× -bahasa-

×

view_list1.png Portall   view_list1.png Artikel   view_masonry.png Galeri   view_grid.png Cerita   view_list2.png Video  
×
  • url:
×
×
×
11 0 0 0 0 0
11
   ic_mode_light.png

Pohon Ginkgo Biloba Bisa Hidup Lebih Dari 1.000 Tahun

Keanehan botaninya membuat banyak peneliti bertanya-tanya, bagaimana pohon ini dapat terhindar dari penuaan ataupun kepunahan? Secara umum, Ginkgo Biloba biasanya hidup lebih dari 1.000 tahun dengan beberapa pohon hidup hingga 3.000 tahun lamanya. Bahkan, baru-baru ini ada yang menyatakan tumbuhan ini dapat hidup dalam umur yang secara teoritis tidak terbatas. Uniknya lagi pohon ginkgo terlihat seolah-olah tidak menunjukkan bukti penuaan atau kerusakan sama sekali.


"Pada manusia, seiring bertambahnya usia, sistem kekebalan tubuh kita mulai tidak begitu baik. Akan tetapi sistem kekebalan tubuh pada pohon-pohon ginkgo ini sungguh luar biasa. Meskipun mereka telah berumur 1.000 tahun, namun terlihat seperti berumur 20 tahun," kata Richard Dixon, ahli biologi dari University of North Texas, seperti dikutip dari The New York Times.


Fenomena ini membuat para ahli botani mencoba mencari tahu lebih jauh tentang pohon ginkgo lewat studi penelitian. Penelitian ini berbeda dari sebelumnya yang hanya berfokus pada daun. Kini peneliti mengambil sampel jaringan batang dari sembilan pohon ginkgo berusia lebih dari 600 tahun.


Tampaknya kambium vaskular dalam pohon ginkgo inilah yang berperan mempertahankan kapasitas untuk pertumbuhan berkelanjutan selama ratusan tahun atau bahkan ribuan tahun. Kelebihan itulah yang menurut para peneliti memungkinkan pohon ini lulus dari penuaan dan kepunahan.


Namun, bukan berarti pohon ginkgo tidak akan pernah mati, hanya saja mereka mungkin tidak mati karena usia tua. Sebaliknya ginkgo dapat mati akibat faktor eksternal seperti angin, api, kilat, penyakit, atau penebangan berlebihan.


#wowfaktavideo #wowfakta #videoheboh #cnnnews #infounik #infoheboh #indozone #dunia24jam #faktadanmitos #kamuharustau #kerenabis #infiafact #beritadunia #fakta #gofakta #viral #faktaberita #wowrame #faktaviral #infodunia #infoupdate

❮ PREVIOUS
NEXT ❯
ArtikelinfoduniaFakta UnikFlora dan FaunaInformasi MenarikWowViralWisataSeduniaPariwisataGaleri
+
×
  • ic_write_new.png expos
  • ic_share.png rexpos
  • ic_order.png urutan
  • sound.png malsa
  • view_list2.png listHD
  • ic_mode_light.png light
× rexpos
    ic_posgar2.png tg.png wa.png link.png
  • url:
× urutan
ic_write_new.png ic_share.png ic_order.png sound.png view_list2.png ic_mode_light.png ic_other.png
+