× -bahasa-

×

view_list1.png Portall   view_list1.png Artikel   view_masonry.png Galeri   view_grid.png Cerita   view_list2.png Video  
×
  • url:
×
×
×
7 0 0 0 0 0
7
   ic_mode_light.png

Meski Terlihat Aneh, Makhluk Hidup ini Nyata dan Ada di Sekitar Kita

Sekilas, satwa ini terlihat tidak lazim, mirip dengan makhluk-makhluk imajiner. Namun siapa sangka, makhluk ini nyata adanya. Namanya Wereng Pohon Brazil atau Brazilian Treehopper (Bocydium globulare).

Serangga ini dikenal hidup menyendiri. Sering terlihat di dedaunan semak-semak glory, dan tentu mudah dikenali melalui ‘antena’ di kepalanya yang aneh, mirip helikopter.

Awalnya, serangga ini dibuat model oleh pematung sains legendaris Alfred Keller (1902-1955). Pada tahun 2010,  Jerry Coyne , seorang ahli biologi dari Departemen Ekologi dan Evolusi Universitas Chicago, Amerika Serikat, membaca profil di majalah Nature 2010 tentang Keller, model-model satwa karyanya, dan menemukan keanehan total pada model  B. globulare.

“Hal pertama yang dilakukan seorang ahli biologi dalam melihat model seperti ini adalah berpikir ‘satwa ini mustahil nyata’. Dan baru kemudian mulai mencari tahu dari berbagai sumber. Benar saja, hewan ini nyata,” tulis Coyne.

Hingga saat ini, memang belum banyak yang serangga jenis ini,  hanya diketahui bahwa  mereka berhubungan dengan jangkrik dan wereng, dan bahwa mereka memiliki pronotum hiasan, yang menyerupai tanduk atau rotor helikopter.

Hingga kini, para ilmuwan masih belum menemukan jawaban tentang fungsi dari ‘hiasan kepala’ tersebut. Diduga, hiasan tersebut sebagai kamuflase yang membantu serangga ini menghindarkan diri dari predator atau membantu menambah input sensor bagi serangga tersebut.

Ada sekitar 3.200 spesies treehopper di lebih dari 400 genera, yang termasuk dalam tiga famili terpisah yaitu Melizoderidae, Aetalionidae, dan Membracidae. Mereka ditemukan di setiap benua kecuali Antartika.  Bentuk tubuhnya bermacam-macam dengan wujud yang tak biasa.

Beberapa spesies terlihat seperti menanam duri dalam tubuhnya, atau bahkan ada spesies yang memiliki bagian mirik tanduk banteng. Sementara yang lain berbentuk seolah seperti jari manusia yang beku mati jari di ruang angkasa.

Serangga ini memakan getah, menggunakan mulutnya yang tajam untuk menusuk tanaman dan menyedot cairannya. Ketika mereka makan, mereka menyemprotkan limbah manis yang disebut honeydew dari tubuhnya. Beberapa semut, tawon, dan makhluk-makhluk lain berkeliaran di sekitar wereng untuk minum honeydew yang dikeluarkan oleh tubuh treehopper, dan sebagai gantinya, semut melindungi treehoppers tersebut  dari incaran predator.

Serangga pohon Brazil atau Brazilian Treehopper dengan pronotum yang menyerupai tanduk atau rotor helikopter.

Treehoppers juga dapat berkomunikasi satu sama lain dengan mengirimkan getaran di sepanjang tanaman. Setelahnya, dapat terlihat sekelompok dari dari mereka akan berkumpul dalam jumlah besar. source Mongabay

❮ PREVIOUS
NEXT ❯
ArtikelinfoduniaFakta UnikWowInformasi MenarikPendidikan
+
×
  • ic_write_new.png expos
  • ic_share.png rexpos
  • ic_order.png urutan
  • sound.png malsa
  • view_list2.png listHD
  • ic_mode_light.png light
× rexpos
    ic_posgar2.png tg.png wa.png link.png
  • url:
× urutan
ic_write_new.png ic_share.png ic_order.png sound.png view_list2.png ic_mode_light.png ic_other.png
+