× -bahasa-

×

view_list1.png Portall   view_list1.png Artikel   view_masonry.png Galeri   view_grid.png Cerita   view_list2.png Video  
×
  • url:
×
×
×
7 0 0 0 0 0
7
   ic_mode_light.png

Fakta Ilmiah Hajar Aswad yang Disucikan

Mekah,

Hajar Aswad menempel di Ka'bah memiliki diameter 30 sentimeter dan berada 1,5 meter dari permukaan tanah. Hajar Aswad terpecah menjadi beberapa bagian dari kerusakan yang ada selama abad pertengahan. Potongan-potongan itu disatukan oleh bingkai perak yang diikat pada sebuah batu.

Meski sering digambarkan sebagai batu yang berasal dari meteorit, namun teori ini masih dalam pertimbangan. Sejarawan sekuler menunjukkan bahwa batu itu merupakan sebuah meteorit. Namun banyak ahli geologi di seluruh dunia mencoba memastikan jenis dan sifat Hajar Aswad tetapi tidak menemukan hasil akhir karena batasan budaya dan agama.

Sifat ilmiah Hajar Aswad telah banyak diperdebatkan. Batu itu disebut sebagai batu basal, batu akik, sepotong batuan alam atau yang paling populer yakini meteorit berbatu. Anthony Hampton dan tim ahli geologi dari Universitas Oxford mempelajari sampel lokal yang dikumpulkan dari emplasemen batu dan menemukan sejumlah iridium dan banyak pecahan kerucut.

Temuan geologi langka itu yang diketahui terbentuk di batuan dasar di bawah kawah tumbukan meteorit yang ditemukan oleh Paul Partsch, yang menerbitkan laporan komprehensif pertama tentang Black Stone pada 1857.

Pada tahun 1980, Elsebeth Thomsen dari Universitas Koopenhagen mengusulkan bahwa Hajar Aswad mungkin merupakan pecahan dari benturan meteorit yang terfragmentasi, yang jatuh sekitar 6.000 tahun yang lalu.

Di lokasi tersebut terdapat balok-balok kaca silika berwarna putih dan kuning serta cekungan berisi gas yang memungkinkannya mengapung di air yang sama seperti batu Hajar Aswad yang mengapung di air dan tidak menjadi panas dalam api.

Sebuah studi yang dilakukan oleh United States Geological Survey mengatakan bahwa Hajar Aswad mungkin adalah obsidian dari aliran lava yang umum di salah satu Harrat (ladang vulkanik) yang ditemukan pesisir Arab bagian barat.

Melansir Geology Page, meski begitu para ahli geologi hingga kini masih ragu untuk mengungkap kebenaran batu Hajar Aswad merupakan batu obsidian karena masih ada bukti ilmiah yang belum dapat dibuktikan. CNN Indonesia



!misteri !sains !konspirasi !hajaraswat !makkah !mecca !arbsaudi !saudiarabia !meteor !meteorit !fakta !infodunia

❮ PREVIOUS
NEXT ❯
ArtikelinfoduniaFakta UnikWowInformasi Menarik
+
×
  • ic_write_new.png expos
  • ic_share.png rexpos
  • ic_order.png urutan
  • sound.png malsa
  • view_list2.png listHD
  • ic_mode_light.png light
× rexpos
    ic_posgar2.png tg.png wa.png link.png
  • url:
× urutan
ic_write_new.png ic_share.png ic_order.png sound.png view_list2.png ic_mode_light.png ic_other.png
+