× -bahasa-
sound.png[klik to on/off Audio] buat portalmu dan expos karya raya mu ke seluruh dunia! #karyaraya [Klik to Login or Register]
×

view_list1.png Portall   view_list1.png Artikel   view_masonry.png Galeri   view_grid.png Cerita   view_list2.png Video  
×
  • ic_write_new.png expos
  • ic_share.png rexpos
  • ic_order.png urutan
  • sound.png malsa
  • view_list2.png listHD
  • ic_mode_light.png light
× rexpos
    ic_posgar2.png tg.png wa.png link.png
  • url:
× urutan
ic_write_new.png ic_share.png ic_order.png sound.png view_list2.png ic_mode_light.png ic_other.png
×
  • url:
×
×
×
11 0 0 0 0 0
11
   ic_mode_light.png

Inilah Manfaat Menghirup Aroma Kentut

Kentut kerap dianggap memalukan bahkan mengganggu & tidak sopan. Namun, ternyata mencium bau kentut tak sepenuhnya buruk & malah bisa berpotensi baik untuk kesehatan, lho!


Fakta ini ditemukan oleh sebuah penelitian yg dilakukan tim kolaborasi dari Universitas Exeter & Universitas Texas. Hidrogen sulfida, sebuah komponen utama pada gas yg membuat kentut memiliki aroma yg tidak sedap, ternyata bisa memberikan manfaat yg baik untuk tubuh.


Landasan dibalik adanya penelitian ini adalah teori yg menyatakan bahwa bagian sel penghasil energi pada tubuh yg disebut mitokondria akan bekerja lebih baik & mencegahnya dari kerusakan jika terpapar oleh gas ini. Para peneliti pun menciptakan senyawa bernama AP39 yg dibentuk serupa dengan hidrogen sulfida. Kemudian, AP39 ini dimasukkan ke dalam sel² yg ada didalam pembuluh darah. Penelitian dilakukan dengan menggunakan hewan sebagai objek uji coba.


Hasil awal memperlihatkan sebanyak 80% sel mitokondria yg terekspos oleh AP39 bisa bertahan lebih lama. Kemungkinannya, hal ini bisa terjadi karena adanya kemampuan hidrogen sulfida untuk mengurangi efek stres oksidatif pada sel. Perlu diktahui bahwa saat sel mitokondria didalam pembuluh darah mengalami kerusakan akibat kondisi tertentu.


Pada berbagai penelitian yg dlakukan pada tahun² berikutnya, paparan AP39 terhadap sel² tubuh menunjukkan potensinya dalam mengurangi tekanan darah. Paparan tersebut juga memperlebar pembuluh darah untuk mengatasi masalah terhambatnya sirkulasi darah yg bisa berisiko pnyakit jantung & stroke. Kegunaan lainnya, AP39 sebagai hidrogen sulfida buatan juga berpotensi untuk mencegah kerusakan ginjal, menjauhkan otak dari risiko dementia & Alzheimer.
.

❮ PREVIOUS
NEXT ❯
ArtikelinfoduniaFakta UnikInformasi MenarikWowKesehatan
+