× -bahasa-

×

view_list1.png Portall   view_list1.png Artikel   view_masonry.png Galeri   view_grid.png Cerita   view_list2.png Video  
×
  • url:
×
×
×
8 0 0 0 0 0
8
   ic_mode_light.png

Unik Jerapah memakan Tengkorak.

Para Ilmuan meduga perilaku ini adalah bengtuk osteophagy, perilaku  memakan tulang yang dilalakukan hewan herbivora. Beberapa tahun yang lalu, Corinne Kendall memotret insiden mengejutkan yang melibatkan jerapah dan wildebeest di Masai Mara National Reserve, Kenya dan baru-baru ini memberikan fotonya ke National Geographic.

"Saya melihat dua jerapah dewasa berlutut dan memakan bangkai, serta benar-benar mengangkatnya dari tanah dan kemudian menjatuhkannya," kata Kendall, yang telah menerima dana dari National Geographic Society atas karyanya tentang burung nasar.

Seekor jerapah memakan tulang berdaging wildebeest, mungkin tampak tidak biasa, tapi jerapah lain baru-baru ini terekam menjilati tengkorak seekor kerbau.

Para ilmuwan menduga kedua contoh tersebut adalah bentuk osteophagy—perilaku memakan tulang yang dilakukan hewan herbivora. Perilaku itu terjadi sebab pemakan tumbuhan juga membutuhkan unsur-unsur yang dapat menyehatkan tulang mereka seperti kalsium dan fosfor. Fosfor tidak ditemukan pada tanaman, tetapi diperlukan untuk kehidupan mereka.

Hewan tertinggi di dunia mungkin cenderung osteophagy karena tubuh mereka sebagian besar terdiri dari tulang.

Ketidaksengajaan yang dramatis
Jerapah mungkin memang tidak mengunyah tulang, tapi dengan lembut menggerogoti, mengemut tulang-tulang tersebut, kata John Doherty, pakar jerapah dari Queen's University Belfast. Sebagian besar herbivora tidak memiliki rahang yang kuat untuk menghancurkan dan melumatkan tulang.

"Jerapah terlibat dengan hal semacam ini secara rutin, tapi tidak umum. Dalam perilaku ini mungkin saya hanya pernah melihatnya enam kali dalam setahun, setelah hampir sepanjang waktu saya berada di lapangan.

Jerapah menjilati dan menggerogoti tulang, kemungkinan besar untuk nutrisi. (Corinne J. Kendall via National Geographic) dilansir dari National Geographic ID

❮ PREVIOUS
NEXT ❯
ArtikelinfoduniaFakta UnikWowInformasi Menarik
+
×
  • ic_write_new.png expos
  • ic_share.png rexpos
  • ic_order.png urutan
  • sound.png malsa
  • view_list2.png listHD
  • ic_mode_light.png light
× rexpos
    ic_posgar2.png tg.png wa.png link.png
  • url:
× urutan
ic_write_new.png ic_share.png ic_order.png sound.png view_list2.png ic_mode_light.png ic_other.png
+