0%
×

-bahasa-

[klik to play Audio] Selamat datang di POSGAR bagikan dan dapatkan informasi menarik dari netizen oleh netizen dan untuk netizen ;D #demokreasi #infodunia #duniaposgar #artikelompok #majol #olmag #medukasi #sedunia
×

×

  • url:
×

×

×

3 0 0 0 0 0
3
*
3

Kisah Ashabul Kahfi, 7 Pemuda yang tertidur Selama 309 Tahun Di Dalam Gua

Pernahkah mendengar kisah Ashabul Kahfi ? Yaitu kisah 7 orang pemuda dan seekor anjing yang tertidur selama 309 Tahun di dalam sebuah gua. Kisah tersebut terdapat dalam Al Quran surat Al Kahfi dari ayat ke-9 sampai ayat ke 26.
Asbabun nuzul turunnya ayat tersebut yaitu ketika Nabi Muhammad ﷺ ditanya oleh beberapa kaum Yahudi.yang penasaran dan ingin membuktikan kenabian Rasululloh ﷺ, apakah benar atau tidak.
Sehingga mereka para orang Yahudi bertanya kepada Rasulullah, untuk menceritakan tentang kisah 7 pemuda yang mengasingkan diri di dalam gua demi mempertahankan keimanan kepada Allahسبحا نه و تعالى
Jika Muhammad benar dalam menceritakan kisah tersebut maka orang orang Yahudi tadi akan mengikuti-nya dan menjadi Islam. Kemudian, Rosulullah ﷺ berdoa dan Allahسبحا نه و تعالى menjawabnya dengan diturunkannya wahyu surat Al Kahfi.


أَمْ حَسِبْتَ أَنَّ أَصْحَابَ الْكَهْفِ وَالرَّقِيمِ كَانُوا مِنْ آيَاتِنَا عَجَبًا


