0%
×

-bahasa-

[klik to on/off Audio] Selamat datang di POSGAR bagikan dan dapatkan informasi menarik di seluruh Dunia ;D #infodunia #duniaposgar #artikelompok #majol #olmag #medukasi #sedunia
×

×

  • url:
×

×

×

8 0 0 0 0 0
8
*
8

Alessandro Volta, Penemu Baterai Pertama Sedunia

Italia

Alessandro Volta merupakan seorang fisikawan Italia yang berhasil menemukan baterai pada tahun 1779. Penemuan baterai modern miliknya berawal dari ide menumpuk dua jenis logam, dengan cara inilah listrik dapat dihasilkan.


Idenya yakni, listrik dapat dihasilkan hanya dengan menumpuk lapisan atau cakram logam seng dan perak secara bergantian dalam bak air asin yang memungkinkan arus listrik mengalir.


Temuan ini pun yang menandai awal penemuan baterai pertama, yang disebutnya sebagai organ listrik buatan, perangkat yang dijelaskan dalam artikel Volta tentang listrik pada tahun 1800, dilansir dari artikel The Great Courses Daily, Rabu (14/9/2021).


Di mana Alessandro Volta dilahirkan?


Kendati lebih dikenal dengan nama Alessandro Volta, penemu baterai modern ini memiliki nama lengkap yang cukup panjang, yakni Conte Alessandro Giuseppe Antonio Anastasio Volta.


Volta dilahirkan pada 18 Februari 1745, di sebuah kota kecil Como, Lombardy, yang berada di wilayah utara Italia, dikutip dari Britannica. Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.


Sebelum menemukan baterai pada tahun 1779, Alessandro Volta menjadi profesor fisika di Royal School of Como pada tahun 1774.


Pada tahun 1775, minatnya pada listrik membawanya untuk meningkatkan elektroforus, alat yang digunakan untuk menghasilkan listrik statis.


Dia menemukan dan mengisolasi gas metana pada tahun 1776. Tiga tahun kemudian dia diangkat menjadi ketua fisika di Universitas Pavia.


Bagaimana cara Volta menemukan baterai?


Penemuan baterai oleh Alessandro Volta menandai titik balik ilmu kelistrikan, meskipun percobaan pertamanya tidak dilakukan pada sistem fisik anorganik, melainkan pada tubuh manusia dan hewan.


Percobaan uniknya adalah dengan mencoba efek listrik pada lidahnya dan mengatakan bahwa jika dua elektroda dioleskan ke lidah, maka akan menimbulkan rasa pahit yang aneh.


Rasa sakit dan kejang juga bisa terjadi ketika elektroda dipasang pada bagian tubuh lain selain lidah, yang mungkin dianggap berbahaya jika dilakukan saat ini.


Namun ternyata, perjalanan Volta menemukan baterai pada tahun 1779 tidaklah sesingkat itu, dari berbagai eksperimen, hingga akhirnya percobaan dua logam yang ditumpuknya dapat menghasilkan arus listrik.


Pada awalnya, Volta mengikuti penemuan rekan satu negaranya, Luigi Galvani, seorang ahli anatomi tentang katak berkedut


Galvani mengklaim bahwa jika kabel tembaga dan besi dimasukkan ke bagian yang berbeda dari kaki katak mati, maka kedua kabel tersebut akan bersentuhan dan menyebabkan kaki katak menjadi jenjang atau berkedut.


Para ahli anatomi menafsirkan fenomena tersebut sebagai fenomena listrik baru dalam hal listrik hewan dan masih berhubungan dengan jaringan biologis.


Sebaliknya, Volta berpikir secara berbeda dan meyakini bahwa penjajaran dua logam berbeda tersebutlah yang menyebabkan fenomena listrik, yang ia sebut dengan listrik logam.


Volta juga meyakini bahwa katak merupakan konduktor dalam fenomena tersebut. Pendapatnya tentu menimbulkan banyak kontroversi antara pendukung listrik hewan dan listrik logam.


