× -bahasa-

×

view_list1.png Portall   view_list1.png Artikel   view_masonry.png Galeri   view_grid.png Cerita   view_list2.png Video  
×
  • url:
×
×
×
8 0 0 0 0 0
8
   ic_mode_light.png

Manusia Bisa Hidup dengan Setengah Otak?

Otak merupakan organ yang memegang peranan penting di dalam kehidupan manusia. Otak bertanggung jawab atas banyak hal mulai dari mengatur keseimbangan, cara berpikir hingga mengoordinasikan fungsi-fungsi tubuh seperti detak jantung. Mungkinkah manusia bisa hidup normal hanya dengan setengah bagian otak saja?

Jawabannya adalah sangat mungkin. Hal ini diungkapkan dalam sebuah studi terbaru yang melibatkan enam orang partisipan dewasa. Para partisipan ini pernam menjalani prosedur hemisferektomi ketika masih kecil.

Hemisferektomi merupakan suatu prosedur operasi yang bertujuan untuk mengangkat setengah bagian otak. Hemisferektomi dapat diberikan sebagai bagian dari terapi epilepsi anak untuk menurunkan risiko kejang.

"Orang-orang dengan hemisferektomi yang kami teliti bisa sangat berfungsi (secara normal)," terang salah satu peneliti Dorit Kliemann dari California Institute of Technology, seperti dilansir WebMD.

Kliemann mengatakan para partisipan memiliki kemampuan berbahasa yang baik. Saat Kliemann mengajak bicara para partisipan ketika berada di dalam alat pemindai otak, mereka menunjukkan kemampuan yang tak berbeda dengan orang-orang normal.

"Anda bisa lupa dengan kondisi mereka ketika pertama kali bertemu," lanjut Kliemann.

Di usia dini, para partisipan menderita kejang epilepsi tanpa henti. Salah satu partisipan bahkan mulai mengalami kejang epilepsi hanya beberapa menit setelah dilahirkan.

Kepada para partisipan ini, prosedur hemisferektomi dilakukan dengan tujuan untuk mengontrol epilepsi. Hemisferektomi dilakukan untuk mengisolasi setengah bagian otak yang terpengaruh oleh penyakit epilepsi.

❮ PREVIOUS
NEXT ❯
ArtikelinfoduniaFakta UnikInformasi MenarikKesehatanWowDiskusiArtikelompok
+
×
  • ic_write_new.png expos
  • ic_share.png rexpos
  • ic_order.png urutan
  • sound.png malsa
  • view_list2.png listHD
  • ic_mode_light.png light
× rexpos
    ic_posgar2.png tg.png wa.png link.png
  • url:
× urutan
ic_write_new.png ic_share.png ic_order.png sound.png view_list2.png ic_mode_light.png ic_other.png
+