Artinya: “Apakah (umat) Anda (dan Ahlul Kitab) menyangka bahwa ashabul kahfi (yang memiliki) kitab suci itu termasuk tanda-tanda kami (Allah) yang mengherankan?”
Menurut beberapa riwayat, ada 3 pendapat yang berbeda tentang lokasi gua tempat tertidurnya 7 pemuda dalam kisah Ashabul Kahfi tersebut. Yaitu Gua di Efesus, Gua di Damsyik, dan gua di Amman. Berikut kisah lengkap kisah Ashabul Kahfi yang terdapat dalam Al Quran.
Dahulu hiduplah seorang raja yang sangat kejam dan dzalim yang bernama Raja Dikyanus. Sebelum raja Dikyanus berkuasa, rakyat kerajaan tersebut merupakan rakyat yang beriman dan taat kepada Allah. Akan tetapi semuanya berubah, rakyat menjadi sangat patuh pada Dikyanus, sebab jika ada yang membangkan akan langsung dibunuh dengan kejam. Rakyat dipaksa mengagungkan Raja-nya sebagai Tuhan mereka.
Berbeda dengan rakyat lainnya yang menjadi patuh kepada raja, ada 7 pemuda yang menentang kekuasaan dzalim raja Dikyanus. Penentangan dan keimanan 7 pemuda tadi akhirnya diketahui oleh sang raja. Dikyanus pun berang tidak terkira, dan langsung memerintahkan bala tentaranya untuk mencari 7 pemuda tadi dan membawanya ke hadapannya.
Setelah tertangkap Raja Dikyanus menawari 7 pemuda itu dengan berbagai macam kesenangan dunia, mulai dari jabatan, kekayaan, wanita dan lain lain, namun semuanya ditolak oleh mereka. Para pemuda beriman tersebut lebih memilih mempertahankan pendiriannya daripada menjadi penyembah selain Allah.
Mereka akhirnya dilepas oleh Raja Dikyanus untuk memberi kesempatan supaya berubah pikiran. Di akhir pertemuan tersebut, Dikyanus mengancam akan membunuh ke 7 pemuda jika tidak mengikuti titah sang raja.
Namun mereka sama sekali tidak berpikir untuk berubah keyakinan. Dari ancaman Raja Dikyanus itu, justru membuat mereka semakin yakin dengan keimanannya. Bahkan mereka tidak takut dengan kematian sedikitpun.
Sebagai ikhtiar untuk mempertahankan prinsip, mereka ber-7 akhirnya sepapakat utk hijrah, ketempat lain yang lebih baik dan mendukung bagi keimanan. Mereka mengasingkan diri bertujuh dan 1 ekor anjing.
Ketika dalam perjalanan sampailah mereka disebuah gua, kemudian masuk kedalamnya dengan maksud untuk beristirahat. Mereka pun tidur didalam gua itu. Dalam tidur mereka , Allahسبحا نه و تعالى membolak balik tubuh pemuda tersebut kekanan dan kekiri.
Kasih sayang Allah pada mereka dikisahkan dalam surat Al Kahfi dengan memerintahkan matahari agar ketika terbit, cahayanya lebih condong kearah kanan, sementara pada saat terbenam agar sinarnya meninggalkan dari kiri. Sehingga mereka tidur begitu lama dan sangat lelap sekali.
Di lain tempat raja Dikyanus begitu murka mendengar kepergian 7 pemuda beriman tersebut. Ia pun memerintahkan seluruh rakyat mencari mereka dengan mengiming imingi hadiah yang sangat besar bagi siapa yang dapat menemukannya. Namun, meski seluruh rakyat mencari, tidak satupun berhasil menemukan ke 7 pemuda tersebut.
Ketujuh pemuda beriman tersebut istirahat dengan tenang didalam gua dan tidak merasa sama sekali jika tidur mereka teryata sampai lama. Mereka pun terbangun dan merasa hanya tidur sebentar saja. Padahal waktu sudah berganti sekian ratus tahun sejak zaman Raja Dikyanus.
Karena perut yang sangat lapar, salah satu pemuda tersebut pergi keluar gua berniat untuk membeli makanan. Setahu pemuda itu, ia masih berada di zaman raja Dikyanus, sehingga ia berjalan dengan sangat hati-hati.
Ketika sampai dipasar dan hendak membayar makanan, pedagang itu terheran-heran dengan bentuk uang yang diberikan pemuda itu, pedagang makanan pun akhirnya memanggil pengawas pasar dan berharap akan menyelesaikan persoalannya.
Pengawas pasar tadi membawa pemuda itu kehadapan Raja dan pemuda itu akhirnya menceritakan asal usulnya. Raja pun sangat terkejut dengan kisah yang diceritakan oleh salah satu pemuda beriman itu. Sang raja menceritakan bahwa Raja Dikyanus yang zalim dan bengis telah mati sejak 309 tahun yang lalu.
Istana kerajaan menjadi haru dan hening dengan adanya pemuda beriman telah mempertahankan keimanannya dari raja yang kejam dan bengis dan sekarang berada ditengah- tengah mereka.
Raja yang shaleh tadi mengajak para pemuda untuk pindah ke istana, namun 7 pemuda Ashabul Kahfi itu menolak dengan halus dan mereka lebih memilih tinggal di gua. Hingga akhirnya Allahسبحا نه و تعالى mewafatkan ke 7 pemuda tadi, semoga bermanfaat dan kita semua dapat mengambil hikmat tersebut .
وَاللّٰهُ أعْلَم
Tiga do'a yang janganlah kau lupakan dalam sujud
1. Mintalah diwafatkan dalam keadaan husnul khotimah
" Allahumma inni as'aluka husnal khotimah
" Artinya : " Ya Allah aku meminta kepada-MU husnul khotimah "
2. Mintalah agar kita diberikan kesempatan Taubat sebelum wafat
Allahummarzuqni taubatan nasuha qoblal maut
" Artinya: " Ya Allah berilah aku rezeki taubat nasuha (atau sebenar-benarnya taubat) sebelum wafat "
3. Mintalah agar hati kita ditetapkan di atas Agamanya
Allahumma yaa muqollibal quluub tsabbit qolbi 'ala diinika
Artinya: " Ya Allah wahai sang pembolak balik hati, tetapkanlah hatiku pada agama-MU "
" Kemudian saya sampaikan,
jika kau sebarkan perkataan ini, & kau berniat baik maka kami doakan menjadikan kemudahan urusan urusanmu di dunia & akhirat.
" Lakukanlah kebaikan walau sekecil apapun itu, karena tidaklah kau ketahui amal kebaikan apakah yang dapat menghantarkanmu ke syurga
Kirim ini semampumu dan seikhlasmu kepada sesama Muslim, sampaikanlah walau hanya pada 1 org..
SYETAN TERUS BISIKIN
"UDAAAAHLAAH,, GAK USAH DI SEBARIN, gak penting kok, BUANG2 WAKTU aja, gak akan dibaca kok...
SEKECIL apapun amal ibadah, Allahسبحا نه و تعالى menghargainya PULUHAN kali lipat...
" Semoga kita semua termasuk dalam golongan orang-orang yang bertaqwa,, aamiin...
" Tolong baca sebentar aja Kita dzikir sebentar ingat ﺍَﻟﻠّﻪُ