Hingga perlahan, anggapan Volta mulai segera disetujui oleh banyak orang ketika dia dapat menetapkan bahwa jika dua batang logam berbeda dimasukkan ke dalam campuran asam, potensial listrik akan terbentuk di antara kedua batang tersebut.


Dengan kata lain, energi potensial listrik dapat disimpan dengan memasukkan dua potongan logam ke dalam panangas asam, alat yang digunakan untuk memanaskan benda dengan uap. Baterai menjadi salah satu penemuan yang mengubah dunia dan merupakan awal dari studi listrik tentang elektron yang bergerak.


Volta merancang pengaturan di mana logam yang berbeda dapat disimpan dalam kontak dan mempelajari konfigurasinya. Ekperimennya bahkan berkontribusi besar terhadap pengembangan perangkat medis elektro, terutama pada pengobatan rumahan.


Karenanya, ukuran potensial listrik, volt, diambil dari namanya, untuk menghargai jasanya dalam menyediakan listrik dengan andal selama beberapa dekade. Istilah tersebut pun telah menjadi standar pada Kongres Listrik Internasional Tahun 1881, dilansir dari VOX.


Selain itu, Volta juga berhasil menemukan bahwa pasangan logam yang berbeda dapat menghasilkan tingkat efek yang berbeda pula hingga membentuk urutan yang jelas.


Urutan ini yang dikenal dengan deret elektrokimia, dimulai dengan seng pada satu titik esktrim, diikuti timah, timbal, besi, tembaga, platina, emas dan perak.


Tidak berhenti di situ, Volta juga menjadi orang pertama yang menemukan metana dan dimanfaatkan menjadi senjata buatannya sendiri yang dinyalakan dengan elektroforus, perangkat penahan muatan elektrostatik dan memindahkannya dari satu objek ke objek lain. source kompas

ArtikelinfoduniaFakta UnikInformasi MenarikWowViralTeknologiITPendidikanSeduniaGadget
×

  • expos
  • bagikan
  • malsa
  • listHD
  • night
×

bagikan

×

×

bagikan

Di Selandia Baru Penyihir Digaji ? Kira-kira berapa Gaji-nya ya ?

Christchurch, Selandia Baru - Negara ini memang penuh kejutan. Kaya akan budaya, negara ini pernah punya tukang sihir yang diresmi...[±286 kata]

×

×

bagikan

Tips PDKT Teman Dekat

PDKT - Merasa canggung atau malu saat nge-date atau menjalin hubungan spesial dengan sahabat sendiri memang...[±346 kata]

×

×

bagikan

Nama Bocah Unik ABCDEF GHIJK Zuzu

Palembang, Indonesia - Zulfahmi mengungkap makna dari nama anaknya ABCDEF GHIJK Zuzu. Menurut Zul, bukan tidak ada maknanya...[±162 kata]

×

×

bagikan

Info Unik Cinta

Cinta - Jatuh cinta tidak hanya tentang rasa ingin memiliki, pasangan atau kata-kata indah. Lebih dari itu,...[±337 kata]

×

×

bagikan

Mushaf Al Quran Tua Ditulis Tangan dari Abad ke-15 Ditemukan di Situbondo

Situbondo, Jawa Timur - Sebuah Mushaf Al Quran tua ditemukan di Situbondo, Jawa Timur. Al Quran itu diprediksi ditulis sekit...[±247 kata]

×

×

bagikan

Pecahkan Rekor Dunia! Martin Strel Taklukan Sungai Amazon yang Penuh Ikan Buas

Amazon - Martin Strel, pria asal Slovenia, mencatat rekor dunia yang luar biasa. Strel (52) berenang sejauh 4...[±267 kata]

×

×

bagikan

Info Unik Bagdad, Negeri 1001 Malam

Bagdad - Bicara soal sejarah, pasti Anda pernah mendengar istilah 'Negeri 1001 Malam'. Namun pertanyaannya di...[±285 kata]

×

×

bagikan

×

    Tidak Ada/kosong
    kemungkinan belum ada expos, expos telah dihapus maupun kesalahan sistem

