0%
×

-bahasa-

[klik to on/off Audio] Selamat datang di POSGAR bagikan dan dapatkan informasi menarik di seluruh Dunia ;D #infodunia #duniaposgar #artikelompok #majol #olmag #medukasi #sedunia
×


Portall   Artikel   Berita   Galeri   Cerita
×

  • url:
×

×

×

7 0 0 0 0 0
7
*

Kisah Izrail Yang Terpilih Menjadi Malaikat Pencabut Nyawa

Izrail merupakan Malaikat yang pasti akan mendatangi setiap manusia. Menjelang ajal, Malaikat Maut ini akan melepaskan Ruh dari jasad. Ia memang ditugaskan Allah سبحا نه و تعالى sebagai pencabut nyawa. Bukan tanpa alasan, Malaikat yang dalam Al-Qur'an di sebut Malak al Mawt ini diberi amanah tersebut. Ada serangkaian kisah, yang akhirnya membuat Izrail terpilih menjadi Malaikat pencabut nyawa.


Ini berawal ketika Allah سبحا نه و تعالى memerintahkan Izrail bersama Malaikat Jibril, Israfil, dan Mikail untuk mengambil tanah ke bumi dalam proses pencipta'an Adam عليه السلام. Dalam sebuah hadist mu'tabar yang dinukil dari Imam Ja'far al-Shadiq disebutkan bahwa sebelum menciptakan Adam dari tanah, Allah عليه السلام terlebih memberi kabar terhadap bumi bahwa Dia akan mengambil tanah di sana.


"Hai bumi, Aku akan ciptakan manusia dari saripatimu. Sebagian meraka ada yang ta'at kepada-Ku dan sebagian lainnya durhaka kepada-Ku. Siapa yang ta'at kepada-Ku maka akan Aku masukkan dia kedalam syurga-Ku, dan siapa yang durhaka kepada-Ku akan Aku masukkan dia kedalam neraka-Ku." (Imam Ats-Tsa’labi 1).


Allah سبحا نه و تعالى kemudian mengutus Malaikat Jibril untuk mengambil tanah ke bumi. Namun sebelum sempat mengambilnya, bumi memberikan pertanya'an kepada Jibril terkait tujuan Allah mengambil tanah di bumi. Malaikat Jibril kemudian memberi jawaban sebagai berikut


"Karena Allah akan memerintahkan Adam عليه السلام dan keturunannya untuk menyembah-Nya. Setiap yang ta'at diantara mereka akan berada dalam naungan rahmat-Nya dan dipersilakan masuk ke syurga. Sementara, Dia akan menyiksa siapa saja di antara mereka yang menentang-Nya dan tidak ta'at kepada-Nya di dalam penjara Jahanam-Nya untuk selama-lamanya."


Ketika mendengar jawaban Jibril, Bumi pun memelas dan bersumpah dengan nama Allah bahwa Ia tidak sanggup menanggung beban manusia di bumi.
"Demi Allah, aku berlindung kepada-Mu dari utusan-Mu, agar Engkau tidak mengambil sebagian dari kami jika nantinya akan menjadi penghuni neraka."
Mendengar sumpah tersebut, Jibril tidak mengambil apapun dari bumi, lalu kembali kepada Allah dan menceritakan alasan bumi yang bersumpah dengan keagungan Allah bahwa dia tidak memiliki kesanggupan untuk menanggung azab-Nya.


Allah lantas mengutus dua Malaikat sekaligus yakni Mikail dan Israfil untuk turun ke bumi mengambil tanah. Lagi-lagi, bumi melakukan hal serupa dengan bersumpah membawa nama Allah. Kedua Malaikat ini pun lalu kembali lagi kepada Allah tanpa membawa sedikit tanah pun sama seperti Jibril.


Lalu Allah memerintahkan Malaikat Izrail untuk mengambil tanah itu. Namun Izrail berbeda dengan tiga Malaikat lainnya. Ia langsung memukul bumi dengan pedangnya dan bumi pun bergetar ketakutan, lantas Malaikat Izrail mencabutnya segenggam. Meski Bumi sudah bersumpah atas nama Allah, namun Ia tetap mengambil tanah seraya berkata:


"Aku takut menyalahi (melanggar) perintah Allah, aku sama sekali tak akan melanggar perintah Tuhanku, walau dengan segala perendahan dirimu."
Ketika Izrail mengambil paksa (mencabut) sebagian dari bumi, bumipun menangis merasa kehilangan. Kemudian tanah itu di bawa menghadap Allah. Lalu Allah berfirman kepada Izroil: "Mengapa engkau tidak mengikuti sumpahnya (bumi) ?
"Jawab Izroil: "Perintah-Mu lebih aku ikuti dan aku takuti daripada sumpahnya."
Kemudian Allah berfirman: "Engkaulah Malaikat pencabut nyawa (Malakul Maut)."
Kemudian Allah memberikan penghargaan kepadanya atas hal tersebut. Dengan alasan inilah Allah memerintahkan atau memberikan tugas kepada Izrail untuk mencabut nyawa-nyawa hambanya.