سُبْحَانَ اللهِ وَالْحَمْدُ لِـلّٰـهِ وَلَا إِلٰهَ إِلَّا الله وَاللهُ أَكْبَرُ
وَلَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ اِلَّا بِاللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيمُ


????ℝ??ℕ
In sya Allah kita akan membuat beribu-ribu manusia berdzikir.
________
Sahabat...
Sekarang Anda mempunyai 3 pilihan:
1. Anda -
Aku akan biarkan tulisan ini tetap di sini saja..
2. Malaikat -
Ingatkan pada teman yang anda kenal...Sebarkanlah..!
3. Syaitan -
Tidak usah penat2 dan sibuk-sibuk menyebarkan tulisan ini..Biarkan saja di sini..Kalau boleh hapus/ tutup saja..Mereka tidak perlu membaca tulisan ini..
ilmu agama... Silakan Share untuk kawan-kawan yang lain...
semoga bermanfaat
Boleh di share biar lebih bermanfaat buat orang banyak, kalo pelit di simpen sendiri juga gak apa apa ?
Rasulullah ﷺ bersabda :"Barang siapa yang menyampaikan 1 (satu) ilmu saja dan ada orang yang mengamalkannya,maka walaupun yang menyampaikan sudah tiada (meninggal dunia), dia akan tetap memperoleh pahala." (HR. Al-Bukhari)
JIKA ANDA MENDUKUNG PERJUANGAN DAKWAH DARING INI, KAMI MINTA DO'ANYA & BANTU SHARE POSTINGAN INI BIAR SEMAKIN BANYAK YANG BISA MEMETIK MANFA'AT... DAN SEMOGA BEKAL AMAL JARIYAH BAGI ANDA... AAMIIN ??
Alangkah baiknya jika coment anda adalah bersholawat kepada baginda Nabi Muhammad ﷺ.
Semoga kita semua senantiasa selalu diakui sebagai umatnya dan pantas mendapatkan berkah dan syafa'at nya
ﺍَﻣِﻴﻦ ﻳَﺎ ﺭَﺏَّ ﺍﻟْﻌَﺎﻟَﻤِﻴْﻦ
Aamiin ya Rabbal Aalaamiin....?

ArtikelinfoduniaDiskusiCeritakisah SejarahPendidikanMotivasiInspirasi
×

  • expos
  • bagikan
  • malsa
  • listHD
  • night
×

bagikan

×

×

bagikan

Sunnah Sunnah Nabi SAW

ASSALAMU'ALAIKUM WARAHMATULLAHI WABARAKATUH● SUNNAH SAAT DI KAMAR MANDI1. Masuk kamar mandi kaki k...[±470 kata]

×

×

bagikan

Alessandro Volta, Penemu Baterai Pertama Sedunia

Alessandro Volta merupakan seorang fisikawan Italia yang berhasil menemukan baterai pada tahun 1779....[±632 kata]

×

×

bagikan

Black Ivory, Kopi Termahal Sedunia

Kopi luwak menjadi minuman eksklusif yang mahal. Lalu bagaimana dengan kopi gajah. Mungkin kopi gaja...[±345 kata]

×

×

bagikan

Jeff Bezos Danai Startup Anti Penuaan, Bantu Manusia Hidup Abadi

Miliarder Jeff Bezos dan Yuri Milner dilaporkan mendanai perusahaan startup bioteknologi yang bertuj...[±275 kata]

×

×

bagikan

Jantung Paus Terbesar Sedunia

Tahukah sobat sains berapa ukuran jantung paus biru?“Pastinya besar banget!”Oke, tapi it...[±806 kata]