Tips Mengaktifkan Gopay di Tokopedia

Tokopedia telah melepaskan kolaborasinya dengan OVO, sebagai wadah e-wallet di dalam platformnya. La...[±338 kata]

×

×

bagikan

×

    Tidak Ada/kosong
    kemungkinan belum ada expos, expos telah dihapus maupun kesalahan sistem

Ini Lho Cara Ngukur Saham Murah

Investasi saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) memerlukan pemahaman dan analisis terkait dengan saham...[±393 kata]

×

×

bagikan

×

    Tidak Ada/kosong
    kemungkinan belum ada expos, expos telah dihapus maupun kesalahan sistem

Cara Membuat Tabungan BRI Untuk Pelajar

Assalamualaikum, selamat pagi sahabat pembaca semuanya, semoga di pagi yang cerah ini kita dalam Kea...[±502 kata]

×

×

bagikan

Maladewa, Negara Dengan Penduduk 100% Islam.

Maldives, Maladewa - Agama Islam sendiri memang mengakar sangat kuat di negara kepulauan terkecil di dunia ini. Dengan ju...[±140 kata]

×

×

bagikan

Sah, Putri Bill Gates Menikah Secara Islami Menghabisakan Rp 28 Milliar

New York, Amerika Serikat - Putri sulung Bill Gates, Jennifer Gates sah telah menikah dengan atlet berkuda asal Mesir, Nayel Nas...[±146 kata]

×

×

bagikan

×

    Tidak Ada/kosong
    kemungkinan belum ada expos, expos telah dihapus maupun kesalahan sistem

Inilah Penjelasan Dermaga Apung Yang Jarang Diketahui

Menjadi sebuah tempat yang sangat amat aman. Dermaga apung harus dirancang sebaik mungkin,karena mem...[±202 kata]

×

×

bagikan

40 Info Menarik Tentang Kaos

1. Istilah t-shirt pertama kali muncul sejak tahun 1920, yaitu di kamus Merriam-Webster. Pemakaian n...[±1089 kata]

×

×

bagikan

Laba-laba Terbesar Sedunia

Laba-laba adalah salah satu jenis hewan yang paling ditakuti di seluruh dunia. Bahkan, laba-laba yan...[±185 kata]

×

×

bagikan

Unik! Ular Piton Motif Smile

Amerika Serikat - Seorang peternak ular di Amerika Serikat mengembangkan ular piton dengan motif unik: wajah tersenyum...[±215 kata]

×

×

bagikan

Menurut Penelitian Wanita Pendek Berpasangan Pria Tinggi Dijamin Lebih Bahagia

Setiap wanita pasti ingin punya tubuh tinggi untuk menunjang penampilan dan kepercayaan diri. Sayang...[±251 kata]

×

×

bagikan

BIODATA NABI MUHAMMAD RASULULLAH ﷺ

BIODATA RASULULLAH Shalallahu 'Alaihi Wa sallam Nama : Muhammad bin Abdullah bin Abdul Muththalib...[±1096 kata]

×

×

bagikan

3 Fakta Menarik Awal Terciptanya Mobil Lamborghini

Berikut ini 3 fakta menarik awal terciptanya mobil lamborghini 1. Lamborghini berawal dari traktor...[±297 kata]

×

×

bagikan

Rani, Sapi Terkecil Sedunia di Bangladesh

Bangladesh, India - Di tengah tingginya angka kasus Covid-19 di India, banyak individu justru berbondong-bondong melihat...[±502 kata]

×

×

bagikan

5 Fakta Tasmania, Hewan yang dinyatakan Punah

Kamu mungkin tahu harimau, si kucing besar yang berwarna oranye hitam. Namun, apakah kamu tahu harim...[±531 kata]

×

×

bagikan

Seperti Inilah Bentuk Telur Beruang Air

Anda tahu beruang air?Beruang air atau Tardigrade disebut sebagai hewan paling kuat di Bumi. Sebab,...[±181 kata]