× -bahasa-
sound.png[klik to on/off Audio] buat portalmu dan expos karya raya mu ke seluruh dunia! #karyaraya [Klik to Login or Register]
×

view_list1.png Portall   view_list1.png Artikel   view_masonry.png Galeri   view_grid.png Cerita   view_list2.png Video  
×
  • url:
×
×
×
8 0 0 0 0 0
8
   ic_mode_light.png

Teleskop James Webb Dibangun Selama 25 Tahun

Teleskop Luar Angkasa James Webb telah mulai mengisi bahan bakar menjelang peluncurannya yang telah lama ditunggu-tunggu pada 22 Desember.

Teleskop senilai 10 miliar dolar AS (Rp 143 triliun), yang dikembangkan bersama oleh NASA, Badan Antariksa Eropa, dan Badan Antariksa Kanada, akhirnya 'siap untuk terbang' setelah 25 tahun dibuat.

Menurut NASA, seperti dilaporkan Dailymail.com, Operasi pengisian bahan bakar dimulai pada 25 November, dan akan memakan waktu sekitar 10 hari, yang berlangsung hingga 5 Desember.

Para ahli telah membersihkan teleskop dari kemungkinan kerusakan setelah insiden di pelabuhan antariksanya di Guyana Prancis pekan lalu.

Ketika akhirnya meluncur ke luar angkasa dari Pusat Antariksa Guyana, James Webb akan mempelajari sejarah planet ekstrasurya dan asal usul bintang pertama alam semesta.

James Webb akan diluncurkan pada 22 Desember dengan roket Arianespace Ariane 5 dari Kourou, sebuah kota di Guyana Prancis, Amerika Selatan, yang menjadi lokasi Pusat Antariksa Guyana.

Teleskop ini sebelumnya dijadwalkan untuk diluncurkan pada 18 Desember, tetapi 'insiden baru-baru ini' selama persiapan membuat peluncuran terpaksa mundur empat hari. Banyak faktor penundaan lain telah mengganggu konstruksi teleskop dan sejarah pengujian.

"Tim insinyur telah menyelesaikan pengujian tambahan yang mengonfirmasi Teleskop Luar Angkasa James Webb NASA siap untuk terbang," kata NASA dalam pembaruan seperti dikutip Dailymail.com.

“Persiapan peluncuran dilanjutkan menuju tanggal peluncuran target Webb pada Rabu, 22 Desember, pukul 07:20 EST [19.20 WIB].'

Pada 22 November lalu para teknisi telah bersiap untuk memasang teleskop luar angkasa ke adaptor kendaraan peluncuran, yang digunakan untuk memasangnya ke bagian atas roket Ariane 5, ketika pita penjepit tiba-tiba mengendur, dan menyentak observatorium.

Menurut NASA, insiden itu terjadi ketika operasi sedang berlangsung di bawah 'tanggung jawab keseluruhan' dari Arianespace, perusahaan peluncuran satelit Prancis yang meledakkan teleskop ke orbit dari Guyana Prancis.

Pengujian tambahan dilakukan minggu lalu untuk 'memastikan kesehatan observatorium' setelah insiden itu, kata NASA.

Pada 24 November lalu, tim teknik menyelesaikan tes ini, dan dewan peninjau anomali yang dipimpin NASA menyimpulkan tidak ada komponen observatorium yang rusak dalam insiden tersebut.

Tinjauan 'persetujuan untuk bahan bakar' diadakan, dan NASA memberikan persetujuan untuk mulai mengisi bahan bakar observatorium.

Dibangun Sejak 1996

Teleskop Luar Angkasa James Webb mulai dikembangkan pada tahun 1996 dan pada awalnya direncanakan untuk diluncurkan pada tahun 2007 untuk menggantikan Hubble, yang kini masih beroperasi.

Pekerjaan pengujian sudah tertunda oleh pandemi Covid-19 pada tahun 2020, pada saat itu perkiraan total biaya pengembangan teleskop telah meningkat menjadi lebih dari 10 miliar dolar AS.

Ketika akhirnya diluncurkan, James Webb akan menjelajahi setiap fase sejarah kosmik – dari dalam tata surya kita hingga galaksi terjauh yang dapat diamati di alam semesta awal, 'dan segala sesuatu di antaranya'.

Teleskop ini harus mengungkapkan penemuan baru dan tak terduga, dan membantu umat manusia memahami asal usul alam semesta dan tempat kita di dalamnya.

Salah satu tujuannya adalah melihat ke masa lalu selama 13,5 miliar tahun untuk melihat bintang dan galaksi pertama yang terbentuk, beberapa ratus juta tahun setelah Big Bang, dengan menggunakan cahaya inframerah.

Umumnya, pada saat cahaya dari objek pertama mencapai teleskop yang lebih mendasar, ia telah bergeser ke ujung merah spektrum elektromagnetik sebagai akibat dari ekspansi alam semesta.

Tetapi ketika akhirnya diluncurkan, James Webb akan memberikan resolusi dan sensitivitas inframerah yang lebih baik dibandingkan Hubble.

Pada 22 Desember, sekitar 28 menit setelah peluncuran, James Webb akan melepaskan diri dari kendaraan peluncurannya dan memulai 'urutan penyebaran paling kompleks yang pernah dicoba dalam satu misi luar angkasa,' kata NASA.

Teleskop ini sangat besar sehingga akan dilipat, bergaya origami, agar sesuai dengan roket, menurut NASA, dan membentang 'seperti Transformer' di luar angkasa.

❮ PREVIOUS
NEXT ❯
ArtikelinfoduniaWowFakta UnikInformasi MenarikTeknologiIT
+
×
  • ic_write_new.png expos
  • ic_share.png rexpos
  • ic_order.png urutan
  • sound.png malsa
  • view_list2.png listHD
  • ic_mode_light.png light
× rexpos
    ic_posgar2.png tg.png wa.png link.png
  • url:
× urutan
ic_write_new.png ic_share.png ic_order.png sound.png view_list2.png ic_mode_light.png ic_other.png
+