× -bahasa-

×

view_list1.png Portall   view_list1.png Artikel   view_masonry.png Galeri   view_grid.png Cerita   view_list2.png Video  
×
  • url:
×
×
×
8 0 0 0 0 0
8
   ic_mode_light.png

Pulau Atlantis Benar Ada Atau Cuma Khayalan Saja ?

Atlantis,

#Atlantis disebut #pertama kali oleh filsuf Plato dalam buku Timaeus dan Critias. Meski tak menyebut lokasi persisnya di mana Plato menggambarkan Atlantis adalah kerajaan yang memiliki armada angkatan laut yang kuat. Persenjataannya modern dan ekonomi ditopang melalui berbagai cara dari pertanian hingga perdagangan.

Ada berbagai versi keberadaan Atlantis itu sendiri. Seperti Jalan Bimini di Bahama, Spartel, Helike, Antarktika sampai Antlantis ada di Indonesia. Sejumlah peneliti dan ilmuwan memberikan pendapat mereka tentang keberadaan Atlantis dengan pendekatan disiplin ilmu yang berbeda-beda.

Yang terkenal ialah ilmuwan asal Brasil, Arysio Nunes dos Santos. Santos merupakan seorang profesor di bidang nuklir yang memang menggemari filsafat. Dia juga berjalan ke beberapa negara seperti Yunani, Italia hingga Mesir untuk membuktikan cerita Plato.

Dalam bukunya 'Atlantis, The Lost Continent Finally Found, The Definitifve Localization of Plato's Lost Civilization' , ia membandingkan beberapa negara dengan ciri-ciri Benua Atlantis, mulai dari luas wilayah, cuaca, kekayaan alam, gunung berapi hingga cara bercocok tanam.

Tak tanggung-tanggung, penelitiannya untuk buku tersebut menghabiskan waktu 30 tahun. Santos akhirnya menyimpulkan jika Indonesia adalah Benua Atlantis. Ia pun menunjukkan Pulau Natuna, Kepulauan Riau sebagai kota yang misterius itu. Akan tetapi, banyak peneliti yang belum setuju akan hal ini.

Kendati demikian, ilmuwan lebih banyak yang sepakat bahwa benua yang tenggelam di Indonesia namanya Sundaland. Benua yang tenggelam ini adalah wilayah laut dangkal antara Sumatera dan Kalimantan. Namun, belum ada bukti peradaban apapun ditemukan di dasar lautan yang bisa disebut sebai Kota Atlantis yang hilang. Detikinet
#misteri #sains #konspirasi #atlantis #kotaatlantis #atlantiscity #sundaland #sahul #santos

❮ PREVIOUS
NEXT ❯
ArtikelinfoduniaWowFakta UnikInformasi Menarik CeritaSejarah
+
×
  • ic_write_new.png expos
  • ic_share.png rexpos
  • ic_order.png urutan
  • sound.png malsa
  • view_list2.png listHD
  • ic_mode_light.png light
× rexpos
    ic_posgar2.png tg.png wa.png link.png
  • url:
× urutan
ic_write_new.png ic_share.png ic_order.png sound.png view_list2.png ic_mode_light.png ic_other.png
+