× -bahasa-

×

view_list1.png Portall   view_list1.png Artikel   view_masonry.png Galeri   view_grid.png Cerita   view_list2.png Video  
×
  • url:
×
×
×
9 0 0 0 0 0
9
   ic_mode_light.png

KEREN! LULUSAN STM BIKIN 3 PESAWAT SENDIRI DIBELI PEMERINTAH CEKO

Lamongan, Jawa Timur, Indonesia,

Seorang pria asal Lamongan, Jawa Timur yang merancang dan membawa pulang pesawat hasil karyanya adalah Suyanto. Pria asal Lamongan ini, Suyanto (42) menyita banyak perhatian atas prestasi yang berhasil ia raih.


Ia mengaku dengan sengaja membawa pesawat buatannya ke kampung halamannya di Lamongan karena ingin menunjukkan kepada orangtua dan warga di kampungnya. Ia membuktikan bahwa anak bangsa juga mampu membuat pesawat sekelas Amerika.

“Saya hanya lulusan STM, tapi sempat jadi TKI (Tenaga Kerja Indonesia) di Republik Ceko,” ujar Suyanto, seperti dikutip dari kompas.com (15/12/2021).

Di Ceko, ia bekerja di sebuah perusahaan pesawat terbang. Di perusahaan inilah Suyanto memeroleh ilmu membuat pesawat.

“Setelah tidak lagi menjadi TKI saya menetap di Ciamis, rumah istri, sekalian coba buat pesawat dari pengalaman yang saya dapat. Sudah tiga ini (pesawat yang dibuat), dua lainnya sudah dibeli oleh pemerintah Republik Ceko tahun lalu,” ucapnya.

Suyanto membuat pesawat jenis Short Take Off and Landing (STOL). Seluruh proses pembuatan ketiga pesawat tersebut, mulai dari desain hingga perakitan, dilakukan oleh Suyanto seorang diri. Ia mendatangkan bahan-bahannya dari luar negeri.

Dua pesawatnya laku oleh pemerintah Republik Ceko, sedangkan satu pesawat lagi ia bawa pulang ke kampung halamannya di Lamongan. Suyanto ingin menunjukkan hasil karyanya kepada orangtuanya dan warga Lamongan.

“Pertama untuk membuktikan, bahwa anak bangsa juga bisa membuat pesawat sekelas Amerika,” kata dia. Suyanto pun berhasil menarik perhatian para tetangganya di Lamongan. Tak ada yang menyangka Suyanto mampu membuat pesawat. Para tetangganya pun merasa bangga akan kerja keras Suyanto dalam membuat pesawat hingga bisa mengangkat nama Lamongan di kancah internasional.

❮ PREVIOUS
NEXT ❯
ArtikelinfoduniaWowInspirasiInformasi MenarikBeritaMotivasiViralDemokreasiWisata
+
×
  • ic_write_new.png expos
  • ic_share.png rexpos
  • ic_order.png urutan
  • sound.png malsa
  • view_list2.png listHD
  • ic_mode_light.png light
× rexpos
    ic_posgar2.png tg.png wa.png link.png
  • url:
× urutan
ic_write_new.png ic_share.png ic_order.png sound.png view_list2.png ic_mode_light.png ic_other.png
+