0%
×

-bahasa-

Selamat datang di POSGAR.com bagikan dan dapatkan informasi menarik dari netizen untuk netizen dan oleh netizen ;D #demokreasi #infodunia #infosegar #posgar
×

×

  • url:
×

×

×

3 0 0 0 0 0
3
3

Hikmah Dan Manfaat Berpuasa

1.Saat berpuasa, sekitar 600 miliar sel dalam tubuh menghimpun diri agar dapat bertahan hidup. Dengan berhimpunnya 600 miliar sel, daya tahan tubuh seseorang akan semakin tangguh.

2.Memberikan kesempatan pada alat-alat pencernaan yang pada hari-hari tidak berpuasa bekerja ekstra keras.

3.Membebaskan tubuh dari racun, kotoran atau ampas (seperti tinja, urin, CO2, atau keringat) yang berarti membatasi suplai makanan yang masuk ke dalam tubuh, penumpukan racun atau kotoran dapat dicegah, dengan begitu akan mengurangi risiko penumpukan bakteri, virus seperti kuman yang merupakan racun di dalam tubuh, sehingga menghentikan makanan untuk bakteri"virus atau sel kanker"sehingga tidak mampu hidup dalam tubuh manusia.


4.Adanya peningkatan sel darah putih yang sangat penting bagi kekebalan tubuh terhadap berbagai infeksi.

5.Meningkatkan daya serap makanan yang semula hanya menyerap gizi sebesar 35 % dari semua gizi yang dikandung dalam makanan menjadi hampir mencapai 85 %.

6.Bermanfaat pada proses pengobatan pasien obesitas yang sering menjadi pemicu penyakit-penyakit seperti jantung, hipertensi, atau gangguan kardiovaskuler.

7.Mampu memperbaiki fungsi-fungsi hormon dalam tubuh, termasuk hormon yang berkaitan dengan reproduksi.

8.Cadangan energi yang tersimpan dalam tubuh (dalam sel kulit atau berbentuk lemak) dikeluarkan sehingga melegakan pernafasan organ tubuh serta sel-sel penyimpannya yang menjadikan kulit segar atau lembut. Kulit yang semula kendur akan berganti makin kencang atau tidak gampang berkerut.

9.Mengobati stroke, hipertensi, hipotensi, diabetes melitus, pengerasan pembuluh darah.

10.Mencegah serangan kanker hati, kanker lambung, hepatitis, pendarahan otak; gangguan ginjal, radang tenggorokan, radang hidung, amandel, atau radang kandung kemih.

11. Anda belajar menjadi orang yang lebih sabar atau tenang

12. Puasa Bisa mengurangi berat badan
Puasa merupakan cara yang paling cepat, efektif untuk mengurangi berat badan, detoksifikasi , penyembuhan atau memperpanjang kemungkinan harapan hidup baik dengan cara preventif maupun kuratif.

13. Puasa sebagai terapi nutrisi yang natural
Puasa adalah salah satu cara penyembuhan alami terhebat yang pernah ada. Hampir bisa dikatakan bahwa puasa adalah obat dari semua masalah. Hewan pun secara insting akan berpuasa jika sakit. Puasa bisa mengalirkan kembali energi yang terpendam, lebih kreatif atau lebih merasa hidup. Memang puasa yang dimaksud adalah untuk mengatur orang yang overnutrisi dibandingkan yang malnutrisi. Masalah penyalahgunaan diit, pola makan westernisasi di negara dunia ketiga, telah menumbuhkan berbagai macam penyakit degeneratif seperti atherosklerosis, hipertensi, penyakit jantung, alergi, diabetes atau kanker. Puasa dapat membantu menyembuhkan penyakit ini atau juga mencegahnya.

14. Hidup lebih baik dengan berpuasa
Karena dengan puasa tidak hanya tubuh anda menjadi lebih sehat tapi juga hati anda InsyaAllah menjadi lebih bersih.

