× -bahasa-

×

view_list1.png Portall   view_list1.png Artikel   view_masonry.png Galeri   view_grid.png Cerita   view_list2.png Video  
×
  • url:
×
×
×
5 0 0 0 0 0
5
   ic_mode_light.png

Pulpen Elektrik Pertama Sedunia

Sebelum munculnya mesin canggih, tato dahulu mengandalkan duri mawar. Website Sinoskin mengungkapkan, budaya kuno menggunaan alat seperti duri mawar, gigi hiu, dan tulang panggul untuk mengukirnya. Pigmen alami seperti ochre merah dan jelaga digunakan untuk memberi warna.

Alat tato kuno ditemukan di penggalian Mesir yang berasal dari tahun 1.450 SM, tetapi sebelumnya tercatat pernah ditemukan yang berasal dari 3.000 SM. Maori dari Selandia baru menggunakan pahat tulang untuk mengukir desainnya secara langsung ke tubuh prajurit.

Tato Polinesia membutuhkan dua orang untuk mengerjakannya, seniman akan menggunakan alat seperti ‘rake’ untuk menahan tinta dan palu untuk menusuk kulit. Salah satunya akan menahan kulit agar tidak bergerak sehingga tidak akan merusak desain.

Sementara itu di Selandia Baru, suku Maori menganggap kepala itu bagian paling suci dari tubuh. Sehingga wanita hanya menerima tato wajah terutama di sekitar bibir, dagu, dan lubang hidung.

Sedangkan pria, hampir seluruh wajahnya bertato. Dalam ritualnya suku tersebut menggunakan pahat yang terbuat dari tulang untuk memotong garis dan bentuk di kulit.

Mesin tato listrik dipatenkan secara resmi pada 8 Desember 1891 oleh seorang seniman tato dari New York, Samuel O’Reilly. O’Reilly mengaku bahwa penemuannya ini merupakan adaptasi dari sebuah mesin yang ditemukan oleh Thomas Edison yaitu, Autographic Printing Pen.

Mesin tato terdiri dari jarum-jarum, jarum tersebut dihubungkan ke unit daya yang memiliki daya untuk memindahkan jarum. Jarum memiliki ukuran dan bentuk yang berbeda sesuai dengan kebutuhan pola karya seni, jarum akan bergerak sangat cepat seperti jarum pada mesin jahit.

Kini, mesin tato yang ditemukan oleh O’Reilly bekerja dengan menggunakan jarum berongga yang diisi dengan tinta permanen. Mesin listrik akan menyalakan jarum yang masuk dan keluar dari kulit dengan kecepatan 50 tusukan per detik.

❮ PREVIOUS
NEXT ❯
ArtikelinfoduniaFakta UnikWowInformasi MenarikSejarahGadgetITTeknologiSedunia
+
×
  • ic_write_new.png expos
  • ic_share.png rexpos
  • ic_order.png urutan
  • sound.png malsa
  • view_list2.png listHD
  • ic_mode_light.png light
× rexpos
    ic_posgar2.png tg.png wa.png link.png
  • url:
× urutan
ic_write_new.png ic_share.png ic_order.png sound.png view_list2.png ic_mode_light.png ic_other.png
+