Malaikat Izrail diberi kemampuan yang luar biasa oleh Allah hingga barat dan timur dapat dijangkau dengan mudah olehnya seperti seseorang yang sedang menghadap sebuah meja makan yang dipenuhi dengan berbagai makanan yang siap untuk dimakan. Ia juga sanggup membolak-balikkan dunia sebagaimana kemampuan seseorang sanggup membolak-balikkan uang.


Sewaktu Malaikat Izrail menjalankan tugasnya mencabut nyawa makhluk-makhluk dunia, ia akan turun ke dunia bersama-sama dengan dua kumpulan .alaikat yaitu Malaikat Rahmat dan Malaikat 'Azab.


Menurut kisah Kabil Akbar, Malaikat Maut tidak mengetahui kapan tiap-tiap makhluk yang akan mati. Dikatakan olehnya Allah telah menciptakan sebuah pohon (Sidrat al-Muntaha) di bawah 'Arsy yang mana jumlah daunnya sama banyak dengan bilangan makhluk yang Allah ciptakan. Jika satu makhluk itu telah diputuskan ajalnya, maka umurnya tinggal 40 hari dari hari yang diputuskan. Maka jatuhlah daun itu kepada Malaikat Maut, tahulah bahwa dia telah diperintahkan untuk mencabut nyawa orang yang tertulis pada daun tersebut. sampai ada daun dari pohon yang terletak di bawah 'Arsy gugur.


Kemudian akan jatuh dua titisan dari arah 'Arsy pada daun tersebut, titisan hijau ataupun putih. Hijau menandakan bakal si mayat akan mendapat kecelaka'an sementara putih mengambarkan dia akan mendapat kebahagia'an.


Untuk mengetahui tempat makhluk mati, Allah telah menciptakan Malaikat Arham yang akan diperintahkan untuk memasuki sperma yang berada dalam rahim ibu dengan debu bumi yang akan diketahui di mana ia akan mati dan di situlah kelak ia pasti akan menemui ajalnya.


