× -bahasa-

×

view_list1.png Portall   view_list1.png Artikel   view_masonry.png Galeri   view_grid.png Cerita   view_list2.png Video  
×
  • url:
×
×
×
6 0 0 0 0 0
6
   ic_mode_light.png

Info Menarik Bunga Surga Udumbara

Bunga udumbara adalah bunga yang termasuk dalam kategori langka. Jenis flora ini juga memiliki beberapa nama seperti youtan poluo, udonge, dan udumbara sendiri.

Salah satu keunikan dari bunga ini adalah dapat tumbuh diberbagai media tidak hanya tanah. Walaupun begitu bunga ini sangat sulit ditemukan.

Konon katanya bunga ini jarang tumbuh di bumi dan ketika tumbuh membutuhkan waktu sekitar 3.000 tahun lamanya. Wujud bunga ini sangat kecil dan memiliki warna putih bersih, untuk dapat melihat bunga ini dengan jelas memerlukan bantuan dari kaca pembesar.

Berbeda dengan bunga pada umumnya yang dapat menjadi ikon suatu negara, bunga udumbara ini tidak dapat diklaim seperti itu, karena bunga ini tumbuh tersebar di seluruh dunia dan belum ada negara yang mengklaim bunga udumbara ini sebagai bunga khas dari negaranya.

Bunga ini hampir mirip seperti parasit dan bisa tumbuh di media lain selain tanah, seperti kayu, kaca, logam, atau pada bagian tertentu dari tanaman lain.

Bunga udumbara juga memiliki wangi yang sangat harum dan dapat menyebar dalam waktu yang cukup lama.

Untuk lingkungan tumbuh tidak peduli dalam keadaan cuaca bagaimanapun bunga udumbara tetap dapat tumbuh. Dengan berbagai keunikanya dan wanginya yang harum bunga udumbara sampai mendapat julukan bunga dari surga.

Alam memang tak pernah habis menyimpan misteri dan keindahan yang tiada terduga. Satu diantara keindahan alam yang mungkin belum banyak orang ketahui adalah bunga udumbara, jenis bunga langka yang konon hanya mekar dalam kurun waktu 3000 tahun sekali, karena kelangkaan dan segala legendanya bunga ini begitu menarik untuk diulik dan berikut ini beberapa info menarik yang harus kamu tahu tentang bunga udumbara ini. Yuk simak!.


1. Disebut bunga dari surga


Udumbara merupakan bunga yang namanya berakar dari bahasa sansekerta yang artinya bunga dari surga. Nama yang diberikan pada bunga ini mengisyaratkan makna dan legenda yang melekat kuat padanya. Oleh karenanya keberadaan bunga ini ketika muncul dan mekar di suatu tempat di anggap menjadi sesuatu yang akan membawa keberuntungan, warnanya yang putih bersih juga menandakan kesucian yang membawa berkat dari surga.


2. Dapat tumbuh di berbagai permukaan


Keistimewaan lain yang terdapat pada bunga udumbara ini adalah ia kerap kali ditemukan mekar pada berbagai permukaan benda tak hanya pada tanah, namun juga pada logam, kayu, permukaan daun bahkan juga pernah ditemukan tumbuh melekat pada wajah patung budha. Bunga udumbara termasuk kategori parasit yang akan tumbuh dan menyerap nutrisi dari inangnya walaupun memang tak akan terlalu berpengaruh dan merugikan karena ukurannya yang memang sangat kecil.


3. Walaupun kecil, wanginya semerbak


Keberadaan bunga udumbara ini sangat sulit untuk dilihat dengan mata telanjang kecuali dengan bantuan kaca pembesar atau jika diteliti dengan seksama. Bahkan kadang keberadaan bunga ini sering dikecoh karena bentuknya yang mirip telur serangga. Walaupun ukurannya sangat kecil bunga ini termasuk bunga kuat yang tahan banting dan mampu mekar cukup lama. Dan juga salah satu ciri yang mengisyaratkan keberadaan bunga udumbara ini adalah bau wanginya yang semerbak dan kuat.


4. Lekat dengan kebudayaan dan agama budha


Keberadaan bunga udumbara beberapa kali disebutkan dalam kitab budhissme seperti dalam Kitab Suci Buddhis aliran Mahayana, Sutra Teratai yang berbunyi  “Sebuah bunga legendaris, mekar setiap 3.000 tahun sekali, memberitakan datangnya Sang Raja Roda Emas”.


5. Konon merupakan pertanda telah datangnya pemimpin yang adil


Dalam kepercayaan budha juga munculnya bunga udumbara yang langka disandingkan dengan kepercayaan bahwa telah datanga seorang pemimpin yang adil dan bijaksana. Hal tersebut tertulis dalam kitab suci budhis Huilin Phonetics and Interpretations, “Bunga Udumbara adalah produk dari adanya pertanda gaib dan tidak baik; sebuah bunga langit yang tidak dapat ditemukan di dunia manusia. Apabila Raja Roda Emas turun ke dunia manusia, bunga ini akan muncul mengikuti kemunculan kebajikan serta berkah yang melimpah ini.”

❮ PREVIOUS
NEXT ❯
ArtikelinfoduniaInformasi MenarikCeritaSejarahFlora dan Fauna
+
×
  • ic_write_new.png expos
  • ic_share.png rexpos
  • ic_order.png urutan
  • sound.png malsa
  • view_list2.png listHD
  • ic_mode_light.png light
× rexpos
    ic_posgar2.png tg.png wa.png link.png
  • url:
× urutan
ic_write_new.png ic_share.png ic_order.png sound.png view_list2.png ic_mode_light.png ic_other.png
+