15. Berpuasa akan mengistirahatkan sistem pencernaan kita
Mungkin selama kita hidup, hanya puasa yang dapat membuat istirahat secara fisiologis pada sistem saluran cerna kita, perbanyak makan buah atau sayuran untuk membantu proses ini

16. Saat berpuasa ternyata terjadi peningkatan HDL and apoprotein alfa1, atau penurunan LDL ternyata sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung atau pembuluh darah. Beberapa the penelitian "chronobiological" menunjukkan saat puasa ramadan berpengaruh terhadap ritme penurunan distribusi sirkadian dari suhu tubuh, hormon kortisol, melatonin atau glisemia. Berbagai perubahan yang meskipun ringan tersebut tampaknya juga berperanan bagi peningkatan kesehatan manusia.

17. Keadaan psikologis yang tenang, teduh atau tidak dipenuhi rasa amarah saat puasa ternyata dapat menurunkan adrenalin. Saat marah terjadi peningkatan jumlah adrenalin sebesar 20-30 kali lipat. Adrenalin akan memperkecil kontraksi otot empedu, menyempitkan pembuluh darah perifer, meluaskan pebuluh darah koroner, meningkatkan tekanan darah rterial atau menambah volume darah ke jantung atau jumlah detak jantung. Adrenalin juga menambah pembentukan kolesterol dari lemak protein berkepadatan rendah. Berbagai hal tersebut ternyata dapat meningkatkan resiko penyakit pembuluh darah, jantung atau otak seperti jantung koroner, stroke atau lainnya.

18. Jumlah sel yang mati dalam tubuh mencapai 125 juta perdetik, namun yang lahir atau meremaja lebih banyak lagi. Saat puasa terjdi perubahan atau konversi yang massif dalam asam amino yang terakumulasi dari makanan. Sebelum didistribusikan dalam tubuh terjadi format ulang. Sehingga memberikan kesempatan tunas baru sel untuk memperbaiki atau merestorasi fungsi atau kinerjanya. Pola makan saat puasa dapat mensuplai asam lemak atau asam amino penting saat makan sahur atau berbuka. Sehingga terbentuk tunas-tunas protein , lemak, fosfat, kolesterol atau lainnya untuk membangun sel baru atau membersihkan sel lemak yang menggumpal di dalam hati.

19. Puasa bisa menurunkan kadar gula darah, kolesterol atau mengendalikan tekanan darah. Itulah sebabnya, puasa sangat dianjurkan bagi perawatan mereka yang menderita penyakit diabetes, kolesterol tinggi, kegemukan atau darah tinggi. Dalam kondisi tertentu, seorang pasien bahkan dibolehkan berpuasa, kecuali mereka yang menderita sakit diabetes yang sudah parah, jantung koroner atau batu ginjal. Puasa dapat menjaga perut yang penuh disebabkan banyak makan adalah penyebab utama kepada bermacam-macam penyakit khususnya obesitas, hiperkolesterol, diabetes atau penyakit yang diakibatkan kelebihan nutrisi lainnya.

20. Sedang di antara manfaat puasa ditinjau dari segi kesehatan adalah membersihkan usus-usus, memperbaiki kerja pencernaan, membersihkan tubuh dari sisa-sisa atau endapan makanan, mengurangi kegemukan atau kelebihan lemak di perut.

21. Termasuk manfaat puasa adalah mematahkan nafsu. Karena berlebihan, balk dalam makan maupun minum serta menggauli isteri, bisa mendorong nafsu berbuat kejahatan, enggan mensyukuri nikmat serta mengakibatkan kelengahan.

22. Penghentian konsumsi air selama puasa sangat efektif meningkatkan konsentrasi urin dalam ginjal serta meningkatkan kekuatan osmosis urin hingga mencapai 1000 sampai 12.000 ml osmosis/kg air. Dalam keadaan tertentu hal ini akan member perlindungan terhadap fungsi ginjal. Kekurangan air dalam puasa ternyata dapat meminimalkan volume air dalam darah. Kondisi ini berakibat memacu kinerja mekanisme local pengatur pembuluh darah atau menambah prostaglandin yang pada akhirnya memacu fungsi atau kerja sel darah merah.

