× -bahasa-

×

view_list1.png Portall   view_list1.png Artikel   view_masonry.png Galeri   view_grid.png Cerita   view_list2.png Video  
×
  • url:
×
×
×
10 0 0 0 0 0
10
   ic_mode_light.png

Kubah Makam Imam as-Syafi'i ra.

Kairo, Mesir,

Kubah Makam Imam as-Syafi'i ra.
Di antara Kubah unik yang ada di Mesir adalah Kubah al-'Allamah Muhammad bin Idris as-Syafi'i. Kubah yang pada umumnya terdapat bulan bintang, atau bulan sabit, kubah Imam Syafii berbeda. Bisa kita lihat, kubah yang dibangun pada abad ke 6 hijrah ini terdapat perahu kecil yang terbuat dari alumunium di atasnya.


Orang Mesir menyebut perahu itu dengan "Usyara" yaitu perahu sungai Nile yang biasa ditumpangi para raja, atau pembesar negara dulunya.
Banyak yang bertanya mengapa ada perahu kecil di atas kubah itu. Ada maksud tertentu atau diletakkan secara tidak sengaja.


Beberapa buku sejarah mengatakan, perahu itu adalah tempat untuk orang-orang meletakkan gandum atau biji-bijian dan air untuk memberi makan burung-burung. Jawaban ini juga saya dapat dari masyarakat setempat.


Namun rasanya tidak masuk akal, karena tempat itu terlalu tinggi untuk setiap kali mengisi biji-bijian, juga tidak sopan meletakkan makanan di atas makam seorang Imam.


Akhirnya saya mendapat jawabannya sa'at mengaji fikih Syafii :"Tahrir tanqihul lubab" karya Imam Zakaria al-Anshari, kepada Syekh Hisyam Kamil di Masjid Al Azhar. Syekh membagi-bagikan kitab secara gratis, dan di muka kitab terdapat gambar kubah ini. Kemudian Syekh menjelaskan, bahwa bahtera adalah angkutan laut. Bahtera di atas kubah ini, menandakan bahwa yang berada di bawahnya adalah lautan ilmu.


Penjelasan ini akhirnya juga saya temukan di dalam buku sejarah. Yang membangun kubah ini adalah Sultan Kamil al-Ayyubi pada 1211 M. atau 608 H. filosofi perahu itu persis seperti apa yang dijelaskan Syekh tadi. Bahwa perahu tidak diletakkan kecuali di atas samudera. Dan Imam Syafii adalah samudera ilmu.


Hal itu karena Imam Syafii adalah representasi dari sabda Baginda Nabi Muhammad ﷺ‎ yang mengabarkan, bahwa suatu sa'at nanti akan lahir dari keturunan Bani Quraish seorang yang sangat Alim dan ilmunya memenuhi muka bumi. Para ulama sepakat bahwa orang yang dimaksud adalah Imam Syafii karena beliau Bani Muttalib dan tidak ada di antara Mazhab 4 yang berasal dari bangsa Quraisy kecuali Imam Syafii. Hadis ini kemudian dipahat dan menjadi hiasan di langit-langit kubah Makam Imam as-Syafi'i.


Dalam sebuah Syair, Imam al-Bushiri (W. 695 H.) berkata;


بقبة قبر الشافعي سفينة # رست في بناء محكم فوق حلمود
ومذ غاض طوفان العلم بقبره إس# توي الفلك من ذاك الضريح على الجودي


Semoga, Allah merahamati Imam Syafii, karena berkat beliau Syariat Islam terjaga. Terutama kita masyarakat Indonesia yang mayoritas bermazhab Syafii, ilmu beliau bisa kita amalkan hingga sa'at ini.
Semoga Allah سبحا نه و تعالى memberikan kita ilmu dan taqwa sebagaimana Imam Syafii.
ﺍَﻣِﻴﻦ ﻳَﺎ ﺭَﺏَّ ﺍﻟْﻌَﺎﻟَﻤِﻴْﻦ?
Kairo, 28 Mei 2020

❮ PREVIOUS
NEXT ❯
ArtikelinfoduniaWowSejarahkisah MotivasiPendidikanPeristiwa
+
×
  • ic_write_new.png expos
  • ic_share.png rexpos
  • ic_order.png urutan
  • sound.png malsa
  • view_list2.png listHD
  • ic_mode_light.png light
× rexpos
    ic_posgar2.png tg.png wa.png link.png
  • url:
× urutan
ic_write_new.png ic_share.png ic_order.png sound.png view_list2.png ic_mode_light.png ic_other.png
+