× -bahasa-

×

view_list1.png Portall   view_list1.png Artikel   view_masonry.png Galeri   view_grid.png Cerita   view_list2.png Video  
×
  • url:
×
×
×
7 0 0 0 0 0
7
   ic_mode_light.png

AirCar, Mobil Yang Bisa Terbang

Dilansir dari BBC, sebuah prototipe #mobil terbang telah menyelesaikan penerbangan selama 35 menit antara #bandara internasional Nitra dan Bratislava, Slovakia. Kendaraan bernama AirCar yang merupakan hibrida dari mobil dan pesawat itu menggunakan mesin BMW dan bahan bakar bensin seperti mobil pada umumnya.

Jika Anda bermimpi memiliki mobil terbang, nampaknya mimpi tersebut akan bisa segera terwujud. Aircar, sebuah mobil-pesawat hibrida ciptaan Profesor Stefan Klein, berhasil menyelesaikan uji terbang di antara Bandara Nitra dan Bratislava, Slovakia. Mobil terbang itu sukses diuji coba selama 35 menit untuk jarak tempuh sejauh 96 kilometer.

Pembuat mobil ini, Prof. Stefan Klein mengatakan karyanya tersebut dapat terbang sekitar 1.000 kilometer pada ketinggian 2.500 meter dan sejauh ini telah mencatat waktu 40 jam di udara. Sementara itu untuk dapat terbang, mobil ini harus terlebih dahulu mengubah tampilan menjadi #pesawat dengan mengeluarkan sayap yang terlipat di sepanjang sisi mobil. Perubahan ini sendiri memakan waktu 2 menit 15 detik.

Prof. Klein mengendarainya langsung dari landasan pacu menuju area kota saat mobil kembali mendarat. Melihat kesuksesan ini, ada ekspektasi tinggi untuk pasar #mobilterbang tersebut. Pada tahun 2019, #perusahaan konsultan Morgan Stanley memperkirakan sektor ini bisa bernilai USD 1,5 triliun pada tahun 2040.

Tak sampai tiga menit bagi mobil ini untuk berubah dari mobil menjadi pesawat maupun sebaliknya. Cukup sekitar 2 menit 15 detik, mobil ini bisa berubah dan siap beralih fungsi untuk melayang di udara.  Kendaraan ini juga bisa membawa dua orang, dengan batas berat gabungan 200 kilogram.

Perusahaan Klein Vision membutuhkan waktu kurang lebih dua tahun untuk mengembangkan mobil terbang yang menggunakan mesin BMW dan bahan bakar bensin itu. Biaya investasinya pun tak main-main, sekitar 1,7 juta Euro.

Mobil terbang telah lama digadang-gadang sebagai kendaraan masa depan. Di tahun 2019, perusahaan konsultan Morgan Stanley memperkirakan sektor mobil terbang bisa bernilai US$1,5 triliun di tahun 2040.

❮ PREVIOUS
NEXT ❯
ArtikelinfoduniaMobilOtomotifTeknologiViralFakta UnikInformasi MenarikLife Hack
+
×
  • ic_write_new.png expos
  • ic_share.png rexpos
  • ic_order.png urutan
  • sound.png malsa
  • view_masonry.png grid
  • ic_mode_light.png light
× rexpos
    ic_posgar2.png tg.png wa.png link.png
  • url:
× urutan
ic_write_new.png ic_share.png ic_order.png sound.png view_grid.png ic_mode_light.png ic_other.png
+