× -bahasa-
sound.png[klik to on/off Audio] buat portalmu dan expos karya raya mu ke seluruh dunia! #karyaraya [Klik to Login or Register]
×

view_list1.png Portall   view_list1.png Artikel   view_masonry.png Galeri   view_grid.png Cerita   view_list2.png Video  
×
  • url:
×
×
×
8 0 0 0 0 0
8
   ic_mode_light.png

olm, hewan yang bisa bertahan 7 tahun tanpa ngapa-ngapain

Binatang apa yang mampu berdiam selama bertahun-tahun tak berpindah tempat? Jawabannya adalah salamander yang ditemukan di Bosnia-Herzegovina.

Salamander ini layak mendapatkan penghargaan dari museum rekor dunia karena berdiam di satu titik, tidak berpindah sama sekali, dalam waktu 7 tahun.

Olm, demikian binatang bernama ilmiah Proteus anguinus itu disebut, hidup di dalam air dalam sebuah gua di Bosnia-Herzegovina.

Temuan salamander ini dibeberkan para ilmuwan dari Inggis dan Hongaria dalam Journal of Zoology yang terbit baru-baru ini.

Olm yang hidup dalam gua-gua di Bosnia-Herzegovina, memang rata-rata hanya bergerak kurang dari 10 meter selama kurun waktu 10 tahun.

Binatang yang sama sekali buta itu bisa hidup di dalam gua gelap-gulita selama 100 tahun, tanpa takut akan predator, dan bisa tetap hidup tanpa makan selama bertahun-tahun.

Olm, demikian jelas para ilmuwan, memang bisa memperlambat metabolisme tubuhnya sedemikian rupa sehingga mampu bertahan hidup tanpa makan selama 10 tahun.

Binatang itu sendiri biasanya memangsa udang-udang kecil dan siput. Olm juga akan bergerak saat akan kawin. Sayangnya makhluk itu biasanya hanya kawin 12,5 tahun sekali.

Dalam studi itu, para ilmuwan mengamati salamander olm di habitat alami mereka selama lebih dari delapan tahun.

Untuk mengumpulkan data, para ilmuwan menyelam ke dasar sungai, menangkap binatang itu, memberinya tanda, dan kembali melepasnya di titik mereka ditangkap.

Tujuan penelitian itu sendiri, antara lain, untuk mengetahui efek negatif dari aktivitas manusia terhadap ekosistem dan makhluk air yang rentan seperti olm.

Olm termasuk binatang yang terancam keberlangsungan hidupnya karena memiliki tingkat reproduktivitas rendah. Bayangkan saja, binatang salamander ini cuma kawin 12,5 tahun sekali.

❮ PREVIOUS
NEXT ❯
ArtikelinfoduniaWowFlora dan FaunaFakta UnikInformasi Menarik
+
×
  • ic_write_new.png expos
  • ic_share.png rexpos
  • ic_order.png urutan
  • sound.png malsa
  • view_list2.png listHD
  • ic_mode_light.png light
× rexpos
    ic_posgar2.png tg.png wa.png link.png
  • url:
× urutan
ic_write_new.png ic_share.png ic_order.png sound.png view_list2.png ic_mode_light.png ic_other.png
+