× -bahasa-
sound.png[klik to on/off Audio] buat portalmu dan expos karya raya mu ke seluruh dunia! #karyaraya [Klik to Login or Register]
×

view_list1.png Portall   view_list1.png Artikel   view_masonry.png Galeri   view_grid.png Cerita   view_list2.png Video  
×
  • ic_write_new.png expos
  • ic_share.png rexpos
  • ic_order.png urutan
  • sound.png malsa
  • view_list2.png listHD
  • ic_mode_light.png light
× rexpos
    ic_posgar2.png tg.png wa.png link.png
  • url:
× urutan
ic_write_new.png ic_share.png ic_order.png sound.png view_list2.png ic_mode_light.png ic_other.png
×
  • url:
×
×
×
9 0 0 0 0 0
9
   ic_mode_light.png

Waduh! Pria Ini Buang Hardisk Berisi Bitcoin Senilai Rp 4 Triliun

Perjalanan bitcoin diwarnai kejadian-kejadian apes di mana sejumlah besar cryptocurrency tersebut raib karena kealpaan pemiliknya. Misalnya seperti dialami oleh pria asal Inggris yang bernama James Howellsini.

Howells yang bekerja di bidang TI sudah mengumpulkan bitcoin sejak 2009. Pada 2013, saat sedang membereskan barangnya, dia membuang sebuah hard disk. Belakangan dia baru sadar bahwa di dalamnya ada 7.500 bitcoin.

"Saya menganggap bahwa harddisk ini telah berusia lebih dari tiga tahun. Maka saya membuangnya ke tempat sampah," kata Howells.

Di tahun yang sama, harga bitcoin meroket hingga menembus 1.000 dollar AS per keping. Howells pun gondok bukan kepalang. Harga ribuan bitcoin tersebut sekarang sudah meningkat lebih jauh lagi hingga mencapai 280 juta dollar AS atau hampir Rp 4 triliun.

Kesialan yang menimpa Howells sebenarnya sudah diberitakan pada 2013. Namun, dia sepertinya masih penasaran dan berusaha menemukan hard disk tersebut.

Salah satu upaya terbaru Howells adalah mengajukan permohonan agar dewan kota tempat tinggalnya di Newport, Wales, membongkar tempat penimbunan sampah.

Dia menjanjikan iming-iming 25 persen dari bitcoin di dalam hard disk, untuk diberikan ke sekitar 300.000 penduduk kota tersebut. Artinya, masing-masing orang bisa mendapat 240 dollar AS atau sekitar Rp 3,4 juta.

Namun, permintaan Howells ditolak mentah-mentah oleh dewan kota karena membutuhkan biaya sangat besar untuk menggali, menyimpan, dan mengolah limbah yang ada.

"Itu pun tidak ada jaminan hard disk yang bersangkutan dapat ditemukan, atau masih bisa berfungsi," ujar seorang juru bicara dewa kota Newport, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Business Insider, Selasa (19/1/2021). Howells pun terpaksa gigit jari lagi.

Bitcoin yang hilang dari kejadian macam begini ternyata terbilang besar. Jumlahnya diperkirakan mencapai 20 persen dari 18,5 juta bitcoin yang ada, atau senilai 140 miliar dollar AS. (Rp 1.970 triliun).

❮ PREVIOUS
NEXT ❯
ArtikelinfoduniaWowViralSeduniaPeristiwaFakta UnikInformasi MenarikInspirasiInvestasiSahamcrypto BisnisEkonomibitcoin
+