23. Dalam keadaan puasa ternyata dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Penelitian menunjukkan saat puasa terjadi pengkatan limfosit hingga sepuluh kali lipat. Kendati keseluruhan sel darah putih tidak berubah ternyata sel T mengalani kenaikkan pesat. Perubahan aksidental lipoprotein yang berkepadatan rendah (LDL), tanpa diikuti penambahan HDL. LDL merupakan model lipoprotein yang meberika pengaruh stumulatif bagi respon imunitas tubuh.

24. Pada pelitian terbaru menunjukkan bahwa terjadi penurunan kadar apobetta, menaikkan kadar apoalfa1 dibandingkan sebelum puasa. Kondisi tersebut dapat menjauhkan seragan penyakit jantung atau pembuluh darah.

25. Penelitian endokrinologi menunjukkan bahwa pola makan saat puasa yang bersifat rotatif menjadi beban dalam asimilasi makanan di dalam tubuh. Keadaan ini mengakibatkan pengeluaran hormon sistem pencernaan atau insulin dalam jumlah besar. Penurunan berbagai hormon tersebut merupakan salah satu rahasia hidup jangka panjang.

dan masih banyak lagi yang dapat kita ambil hikmah atau manfaat berpuasa, sehingga sudah sepantasnya kita harus selalu bersyukur atas segala nikmat-Nya yang telah diberikan kepada kita.

ArtikelPendidikan TutorialHikmah Dan Manfaat Berpuasa
<<
×

bagikan ke

×

×

×

bagikan ke

×

2 0 0 0 0 0
2

Tiap Tahun, BTS Sumbang Rp 50,1 Triliun ke Ekonomi Korsel...

BTS (Beyond the Scene) kini sedang menikmati popularitas global. Popularitas grup asuhan Big Hit Ent...[±160 kata]

×

×

bagikan ke

×

2 0 0 0 0 0
2

WhatsApp Bikin Aturan Baru, Pengguna Beralih Ke Signal Dan Telegram...

WhatsApp ramai menjadi pembicaraan netizen karena persyaratan privasi baru yang dikeluarkannya. Peng...[±165 kata]

×

×

bagikan ke

×

2 0 0 0 0 0
2

12 Jenis Monstera Yang Sedang Viral...

Jenis monstera alias tanaman bunga janda bolong yang memiliki daun unik dan cantik untuk memperindah...[±927 kata]

×

×

bagikan ke

×

2 0 0 0 0 0
2

PSBB Ketat Mungkin Kembali Diterapkan DIsemua Daerah Mulai 11 Januari 2021...

Pemerintah memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang lebih ketat yang ber...[±199 kata]

×

×

bagikan ke

×

2 0 0 0 0 0
2

Cerita Elon Musk Pernah Berencana Jual Tesla ke Apple...

CEO Tesla Elon Musk mengungkapkan pernah mempertimbangkan untuk menjual perusahaan produsen mobil li...[±223 kata]

×

×

bagikan ke

×

1 0 1 0 0 0
2

Sinetron Hidayah Indosiar Singgung Penggemar K-Pop, Jadi Bahan Tertawaan Netizen...

Sinetron hidayah Indosiar mendapat sorotan tajam dari para penggemar K-Pop. Musababnya, sinetron FTV...[±307 kata]

×

×

bagikan ke

×

2 0 0 0 0 0
2

Selama Wabah Besar Melanda Eropa Newton Menemukan Hukum Gravitasi, Ilm...

Ketika 'Great Plague of London' melanda Inggris mulai tahun 1665, Isaac Newton saat itu me...[±266 kata]

×

×

bagikan ke

×

2 0 0 0 0 0
2

1,8 Juta Vaksin COVID-19 Tambahan Tiba di Tanah Air, Bukti Nyata Komit...

Jakarta - 31 Desember 2020Hari ini, pemerintah Indonesia mendatangkan tambahan vaksin COVID-19 sebanyak 1,8 ju...[±842 kata]

×

×

bagikan ke

×

2 0 0 0 0 0
2

Tolak Ganti Rugi, Rumah di China ini dikelilingi Jembatan...

