× -bahasa-

×

view_list1.png Portall   view_list1.png Artikel   view_masonry.png Galeri   view_grid.png Cerita   view_list2.png Video  
×
  • url:
×
×
×
7 0 0 0 0 0
7
   ic_mode_light.png

Pinus Ini diabadikan Karena Selamat Dari Tsunami Jepang 2011

Jepang,

Nyaris tak ada yang tersisa saat gelombang tsunami menyapu Rikuzentakata, Prefektur Iwate, 11 Maret 2011 lalu. Begitu pula dengan hutannya. Dahan-dahan patah, akar pepohonan tercerabut ikut hanyut ke laut. Hutan Takata-Matsubara yang ditumbuhi 70 ribu berubah menjadi pantai.

Tapi, ada satu yang masih bertahan. Sebuah pohon pinus setinggi 88 kaki atau setara 26,8 meter. Ia tetap menjulang kokoh dihantam tsunami. Tak cuma sekali, tapi tiga kali. Sebelumnya, pohon itu juga selamat dari tsunami besar, di tahun 1896 dan 1933.

Namun, meski tak tumbang dihantam gelombang, pohon itu akhirnya mati 18 bulan pasca bencana. Akibat perubahan lingkungan yang ekstrem.

Kini, pohon pinus "ajaib" itu kembali dihidupkan. Bahkan diabadikan. Di tempatnya tumbuh selama 173 tahun, batang-batangnya yang telah diawetkan, diberi tulang dari karbon, dan diberkati dengan ritual Shinto, kembali ditegakkan. Daun tiruan dari plastik ditempelkan di dahannya, menggantikan dedaunan yang telah rontok.

Pohon tersebut dijadikan monumen untuk mengenang 19.000 korban tewas dan hilang dalam salah satu bencana paling dahsyat yang pernah menimpa Jepang.

Sebuah pelat berukuran 3x3 cemtimeter dipasang di pangkal batang. Bertuliskan, "berdoa agar pulih dari bencana." Ajakan untuk terus berharap.
.
"Kami menanamkan apa yang tertulis di plat tersebut dalam pikiran," kata Kazuya Nakahara, yang membuat plat tersebut.

Dampak gempa 9 skala Richter yang diikuti gelombang tsunami raksasa memang dahsyat, menyebabkan 19 ribu orang tewas dan dinyatakan hilang. Sementara 300 ribu lainnya kehilangan tempat tinggal.


Jepang juga belum lepas dari dampak luruhnya reaktor PLTN Fukushima Dai-ichi yang memicu bencana nuklir terparah yang dialami Negeri Sakura pasca Perang Dunia II. (Ein)

#wowartikel #viral #viralbanget #infoheboh #faktamenarik #faktaterbaru #wowfakta #fakta #infomenarik #kamuharustau #indozone #wow #menarik #infounik #pengetahuan #wowrame #kekinian #infia #mahasiswa #hits #faktadunia #faktaunik #faktadanmitos

❮ PREVIOUS
NEXT ❯
ArtikelinfoduniaFakta UnikWowInformasi MenarikPeristiwaViral
+
×
  • ic_write_new.png expos
  • ic_share.png rexpos
  • ic_order.png urutan
  • sound.png malsa
  • view_list2.png listHD
  • ic_mode_light.png light
× rexpos
    ic_posgar2.png tg.png wa.png link.png
  • url:
× urutan
ic_write_new.png ic_share.png ic_order.png sound.png view_list2.png ic_mode_light.png ic_other.png
+