× -bahasa-

×

view_list1.png Portall   view_list1.png Artikel   view_masonry.png Galeri   view_grid.png Cerita   view_list2.png Video  
×
  • url:
×
×
×
7 0 0 0 0 0
7
   ic_mode_light.png

Mengapa Air di Angkasa Akan Otomatis Bulat ?

Angkasa,

Teman-teman mungkin pernah belajar tentang sifat air, yaitu selalu mengikuti bentuk wadah di mana air tersebut ditaruh. Misalnya, air ditaruh di dalam !botol, maka bentuknya akan menyerupai botol. Tapi, kalau diperhatikan, air di #angkasa luar bentuknya #bulat. Padahal, air itu tidak disimpan dalam wadah bulat.

Air juga memiliki sifat yang dapat mengalir dari tempat tinggi ke tempat yang rendah. Namun, ternyata sifat air seperti ini hanya ditemukan di #Bumi. Apa yang menyebabkannya? Ini karena gaya #gravitasi di Bumi, sehingga air selalu menyesuaikan dengan wadahnya.

Sifat air yang seperti ini berbeda jika di angkasa luar. Gaya gravitasi di angkasa luar akan memberi efek yang berbeda. #Astronot, #satelit, atau pun air akan melayang. Air tidak akan mengikuti bentuk wadah, malah selalu berbentuk bulat.

Gaya gravitasi Bumi di angkasa luar hanya dapat menarik sedikit demi sedikit air dengan sudut kemiringan yang sangat kecil. Tegangan di permukaan air akan sama rata dan ikatan antar molekulnya membentuk lapisan terluar yang elastis. Inilah alasan kenapa air tersebut terlihat seperti melayang dan ringan, karena ikatan antar molekulnya merata sama kuat membentuk bulatan air.

Apabila masih berada di sekitar Bumi, maka sebuah benda akan tetap dipengaruhi oleh gaya gravitasi. Hanya saja, gaya gravitasi yang didapat semakin kecil, seperti gaya gravitasi yang ada di angkasa luar. Semakin jauh jaraknya dengan Bumi, maka semakin kecil pula dampak gaya gravitasi yang dihasilkan. bobo

❮ PREVIOUS
NEXT ❯
ArtikelinfoduniaWowPendidikanFakta UnikInformasi Menarik
+
×
  • ic_write_new.png expos
  • ic_share.png rexpos
  • ic_order.png urutan
  • sound.png malsa
  • view_list2.png listHD
  • ic_mode_light.png light
× rexpos
    ic_posgar2.png tg.png wa.png link.png
  • url:
× urutan
ic_write_new.png ic_share.png ic_order.png sound.png view_list2.png ic_mode_light.png ic_other.png
+