Sudah masyhur di kalangan umat manusia bahwa Malaikat Izrail memiliki julukan "Sang Pencabut Nyawa" (sesuai dengan tugas-tugasnya), namun tidak banyak yang tahu tentang asal-usul penunjukan Malaikat Izrail sebagai salah satu Malaikat yang paling ditakuti oleh umat manusia (sebab kebanyakan umat manusia takut mati).
Bukti bahwa Malaikat Izrail adalah Malaikat yang ditakuti oleh umat manusia adalah do'a tentang panjang umur lebih sering diamini daripada do'a cepat masuk kubur. Alasan Allah memilih Malaikat Izrail sebagai Malaikat Maut adalah kisah tentang tugas mengambil segenggam tanah di bumi untuk pembentukan tubuh Nabi Adam.
Kisah ini diceritakan oleh Jalaludin Rumi dalam kitabnya yang bertajuk Al Matsnawi. Berikut kisah lengkapnya.
Setelah menciptakan langit dan bumi, Sang Pemilik Semesta ingin menjadikan seorang Khalifah (pemimpin; dalam hal ini berarti manusia) di bumi. Khalifah tersebut memiliki asal pencipta'an yang berbeda dari cipta'an-cipta'an sebelumnya. Malaikat diciptakan dari cahaya, Iblis diciptakan dari api, dan khalifah ini diciptakan dari tanah yang ada di bumi. Akhirnya, Sang Pemilik Semesta mengutus Malaikat Jibril untuk mengambil segenggam tanah di bumi sebagai bahan dasar pencipta'an tubuh sang Khalifah ini (Nabi Adam sebagai manusia pertama di bumi).
Malaikat Jibril segera menjalankan perintah dari Sang Pemilik Semesta dengan cara bergegas turun ke bumi. Setelah sampai di bumi dan mengutarakan maksud kedatangannya kepada bumi, Malaikat Jibril mendapatkan protes dari bumi. Alasan bumi melakukan protes adalah rasa khawatir terhadap manusia yang hendak diciptakan. Bumi khawatir jika kelak manusia justru akan mendurhakai Sang Pencipta dan membawa kutukan terhadap bumi. Selain protes, bumi juga memuji Malaikat Jibril sebagai Malaikat yang paling utama di hari akhir di antara para Malaikat-Malaikat yang lain. Oleh sebab itu, bumi menganjurkan Malaikat Jibril untuk lebih memilih belas kasihan daripada pemaksa'an. Akhirnya, Malaikat Jibril kembali ke hadapan Sang Pencipta dengan tangan kosong.
Setelah Malaikat Jibril gagal melaksanakan tugasnya, Sang Pemilik Semesta menugaskan Malaikat Mikail dengan perintah yang sama dengan perintah yang ditugaskan kepada Malaikat Jibril. Lagi-lagi bumi berhasil membujuk Malaikat Mikail untuk menahan diri. Nasib Malaikat Mikail tidak jauh berbeda dengan Malaikat Jibril. Selanjutnya, Sang Pemilik Semesta memerintahkan Malaikat Israfil dengan tugas yang sama seperti Malaikat Jibril dan Mikail. Untuk kali ketiga bumi berhasil merayu Malaikat Israfil untuk mengurungkan niatnya. Mungkin gegara hal ini bumi menjadi tempat yang paling nyaman untuk mengarang alasan dan membuat bujuk rayuan.
Perintah yang keempat sekaligus yang terkahir diberikah oleh Sang Pemilik Semesta kepada Malaikat Izrail. Dengan watak yang paling keras di antara Malaikat-Malaikat lainnya, Malaikat Izrail dengan tegas mampu mengacuhkan rengekan-rengakan bumi dan berhasil membawa segenggam tanah ke hadapan Sang Pemilik Semesta. Bumi memang sempat mendesak Malaikat Izrail dengan dalih bahwa tidak mengambil segenggam tanah juga merupakan bentuk menaati perintah Allah, karena Allah juga memerintahkan untuk berbelas kasih kepada peminta.
Malaikat Izrail berhasil mengacuhkan dalih bumi dengan mengatakan bahwa tidak diperkenankan mencari cela melalui pertimbangan analogi (qiyas) untuk ketentuan yang sudah jelas dan pasti (qath’i). Sebab ketegasan inilah, Allah memilih Malaikat Izrail sebagai Malaikat maut (Pencabut Nyawa).
Malaikat Kematian tidak boleh berbelas kasih terhadap makhluk yang hendak dicabut ruhnya, sebab ketegasan tersebut adalah representasi dari ayat "Ketika telah tiba masanya (ajal/kematian), tidak bisa diundur walau sesaat dan juga tidak bisa dimajukan."
Para Pembaca yang budiman, sudah siapkah bertatapan dengan Malaikat Kematian?
والله اعلم بالصواب

❮ PREVIOUS
NEXT ❯
ArtikelinfoduniaCeritaCerpenPeristiwaSejarahWowInspirasiMotivasiPendidikan
×

  • expos
  • rexpos
  • malsa
  • listHD
  • night
×

rexpos

  • url:
×

×

rexpos

  • url:

Inilah Kebiasaan Orang Jenius. Apakah Anda termasuk?

#Tahukah Anda disisi lain orang #jenius ternyata memiliki #kebiasan #aneh, seperti cenderung beranta...[±205 kata]

×

×

rexpos

  • url:

Membuat Lokasi di Google Maps

Dari tidak sedikit orang, denah sungguh berguna buat merangkaikan 1 orang dengan orang yang yang lai...[±1268 kata]

×

×

rexpos

  • url:
×

    Tidak Ada/kosong
    kemungkinan belum ada expos, expos telah dihapus maupun kesalahan sistem

Aplikasi Untuk Melihat Pesan WA yang Sudah Dihapus

Tak banyak yang tahu, ternyata pesan WA yang dikirimkan dan dihapus oleh orang lain masih bisa di di...[±415 kata]

×

×

rexpos

  • url:

Unik! Tumbuhan ini Mirip Burung Kolibri

Hummingbird atau #burung #kolibri dikenal luas dengan bentuknya yang cantik disertai suaranya yang k...[±331 kata]

×

×

rexpos

  • url:
×

×

rexpos

  • url:

Inilah Centuripe, Kota Kecil Berbentuk Mirip Manusia Telentang

Sisilia, Italia - Centuripe adalah sebuah kota kecil yang terletak di !perbukitan #Sisilia, Italia. Kota ini dijuluki...[±211 kata]

×

×

rexpos

  • url:

Wow, Pemerintah Jepang Mengatur Layanan Kencan Online Agar Warganya Bi...

