× -bahasa-

×

view_list1.png Portall   view_list1.png Artikel   view_masonry.png Galeri   view_grid.png Cerita   view_list2.png Video  
×
  • url:
×
×
×
5 0 0 0 0 0
5
   ic_mode_light.png

Fakta-Fakta Tentang Sparta

Sparta adalah salah satu kota yang paling efisien dan terkuat di Yunani kuno. Mereka mampu mendominasi para musuhnya dalam hal pasukan perangnya. Pasukan Sparta sangat terorganisir dan prajurit daratnya hampir tidak bisa ditandingi dalam hal teknik dan taktik berperang.

Mereka memang dilahirkan untuk siap berperang dan bertempur.

Bangsa Sparta adalah orang-orang terpilih karena sejak lahir mereka hanya akan merawat bayi-bayi terbaik saja. Sejak hari pertama tiba di dunia, bayi-bayi Sparta akan diperiksa oleh petugas khusus untuk dicari apakah memiliki kecacatan. Mereka yang tidak mencapai standard akan ditinggalkan begitu saja. Bayi malang yang tidak terpilih ini akan ditinggalkan begitu saja di lembah. Pada akhirnya, mereka akan tewas dengan sendirinya atau jika beruntung mungkin akan ada seseorang yang lewat dan mengadopsinya.

Anak-anak Sparta selanjutnya akan dimasukkan dalam program pendidikan bergaya militer. Di usia 7 tahun, latihan keras untuk menjadi prajurit terbaik dimulai. Anak-anak akan diambil dari rumah orang tuanya untuk mengikuti latihan berat yang diprakarsai oleh pemerintah ini. Jauh dari orang tua, mereka akan diajari bersosialisasi, berperang, menyelinap, berburu, dan berlatih fisik.

Pasukan Sparta diharapkan bertarung tanpa rasa takut dan harus bertahan hingga prajurit terakhir berdiri. Menyerah dalam pertempuran dipandang sebagai sifat pengecut dan ksatria yang menurunkan pedangnya dengan sukarela akan merasa sangat malu hingga akhirnya memilih untuk bunuh diri.

Ketika seorang Sparta tewas dalam pertempuran, ia dianggap telah menyelesaikan kewajibannya sebagai seorang warga negara. Bahkan hukum mengatakan bahwa hanya ada dua jenis orang yang namanya boleh ditulis di nisan, yaitu wanita yang meninggal karena melahirkan dan pria yang tewas dalam pertempuran.

Melihat betapa hidup mereka benar-benar hanya didedikasikan untuk bertempur, wajar jika Sparta menjadi salah satu pasukan yang ditakuti. Dengan latihan brutal yang sudah dimulai sejak kecil dan terus ditempa hingga dewasa, tidak heran mereka menjadi sosok yang sangat tangguh. source Boombastis

❮ PREVIOUS
NEXT ❯
ArtikelinfoduniaFakta UnikWowInformasi Menarik
+
×
  • ic_write_new.png expos
  • ic_share.png rexpos
  • ic_order.png urutan
  • sound.png malsa
  • view_list2.png listHD
  • ic_mode_light.png light
× rexpos
    ic_posgar2.png tg.png wa.png link.png
  • url:
× urutan
ic_write_new.png ic_share.png ic_order.png sound.png view_list2.png ic_mode_light.png ic_other.png
+