× -bahasa-
sound.png[klik to on/off Audio] buat portalmu dan expos karya raya mu ke seluruh dunia! #karyaraya [Klik to Login or Register]
×

view_list1.png Portall   view_list1.png Artikel   view_masonry.png Galeri   view_grid.png Cerita   view_list2.png Video  
×
  • url:
×
×
×
9 0 0 0 0 0
9
   ic_mode_light.png

Begini Cara Kerang Hijau Jernihkan Air Laut yang Kotor

Peneliti pencemaran laut bagian ekotoksikologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Dwi Hindarti menjelaskan bahwa kerang hijau memang memiliki kemampuan untuk membersihkan air laut. Kemampuan kerang hijau untuk membersihkan air laut berasal dari cara makan biota bercangkang ini. "Ada beberapa cara (kerang hijau makan) ya. Itu bisa filter feeder atau deposit filter," kata Dwi di Ancol Taman Impian, Pademangan, Jakarta Utara Selasa (8/10/2019).


Deposit feeder adalah biota laut yang mendapatkan nutrisi dengan cara memakan semua partikel yang mengendap di dasar laut. Sementara filter feeder yaitu biota laut yang mendapatkan makanannya dengan menyaring air laut. "Jadi semua yang ada di dalam air itu, yang melewati tubuhnya akan diserap dan diakumulasikan dalam tubuhnya (kerang hijau)," ucap Dwi.


Sifat filter feeder inilah yang membuat kerang hijau bisa membersihkan air laut yang ada di dalam akuarium seperti yang ditunjukkan oleh manajemen Ancol. Namun Dwi memberi catatan bahwa segala kandungan berbahaya seperti logam berat yang tadinya ada pada air bisa mengendap di daging kerang hijau.


Hal itu membuat kerang hijau yang tumbuh di lokasi yang tercemar berbahaya untuk dikonsumsi. Sebelumnya, Manajemen Ancol Taman Impian memeragakan kemampuan kerang hijau dalam membersihkan air laut.


Mereka menyiapkan dua buah akuarium yang masing-masingnya diisi dengan air laut yang keruh dan kotor. Kemudian dalam salah satu akuarium tersebut dimasukkan dua kilogram kerang hijau.


Setelah 45 menit, air di dalam akuarium yang tadinya kotor berubah menjadi bening. Berbeda dengan akuarium yang dibiarkan tanpa kerang hijau Atas dasar percobaan itulah Manajemen Taman Impian menebarkan tiga ton kulit kerang hijau untuk memperbaiki kualitas air laut di Teluk Jakarta.


Program ini bagian dari program konservasi Ancol yang telah dilakukan sejak 2018 untuk mengembalikan keanekaragaman hayati Perairan Teluk Jakarta. by kompas

❮ PREVIOUS
NEXT ❯
ArtikelinfoduniaFlora dan FaunaFakta UnikInformasi MenarikWow
+
×
  • ic_write_new.png expos
  • ic_share.png rexpos
  • ic_order.png urutan
  • sound.png malsa
  • view_list2.png listHD
  • ic_mode_light.png light
× rexpos
    ic_posgar2.png tg.png wa.png link.png
  • url:
× urutan
ic_write_new.png ic_share.png ic_order.png sound.png view_list2.png ic_mode_light.png ic_other.png
+