Jepang -  Warga !Jepang merupakan negara yang dikenal dengan orang-orang pekerja keras.Saking pekerja ke...[±201 kata]

×

×

rexpos

  • url:

10 Negara dengan Jam Kerja Paling Singkat di Dunia.

Di negara berkembang seperti Indonesia, di mana orang harus bekerja 45-50 jam per minggu dan bekerja...[±532 kata]

×

×

rexpos

  • url:
×

    Tidak Ada/kosong
    kemungkinan belum ada expos, expos telah dihapus maupun kesalahan sistem

Ebook Analisis Regresi Data Panel Dan Pool Data Panel Eviews 12

Ebook Analisis Regresi Data Panel Dan Pool Data Panel Eviews 12 Ebook Analisis Regresi Data Panel D...[±69 kata]

×

×

rexpos

  • url:

NFT Ridwan kamil Dibeli Sultan Bangka Rp 45,9 Juta

Dunia NFT Indonesia dihebohkan dengan Lanang Cikal Narendra, Crazy Rich Bangka yang membeli lukisan...[±298 kata]

×

×

rexpos

  • url:

Cara Jualan NFT di Opensea Kaya Gozali Everyday

Popularitas NFT di Indonesia semakin hari semakin tinggi. Beberapa hari belakangan ini, NFT semakin...[±302 kata]

×

×

rexpos

  • url:

WOW! SPACEX MINTA IBU KOTA BARU RI JADI TITIK LANDASAN ROKET

Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) / Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengung...[±309 kata]

×

×

rexpos

  • url:

Kumbang Oppiella nova, Hewan Yang Bisa Hidup Tanpa Perlu Kawin

Sampai saat ini, banyak ilmuwan yang percaya bahwa spesies hewan tidak akan dapat bertahan hidup leb...[±545 kata]

×

×

rexpos

  • url:

Wow! Nama Terpanjang Di Dunia 1.019 Huruf

Texas, California, Amerika Serikat - Banyak orangtua memberikan nama unik kepada anak-anak mereka. Beberapa orangtua memberikan nama kepa...[±307 kata]

×

×

rexpos

  • url:

Viral! Menolak Dijodohkan, Pria Ini Cari Istri Lewat Billboard Dapat 2.000 Kandidat

Seorang pria bernama Muhammad Malik menolak dijodohkan orang tua. Pria asal Inggris tersebut kemudia...[±270 kata]

×

×

rexpos

  • url:

Tahukah Kamu Sebenarnya Target Pengeboman Amerika Bukanlah Nagasaki?

Nagasaki sebenarnya bukan target utama pengeboman. Dalam surat perintah serangan Angkatan Udara AS,...[±243 kata]

×

×

rexpos

  • url:

Mas Bruno Penyanyi Mirip Bruno Mars Rilis Lagu bersama Kiki Rizkya

Jakarta - Memasuki tahun 2022, industri musik Tanah Air akan diramaikan dengan munculnya sosok unik...[±334 kata]

×

×

rexpos

  • url:

Jwara Creative Wajah Baru Industri Kreatif Digital

Jakarta – Kemajuan industri musik Indonesia di era digital saat ini dipicu oleh adanya apresiasi d...[±345 kata]

×

×

rexpos

  • url:

Viral! Lelaki Ini Rela jual Tanah Demi Beli Ikan Koi Seharga Rp 1 Miliar

Banyak orang rela mengeluarkan uang bahkan harta benda demi hobi yang dimilikinya. Hal ini yang juga...[±307 kata]

×

×

rexpos

  • url:

Terelilit Hutang Hingga 65 Juta di Belasan Bank dan Pinjol, Seorang Perempuan Nekat Jual Ginjalnya

  Seorang warga kampung Rawa Lini, Teluk Naga, Kabupaten Tangerang, Banten, nekat ingin menjua...[±213 kata]

×

×

rexpos

  • url:

Dubai Ciptakan Hujan Buatan dengan Drone

Uni Emirat Arab (UEA) - Uni Emirat Arab (UEA) berhasil membuat hujan buatan hanya dengan menggunakan teknologi drone.Hujan b...[±163 kata]

×

×

rexpos

  • url:

Rekomendasi Game Online Terbaru 2022

Menjadi sebuah permainan dan menjadi media hiburan sepertinya game online sudah mendarah daging di m...[±331 kata]