× -bahasa-

×

view_list1.png Portall   view_list1.png Artikel   view_masonry.png Galeri   view_grid.png Cerita   view_list2.png Video  
×
  • url:
×
×
×
9 0 0 0 0 0
9
   ic_mode_light.png

Pecahkan Rekor Dunia! Martin Strel Taklukan Sungai Amazon yang Penuh Ikan Buas

Amazon,

Martin Strel, pria asal Slovenia, mencatat rekor dunia yang luar biasa. Strel (52) berenang sejauh 4.908 km selama 65 hari menyusuri Sungai Amazon yang terkenal penuh dengan ikan buas piranha. Selama sembilan pekan, dia berjuang melawan terik matahari, kelelahan, dan keganasan sungai terpanjang kedua di dunia itu.

Dia memulai petualangannya di hulu Sungai Amazon di Peru pada 1 Februari lalu 2016.  Dia tetap melanjutkan upaya pemecahan rekor itu meski pada Kamis lalu dia harus berjuang melawan rasa kantuk yang menyergap, vertigo, tekanan darah tinggi, diare, mual-mual dan halusinasi yang menerpanya. Meski dalam kondisi sulit dan dokter menyarankan untuk tidak berenang, Strel tetap bertekad menyelesaikan perjuangannya dan bersikeras berenang malam hari. ”Dia berhasil mencapai garis finish,” ”Garis akhir itu adalah saat-saat terberat,” kata dia. ”Jarak tempuh renang berkurang beberapa kilometer saat saya makin dekat ke garis akhir.


Dia mengaku beruntung bisa lolos dari sergapan ikan-ikan piranha dan ikan hiu banteng. Ikan hiu banteng hidup di air payau, namun bisa bertahan beberapa jam di air tawar.
”Kupikir, hewan-hewan buas itu sudah menerima keberadaan saya,” kata dia. ”Setelah berhari-hari berenang bersama saya, mereka tentu berpikir saya adalah bagian dari mereka.

Selama berenang, dia terserang kram, tekanan darah tinggi, diare, insomnia kronis, infeksi larva, dan dehidrasi. Kulit tubuh yang terendam air berjam-jam lamanya menjadi mudah teriris oleh gesekan baju renang.
Strel kehilangan berat badan 13 kg dan sering kali merasa sakit di lengan, dada dan kaki. ”Saking sakitnya, saya nyaris tidak bisa keluar dari air,” ujarnya.
Guinness World Records,Strel untuk keempat kalinya memecahkan rekor renang terjauh. Pada 2000, dia berenang menempuh 2.700 km sepanjang Sungai Danube.

❮ PREVIOUS
NEXT ❯
Artikelinfodunia
+
×
  • ic_write_new.png expos
  • ic_share.png rexpos
  • ic_order.png urutan
  • sound.png malsa
  • view_list2.png listHD
  • ic_mode_light.png light
× rexpos
    ic_posgar2.png tg.png wa.png link.png
  • url:
× urutan
ic_write_new.png ic_share.png ic_order.png sound.png view_list2.png ic_mode_light.png ic_other.png
+