Sebuah rumah berdiri di tengah jembatan jalan Raya yang baru dibuka di Provinsi Guangdong, China. Ha...[±214 kata]

×

×

bagikan ke

×

2 0 0 0 0 0
2

Tahukah Kamu, Beginilah Posisi Duduk F1 Seperti Rebahan Ya...

Berbeda dengan posisi pengemudi mobil produksi massal, posisi pengemudi pembalap Formula 1 ...[±229 kata]

×

×

bagikan ke

×

2 0 0 0 0 0
2

Valonia Ventricosa, Salahsatu Organisme Bersel Tunggal Terbesar di Dunia...

Tersembunyi di antara batu karang di dalam lautan samudera di seluruh penjuru dunia, kita dapat mene...[±552 kata]

×

×

bagikan ke

×

4 0 0 0 0 0
4

PewDiePie Pria Tertampan di Dunia 2020...

Siapa sih yang tidak kenal dengan PewDiePie? Salah satu YouTuber Gaming yang kini memiliki subscribe...[±222 kata]

×

×

bagikan ke

×

4 0 0 0 0 0
4

Unik, Rumah ini bisa dilipat seperti origami...

Sebuah #startup asal Latvia, #BretteHaus telah mulai memproduksi sebuah desain #rumah temuannya yang...[±133 kata]

×

×

bagikan ke

×

6 0 0 0 0 0
6

Ilmuan Sukses Membuat Jantung Manusia dari Daun Bayam...

Tim ilmuwan telah menemukan cara untuk membuat otot jantung manusia tiruan dengan menggunakan daun b...[±229 kata]

×

×

bagikan ke

×

6 0 0 0 0 0
6

Ashrita Furman, Manusia Pemegang Rekor Terbanyak Hingga 600 rekor...

Pria asal New York, Amerika Serikat, memegang rekor yang sangat unik. Ia saat ini memegang rekor seb...[±260 kata]

×

×

bagikan ke

×

6 0 0 0 0 0
6

Bayi ini Lahir dari Embrio yang Dibekukan Selama 27 Tahun...

Molly Everette Gibson lahir di Tennessee, Amerika Serikat pada 26 Oktober 2020. Namun usia Tina Gibs...[±321 kata]

×

×

bagikan ke

×

6 0 0 0 0 0
6

Jalan ini bisa menghilang 2 kali dalam sehari....

Jalanan digunakan untuk menyambungkan satu tempat ke tempat lain. Namun, bagaimana jika ada jalanan...[±201 kata]

×

×

bagikan ke

×

6 0 0 0 0 0
6

Maher Zain Jadi Penyanyi Muslim Paling Berpengaruh Di Dunia...

Sosok Maher Zain memang populer dengan lagu-lagu bernuansa islami. Di Indonesia khususnya, Maher Zai...[±230 kata]

×

×

bagikan ke

×

6 0 0 0 0 0
6

Fakta Unik Jembatan Choluteca Tanpa Sungai...

Di tahun 1930-an, Jembatan Choluteca dibangun di kota Choluteca, Honduras. Terletak di zona bercuaca...[±120 kata]

×

×

bagikan ke

×

6 0 0 0 0 0
6

Monolit ini Muncul dan Menghilang Secara Misterius...

Monolit logam kali ini ditemukan di cagar alam Belanda, menghadap genangan es. Monolit, dekat desa O...[±239 kata]

×

×

bagikan ke

×

6 0 0 0 0 0
6

Jaboticaba, Pohon Unik Buahnya Muncul di Semua Batang...

Bentuk buahnya memang mirip dengan anggur, tapi buah satu ini bukan termasuk tanaman merambat sepert...[±241 kata]

×

×

bagikan ke

×

    Tidak Ada/kosong
    kemungkinan belum ada expos, expos telah dihapus maupun kesalahan sistem
×

0 0 0 0 0 0

Ingin Mengetahui Spek Laptop Kamu? Begini Cara Mengeceknya ......

Sebelum kita membeli komputer atau laptop, sebaiknya kita harus mengetahui spesifikasi yang dimili...[±206 kata]