, sampai udang.

Ekspedisi menjelajah palung Mariana makin marak belakangan ini walaupun masih sangat sedikit manusia telah sampai di sana. Terbaru adalah Astronaut Richard Garriott asal Inggris pada bulan Maret lalu yang mencapai Challenger Deep.

Adapun orang pertama yang sampai ke titik terdalam Palung Mariana itu adalah Victor Vescovo. Sedangkan yang pernah pergi ke antariksa serta Challenger Deep adalah astronaut wanita Kathy Sullivan pada Agustus 2020.

Garriott juga menumpangi kapal selam canggih yang membawa kedua orang itu, namanya Limiting Factor. Kendaraan ini didesain bertahan di lautan sangat dalam sampai titik terdalam Bumi dan dikembangkan oleh Vescovo.
Richard GarriottPemandangan di dalam Challenger Deep. Foto: dok. Richard Garriott

"Kapal selam ini menurun sangat cepat dan sangat dalam sehingga di luar menjadi benar-benar gelap gulita hanya beberapa saat sesudah meluncur dan Anda merasa jatuh ke dalam kegelapan selama kurang lebih 4 jam," katanya.

Adapun suhu udara semakin dalam semakin dingin. Dari awalnya cukup hangat di permukaan lautan menjadi semakin membekukan. Sementara itu, walaupun sangat dalam, tetap ada makhluk hidup yang eksis.

"Ada cukup banyak kehidupan di titik terdalam Bumi sana. Kami melihat sebentar-sebentar ada crustacea sepanjang beberapa inch yang berkeliaran di dasar," tambah dia mengenai Palung Mariana.


Sumber: Detikinet
#misteri #sains #Konspirasi #antarsiksa #submarine #kapalselam #palungmariana #marianatrench #krinanggala402 #nanggala402


 

❮ PREVIOUS
NEXT ❯
Artikelinfodunia
+