×

×

bagikan

Objek Wisata The Vessel Ditutup Akibat Aksi Bunuh Diri

Operator terpaksa menutup objek wisata The Vessel sampai waktu yang belum bisa ditentukan. Hal ini d...[±294 kata]

×

×

bagikan

Unik! Dokter Brazil Obati Luka Bakar dengan Kulit Ikan

Penelitian penggunaan kulit ikan untuk mengobati luka bakar sedang dilakukan di Brazil. Peneliti men...[±384 kata]

×

×

bagikan

۝SAAT TELINGA BERDENGING۝

۝SAAT TELINGA BERDENGING۝Ternyata panggilan Baginda Nabi Muhammad ﷺ.Banyak orang bertanya Kenapa...[±266 kata]

×

×

bagikan

Inilah Cara Mendapatkan Uang Dari Internet

Menjadi salah satu cara mendapat uang dari internet. Android selain dijadikan tempat berkomunikasi,j...[±210 kata]

×

×

bagikan

Plank Terlama Sedunia 9 Jam 30 Menit 1 Detik

Seorang lelaki berusia 28 tahun berhasil mencetak rekor dunia dengan melakukan plank terlama. Ia ber...[±245 kata]

×

×

bagikan

Kegiatan KKN Membagikan Masker Untuk Mencegah Covid-19

Kegiatan KKN yang dilakukan mahasiswi Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo yang bernama Me...[±176 kata]

×

×

bagikan

INILAH SANDAL PENINGGALAN RASULULLAH ﷺ

Sandal peninggalan Rasulullahﷺ disebut dengan Terompah. Sandal Nabi Muhammadﷺ ini mirip dengan b...[±248 kata]

×

×

bagikan

7 CIPTAAN ALLAH YANG TIDAK HANCUR WAKTU KIAMAT

KETIKA kiamat terjadi, kita mengetahui bahwasanya semuanya akan binasa dan mengalami kehancuran. Tak...[±971 kata]

×

×

bagikan

Amalan Orangtua Kepada Anak, Tips Agar Anak Menjadi Soleh Solehah

بِسْــــــــمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِـــــيْــ...[±788 kata]

×

×

bagikan

Kegiatan KKN Bagi Bagi Masker Untuk Pencegahan Covid-19

Kegiatan KKN yang dilakukan mahasiswa Universitas Bangun Nusantara Sukoharjo yang bernama Rohmad Agi...[±188 kata]

×

×

bagikan

Bisakah Tuhan Dibuktikan dengan Sains?

Keberadaan Tuhan dan pembuktian keberadaan-Nya dengan ilmu sains selalu menjadi hal yang cukup menar...[±762 kata]

×

×

bagikan

Harta Karun Emas Zaman Pra-Viking Ditemukan di Denmark

Arkeolog Denmark, Dr. Mads Ravn, dilaporkan menemukan 22 harta karun yang memiliki simbol dari abad...[±250 kata]

×

×

bagikan

×

    Tidak Ada/kosong
    kemungkinan belum ada expos, expos telah dihapus maupun kesalahan sistem

Give Away Akun Turnitin, SmartPLS 3.3.3 Full Version, Eviews 12 Full Version, STATA 17 Full Version

Give Away Akun Turnitin, SmartPLS 3.3.3 Full Version, Eviews 12 Full Version, STATA 17 Full Version...[±34 kata]

×

×

bagikan

Potongan Planet Mars Terbesar yang Jatuh ke Bumi

Potongan Mars terbesar yang pernah jatuh ke Bumi, untuk pertama kalinya dipamerkan ke publik. Bagian...[±376 kata]

×

×

bagikan

DHUHA VS TAHAJUD

#DHUHA• DIJANJIKAN SEBUAH RUMAH DISURGASiapa diantara kita tidak ingin dibuatkan rumah di surga...[±404 kata]

×

×

bagikan

×

    Tidak Ada/kosong
    kemungkinan belum ada expos, expos telah dihapus maupun kesalahan sistem

Tutorial Lengkap Analisis Jalur Menggunakan LISREL

Merupakan Tutorial Lengkap Analisis Jalur Menggunakan LISREL Video Tutorial Lengkap Analisis Jalur...[±42 kata]

×

×

bagikan

Golongan Darah Emas Paling Langka Sedunia.

Normalnya, golongan darah berwarna merah akibat adanya kandungan hemoglobin dalam sel merah di tubuh...[±329 kata]