× -bahasa-
sound.png[klik to on/off Audio] buat portalmu dan expos karya raya mu ke seluruh dunia! #karyaraya [Klik to Login or Register]
×

view_list1.png Portall   view_list1.png Artikel   view_masonry.png Galeri   view_grid.png Cerita   view_list2.png Video  
×
  • url:
×
×
×
7 0 0 0 0 0
7
   ic_mode_light.png

Alkindi Ilmuan Filsuf Penting di Sejarah Islam

Al-Kindi adalah anggota dari suku Arab di Kinda, yang berperan penting dalam awal sejarah Islam. Al-Kindi lahir di Kufah dan dididik di Baghdad, tapi tanggal dan tahun kelahirannya tidak diketahui secara pasti.



Sejumlah pihak menyebut dia telah menjabat sebagai seorang sarjana di bawah khalifah al-Ma'mun, yang pemerintahannya berakhir pada 833. Sehingga dianggap lahir sekitar 800 Masehi Melansir DBpedia, Al-Kindi menjadi tokoh terkemuka di House of Wisdom, dan sejumlah Khalifah Abbasiyah menunjuknya untuk mengawasi penerjemahan teks ilmiah dan filosofis Yunani ke dalam bahasa Arab.



Kontak dengan 'filsafat zaman dahulu' memiliki pengaruh yang sangat besar pada diri Al-Kindi. Pasalnya, dia menyintesis, mengadaptasi, dan mempromosikan filsafat Helenistik dan Peripatetik di dunia Muslim.



Semasa hidup, Al-Kindi telah menulis ratusan risalah tentang berbagai subjek mulai dari metafisika, etika, logika, psikologi, hingga kedokteran. Kemudian farmakologi, matematika, astronomi, astrologi dan optik. Bahkan, dia juga menulis tentang parfum, pedang, perhiasan, kaca, pewarna, zoologi, pasang surut, cermin, meteorologi, dan gempa bumi. Di bidang matematika, Al-Kindi memainkan peran penting dalam memperkenalkan angka India ke dunia Islam.



Melansir Stanford Encyclopedia, karya Al-Kindi yang paling penting adalah On First Philosophy. Itu adalah 'filsafat pertama' atau metafisika, tudi tentang Tuhan. Al-Kindi secara erat mengaitkan keberadaan dengan kebenaran. Baginya, mengatakan bahwa Tuhan adalah penyebab semua kebenaran sama dengan mengatakan bahwa Tuhan adalah penyebab semua makhluk.



Kemudian, al-Kindi diketahui menerapkan matematika dalam penggunaan geometri dalam optik. Konstruksi geometris digunakan untuk menjelaskan fenomena seperti perspektif visual, bayangan, pembiasan, refleksi, dan cermin yang terbakar.



Meskipun al-Kindi jarang dikutip oleh penulis yang menulis dalam bahasa Arab setelah abad kesepuluh, dia adalah tokoh penting bagi penulis abad pertengahan Latin. Dalam bidang astronomi, Al-Kindi juga menulis karya berjudul On Rays yang melihat astrologi sebagai ilmu rasional. CNN Indonesia

#misteri #sains #arrazi #alkindi #OnFirstPhilosophy
❮ PREVIOUS
NEXT ❯
ArtikelinfoduniaFakta UnikWowInformasi MenarikSejarahInspirasiPendidikan
+
×
  • ic_write_new.png expos
  • ic_share.png rexpos
  • ic_order.png urutan
  • sound.png malsa
  • view_list2.png listHD
  • ic_mode_light.png light
× rexpos
    ic_posgar2.png tg.png wa.png link.png
  • url:
× urutan
ic_write_new.png ic_share.png ic_order.png sound.png view_list2.png ic_mode_light.png ic_other.png
+